KPU: Besok Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud Daftar Capres-Cawapres

Anies-Muhaimin jam 08.00, Ganjar-Mahfud jam 11.00

Jakarta, IDN Times - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Idham Holik mengatakan, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD akan mendaftar pada hari yang sama, yaitu Kamis, 19 Oktober 2023.

Idham menuturkan, masing-masing partai politik (parpol) gabungan pendukung capres dan cawapres itu sudah memberikan surat pemberitahuan tentang pendaftaran.

"Jadi dengan demikian, pada 19 Oktober, dua gabungan parpol telah memberitahukan rencana pendaftaran bapaslon presiden-wakil presidennya," ucap Idham kepada IDN Times, Rabu (18/10/2023).

Baca Juga: Beredar Surat Suara Pilpres Tiga Paslon, KPU: Bukan dari Kita

1. Anies-Muhaimin mendaftar lebih dulu ketimbang Ganjar-Mahfud

KPU: Besok Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud Daftar Capres-CawapresAnies Baswedan bersama Muhaimin Iskandar (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Bacapres dan bacawapres dari Koalisi Perubahan, Anies-Muhaimin akan mendaftar ke KPU pada pukul 08.00 WIB.

Sementara itu, koalisi pendukung duet Ganjar dan Mahfud akan ke KPU pukul 11.00 WIB.

"Pertama, Partai NasDem, PKB, dan PKS jam 08.00 WIB. Kedua, PDI Perjuangan, PPP, Partai Hanura, dan Partai Perindo pada jam 11.00 WIB," kata Idham.

Baca Juga: KPU Sebut Kepala Daerah yang Maju Pilpres Harus Dapat Izin Presiden

2. Jadwal pendaftaran capres dan cawapres 19 sampai 25 Oktober 2023

KPU: Besok Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud Daftar Capres-CawapresIlustrasi penyelenggara pemilu. (IDN Times/Sukma Shakti)

Sebelumnya, Idham mengatakan, pendaftaran Capres dan Cawapres 2024 akan dibuka rentang waktu 19 sampai 25 Oktober 2023.

Adapun pada 19 hingga 24, pendaftaran dibuka pukul 08.00 sampai 16.00 WIB.

Kemudian, hari terakhir pendaftaran pada 25 Oktober 2023 akan dibuka pukul 08.00 sampai 23.59 WIB.

Pendaftaran bakal capres dan cawapres Pemilu 2024 dilakukan di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat.

Baca Juga: Masih Ngantor di Solo, Gibran Hari ini Batal Bertemu Sekjen PDIP

3. Mekanisme pendaftaran

KPU: Besok Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud Daftar Capres-CawapresKantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Menteng, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sementara itu, Ketua KPU, Hasyim Asy'ari, menuturkan, saat hari pendaftaran, KPU menyiapkan tim penerima calon pendaftar yang ditugaskan untuk berkoordinasi dengan perwakilan partai koalisi. KPU sendiri sudah mensyaratkan partai politik memberikan surat tugas kepada nama perwakilan orang yang ditunjuk sebagai penghubung dengan KPU.

Kemudian, tim perwakilan koalisi akan berkonsultasi mengenai dokumen yang akan dibawa pada hari pendaftaran. Mereka juga diminta untuk menyampaikan nama 30 orang pimpinan partai politik yang hadir mendampingi capres-cawapres.

"Hadir secara fisik dan ikut masuk di ruang pendaftaran, yang secara teknis disiapkan di Ruang Rapat Utama KPU lantai II. Jumlah maksimal 30 orang di luar pasangan calon," tutur Hasyim.

Tim koalisi juga perlu memasukkan nama pengiring yang ikut mengantar bakal calon ke halaman parkir kantor KPU. Di mana setiap koalisi hanya bisa membawa nama-nama pendamping sebanyak 200 orang.

 


Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Jadi Cawapres Ganjar, Mahfud MD Terima Kasih ke Jokowi

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya