Ketum KIM Rapat Jumat, Umumkan Cawapres pada Sabtu?

Jubir parpol KIM gelar pertemuan hari ini

Jakarta, IDN Times - Politikus PAN, Eko Hendro Purnomo alias Eko Patrio, menuturkan bahwa jajaran ketua umum partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) akan menggelar pertemuan setelah Ketum PAN Zulkifli Hasan tiba di tanah air.

Eko menyebut, Zulkifli Hasan akan memajukan kepulangannya dari China ke Indonesia.

"Ya jadi kelihatannya ketum memajukan sehari, katanya ya dan itu juga sudah diketahui oleh Pak Presiden jadi InsyaAllah beliau yang harusnya Sabtu atau Minggu pulang, jadinya Jumat siang di Jakarta," kata dia saat ditemui usai menggelar pertemuan dengan pejabat teras parpol KIM di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (18/10/2023).

"Agendanya ketemuan dengan pimpinan, ketum-ketum," lanjut Eko.

1. Kemungkinan deklarasi cawapres hari Sabtu

Ketum KIM Rapat Jumat, Umumkan Cawapres pada Sabtu?Jajaran ketua umum partai politik Koalisi Indonesia Maju (KIM) usai menggelar pertemuan di rumah Prabowo Subianto, Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Jumat (13/10/2023) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Ketua DPW PAN DKI itu juga menuturkan tak menutup kemungkinan deklarasi cawapres akan dilakukan sehari setelah pertemuan Ketum KIM, yakni pada Sabtu, 21 Oktober 2023.

"Ya secepatnya lah pokoknya yang penting Jumat ketemu dulu, Jumat sore paling kalau gak habis maghrib pertemuannya," kata dia.

Baca Juga: Ganjar-Mahfud Daftar Capres-Cawapres ke KPU Besok!

2. Jubir parpol KIM gelar silaturahmi di dekat rumah Prabowo

Ketum KIM Rapat Jumat, Umumkan Cawapres pada Sabtu?Jajaran ketua umum partai politik Koalisi Indonesia Maju (KIM) usai menggelar pertemuan di rumah Prabowo Subianto, Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Jumat (13/10/2023) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Dalam kesempatan itu, Ketua DPP PAN Zita Anjani juga mengonfirmasi terkait pertemuan pejabat teras parpol dan jubir KIM.

Silaturahmi politik itu digelar di salah satu rumah dekat kediaman Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Rabu (18/10/2023). Lokasi pertemuan tersebut tepatnya di Jalan Sriwijaya I Nomor 35, hanya beberapa meter dari rumah Prabowo.

Putri Ketum PAN Zulkifli Hasan itu mengaku, dalam pertemuan antar jubir parpol KIM membicarakan mengenai strategi media dan jubir muda.

"Ini sesi yang sore membicarakan bagaimana nanti kita menceritakan ceritanya Pak Prabowo mungkin banyak yang belum tahu, kemudian apa saja yang ingin dicapai, salah satunya kan 2045 mengentaskan kemiskinan stunting dan itu sedang dirumuskan," tutur Zita.

Baca Juga: Beredar Surat Suara Pilpres Tiga Paslon, KPU: Bukan dari Kita

3. PBB sebut KIM segera umumkan cawapres

Ketum KIM Rapat Jumat, Umumkan Cawapres pada Sabtu?ilustrasi capres dan cawapres (IDN Times/Aditya Pratama)

Sementara, Sekretaris Jenderal Partai Bulan Bintang Afriansyah Noor mengucapkan, selamat atas deklarasinya duet Ganjar Pranowo dan Mahfud MD yang akan maju pada Pilpres 2024. Dia memastikan, KIM juga akan segera mengumumkan cawapres pendamping Prabowo Subianto.

Afriansyah mengatakan, para elite parpol KIM selalu menggelar rapat dan berkonsolidasi membahas arah politik jelang Pemilu 2023.

"Saya mengucapkan selamat atas deklarasinya Ganjar-Mahfud semoga pasangan ini menjadi pasangan calon presiden yang sejuk adem damai ya. Kemudian kami, Koalisi Indonesia Maju selalu rapat, selalu berkoordinasi, dan kami juga akan segera mengumumkan calon wakil presiden berpasangan dengan Pak Prabowo," kata dia kepada IDN Times, Rabu (18/10/2023).

Afriansyah menjelaskan, sesuai kesepakatan awal, siapapun cawapres yang akan dipilih Prabowo akan didukung penuh oleh parpol KIM.

Koalisi gemuk yang berisi Gerindra, PBB, Golkar, PAN, Gelora, Garuda, dan Demokrat itu siap memenangkan Prabowo dengan siapapun pasangan cawapresnya.

"Kesepakatan partai-partai politik tentunya apapun yang diputuskan oleh Pak Prabowo kita akan menerima dan apapun yang akan dilaksanakan atau akan diputuskan ini akan menjadikan target kami untuk memenangkan calon pasangan presiden kami Pak Prabowo dan siapapun orangnya," ujar dia.

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya