KIM Serahkan Surat ke KPU, Prabowo-Gibran Daftar Besok Pagi

Prabowo-Gibran daftar pukul 10.00 WIB

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI memastikan sudah menerima surat pemberitahuan pendaftaran Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai capres-cawapres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM). Komisioner KPU, Idham Holik, menuturkan surat pemberitahuan itu disampaikan KIM pada Selasa (24/10/2023) pukul 15.00 WIB.

"Jam 15.00 WIB, KPU telah menerima surat pemberitahuan dari gabungan parpol KIM (Koalisi Indonesia Maju) tentang rencana pendaftaran bakal pasangan capres-cawapres Prabowo - Gibran," kata dia dalam keterangannya kepada IDN Times.

1. Prabowo dan Gibran daftar pukul 10.00 WIB

KIM Serahkan Surat ke KPU, Prabowo-Gibran Daftar Besok PagiSebanyak 15 kelompok relawan pendukung Joko "Jokowi" Widodo dan Gibran Rakabuming hadir mendeklarasikan dukungan kepada Ketua Umum Partai Gerindra dan bakal calon presiden Prabowo Subianto sebagai presiden (dok Humas Prabowo)

Berdasarkan surat pemberitahuan yang disampaikan, Idham menuturkan, Prabowo dan Gibran akan mendaftar ke KPU sekitar pukul 10.00 WIB.

"Dalam surat pemberitahuan tersebut, bakal pasangan capres-cawapres akan didaftarkan pada jam 10.00 WIB oleh gabungan parpol KIM," ucap dia.

Baca Juga: Anwar Usman Lantik Tiga Anggota MKMK, Ada Nama Jimly Asshiddiqie

2. KPU imbau gabungan parpol untuk bikin surat pemberitahuan pendaftaran

KIM Serahkan Surat ke KPU, Prabowo-Gibran Daftar Besok PagiKantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari, menjelaskan sesuai prosedur yang ditentukan, gabungan partai politik yang akan hadir ke KPU untuk mendaftarkan pasangan calon harus mengirimkan informasi melalui surat tertulis. Surat itu berisi tentang kapan waktu yang ditetapkan untuk mendaftar ke KPU.

"Batasan paling lambat adalah H-1 atau satu hari sebelum kehadiran di KPU," kata Hasyim saat ditemui awak media di Gedung KPU RI, Jakarta Pusat, Kamis (19/10/2023).

Baca Juga: KPU Gelar Nobar di Pesantren, Ingin Dongrak Suara Pemilih Pemula

3. Pendaftaran Prabowo-Gibran didampingi seluruh Ketum KIM

KIM Serahkan Surat ke KPU, Prabowo-Gibran Daftar Besok PagiJajaran ketua umum partai politik Koalisi Indonesia Maju (KIM) usai menggelar pertemuan di rumah Prabowo Subianto, Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Jumat (13/10/2023) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto mengungkapkan sesuai rencana, KIM akan mendaftarkan Prabowo-Gibran sekitar pada Rabu, 24 Oktober 2023, pukul 10.00 WIB. Airlangga memastikan, seluruh ketua umum parpol yang tergabung KIM akan menghadiri pendaftaran Prabowo-Gibran di Kantor KPU, Jakarta Pusat.

"Rencananya demikian. Ya tentu besok Bapak Prabowo dan Mas Gibran akan mendaftar pada pagi hari dan tentunya akan didampingi oleh Koalisi Indonesia Maju dan Insya Allah seluruh ketua umum akan hadir," kata Airlangga di acara US-Indonesia Investment Summit, Hotel Oriental Mandarin, Jakarta,

Baca Juga: Gibran Jadi Cawapres Prabowo, Bagaimana Hubungan Jokowi dan Megawati?

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya