Kunjungi Probolinggo, Mardiono: Hasil Pertanian Perlu Hilirisasi

Aspirasi masyarakat disampaikan ke Jokowi dan Prabowo

Jakarta, IDN Times - Utusan Khusus Presiden (UKP) Bidang Kerja Sama Pengentasan Kemiskinan dan Ketahanan Pangan Muhamad Mardiono melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Kamis (12/9/2024).

Mardiono mengapresiasi Pemkab Probolinggo, para petani, serta nelayan yang berkontribusi meningkatkan sektor pertanian dan perikanan dalam memperkuat ketahanan pangan.

“Produksi beras di Probolinggo mengalami tren surplus setiap tahunnya. Surplus pangan ini perlu dijaga produktivitasnya dan diperkuat nilai tambahnya, sehingga upaya yang perlu didorong di Kabupaten Probolinggo saat ini selain peningkatan produktivitas adalah pengembangan hilirisasinya,” kata pria yang juga menjabat Plt Ketua Umum PPP tersebut.

Baca Juga: Satgas Tegaskan Lumbung Pangan Merauke Bukan Program Milik Swasta

1. Hasil pertanian perlu proses hilirisasi agar menambah nilai

Kunjungi Probolinggo, Mardiono: Hasil Pertanian Perlu HilirisasiIlustrasi sawah dan perbukitan (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Dia pun mengimbau agar produktivitas pertanian terus dijaga dan menciptakan nilai tambah agar dapat bersaing menembus pasar ekspor.  Hal itu dapat dilakukan dengan proses hilirisasi serta mengembangkan agroindustri pengolahan hasil pertanian maupun perikanan. 

“Surplus pangan ini perlu didorong inovasi pengolahannya agar produk hasil pertanian tidak langsung dijual sebagai bahan baku yang murah. Hasil pertanian perlu masuk ke proses hilirisasi, agar mendapat nilai tambah dan menciptakan peluang ekspor,” ujarnya.

Baca Juga: CEK FAKTA: Susu Ikan Jadi Alternatif di Program Makan Bergizi Gratis?

2. Hasil diskusi disampaikan ke Jokowi dan Prabowo

Kunjungi Probolinggo, Mardiono: Hasil Pertanian Perlu HilirisasiPotret Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto meninjau proyek di IKN (dok. Sekretariat Presiden)

Mardiono juga membuka ruang diskusi dengan peserta yang hadir meliputi jajaran Pemkab Probolinggo, kepala desa, dan pemangku kepentingan lainnya. Ia memastikan, hasil diskusi menjadi bahan kajian yang hasilnya nanti akan disampaikan kepada Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

Ia juga menyebut, hasil pembicaraan tersebut juga akan disampaikan kepada presiden terpilih, Prabowo Subianto.

“Pemikiran dan aspirasi daerah yang sudah saya dapat dari hasil diskusi bersama masyarakat, pemda, dan lainnya akan kami sampaikan kepada pemerintah sekarang maupun pemerintah periode berikutnya kepada Presiden terpilih Bapak Prabowo yang melanjutkan kepemimpinan nasional,” tuturnya.

Baca Juga: Wamentan: Era Jokowi Indonesia Sukses Swasembada Pangan 4 Kali 

3. Kehadiran perwakilan pemerintah memotivasi produktivitas

Kunjungi Probolinggo, Mardiono: Hasil Pertanian Perlu Hilirisasi(Dok. Tim Utusan Khusus Presiden)

Sementara, Pj Sekda Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto mengatakan, kehadiran pemerintah yang diwakili Utusan Khusus Presiden ini memberikan motivasi untuk meningkatkan produktivitas pertanian dan perikanan.

“Alhamdulillah kita mendapat kunjungan dari UKP RI, tentu ada beberapa poin penting yang sudah disampaikan tadi. Dan itu sangat memotivasi kami dalam rangka menjaga dan meningkatkan apa yang telah kami capai selama ini,” kata Heri.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya