Kedekatan Jokowi dengan Erick Dinilai Disukai Masyarakat

Terbaru, Erick bersama Jokowi kunjungan kerja ke Arab

Jakarta, IDN Times - Kebersamaan Menteri BUMN Erick Thohir dengan Presiden Joko "Jokowi" Widodo dalam berbagai kegiatan kenegaraan dinilai berdampak positif.

Pengamat Politik dan Koordinator Komite Pemilih Indonesia, Jeirry Sumampow mengatakan, kedekatannya dengan Jokowi itu membuat Erick Thohir makin populer dan disukai masyarakat luas.

“Kebersamaan seperti itu dari sisi teori komunikasi politik, membuat sosok Erick Thohir itu semakin populer dan terima oleh publik,” kata dalam keterangannya, Jumat (20/10/2023).

Dalam sejumlah kesempatan, Jokowi memang kerap terlihat melakukan agenda bersama dengan Erick Thohir. Terbaru, Jokowi mengajak Erick Thohir yang merupakan Menko Marves ad interim melakukan kunjungan kerja ke China dan Arab Saudi untuk menghadiri berbagai pertemuan dengan para petinggi negara.

Selain faktor Jokowi, Jeirry juga menyebut kinerja Erick Thohir di BUMN juga memiliki pengaruh cukup signifikan terhadap elektabilitas. Berbagai kebijakannya saat memimpin BUMN dinilai menuai citra positif di masyarakat.

“Dia kan dipandang berhasil dalam membawa BUMN lebih baik oleh masyarakat,” tutur Jeirry.

Baca Juga: Bocoran Peminangan Gibran untuk Prabowo dari Kiai Muda Jatim

1. Duet Prabowo-Erick potensial terbentuk

Kedekatan Jokowi dengan Erick Dinilai Disukai Masyarakat(Instagram/Prabowo)

Adapun, memasuki tahapan pendaftaran capres dan cawapres, nama Erick Thohir digadang-gadang berpeluang maju sebagai cawapres mendampingi capres Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo.

Direktur Eksekutif Ethical Politics, Hasyibulloh Mulyawan menuturkan, duet Prabowo-Erick merupakan figur pemimpin yang saling melengkapi.

“Apabila Prabowo dan Pak Erick Thohir dipasangkan sebagai Capres dan Cawapres mereka bisa saling melengkapi dalam kerja-kerja politik di pemerintahan nantinya,” kata Mulyawan saat dihubungi, Kamis (19/10/2023).

Dia menyebut, Prabowo dan Erick Thohir memiliki latar belakang dan keahlian yang berbeda. Hal tersebut dinilai bisa saling menguatkan satu sama lain.

Prabowo dengan latar belakang militer dapat menangani berbagai isu seperti keamanan hingga soal geopolitik internasional. Sementara itu, Erick Thohir dengan latar belakang sebagai teknokrat dapat memperkuat sektor ekonomi negara dan masyarakat Indonesia.

“Pak Prabowo paham tentang keamanan, militer dan pangan. Pak Erick Thohir paham akan ekonomi,” ucap Mulyawan.

Baca Juga: Gibran Diisukan Jadi Cawapres Prabowo, Ahok: Saya Pilih Ganjar-Mahfud

2. Gerindra ungkap ciri cawapres Prabowo, muda dan berpengalaman di pemerintahan

Kedekatan Jokowi dengan Erick Dinilai Disukai MasyarakatSekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani dan Sekjen Partai Gelora Mahfuz Sidiq. (IDN Times/Aryodamar)

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani menjelaskan ciri-ciri cawapres Prabowo, yakni sosok anak muda yang berpengalaman di pemerintahan. Bocoran itu disampaikan Muzani lewat dua pantun.

"Indonesia negeri yang kaya. Penduduknya berjuta-juta. Kita ingin Indonesia jaya. Prabowo dan anak muda jawabannya," kata Muzani kepada awak media di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (18/10/2023).

Baca Juga: Gibran Diisukan Akan Gabung Golkar, Airlangga: Lihat Saja Nanti

3. PAN tak tutup kemungkinan cawapres Prabowo diumumkan pada hari Sabtu

Kedekatan Jokowi dengan Erick Dinilai Disukai MasyarakatKetua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto hadiri acara Hari Ulang Tahun (HUT) Gerindra ke-15 di Kantor DPP Partai Gerindra, Ragunan, Jakarta Selatan. (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa

Terpisah, Politikus PAN, Eko Hendro Purnomo alias Eko Patrio menuturkan bahwa jajaran ketua umum partai politik yang tergabung dalam KIM akan menggelar pertemuan setelah Ketum PAN Zulkifli Hasan tiba di tanah air.

Eko menyebut, Zulkifli Hasan akan memajukan kepulangannya dari China ke Indonesia.

"Ya jadi kelihatannya ketum memajukan sehari, katanya ya dan itu juga sudah diketahui oleh Pak Presiden jadi insyaallah beliau yang harusnya Sabtu atau Minggu pulang, jadinya Jumat siang di Jakarta," ucap dia saat ditemui usai menggelar pertemuan dengan pejabat teras parpol KIM di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (18/10/2023).

"Agendanya ketemuan dengan pimpinan, ketum-ketum," lanjut Eko.

Ketua DPW PAN DKI itu juga menuturkan tak menutup kemungkinan deklarasi cawapres akan dilakukan sehari setelah pertemuan Ketum KIM, yakni pada Sabtu, 21 Oktober 2023.

"Ya secepatnya lah pokoknya yang penting Jumat ketemu dulu, Jumat sore paling kalau gak habis maghrib pertemuannya," kata dia.

Sebelumnya, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan membenarkan telah mengeluarkan surat keterangan tidak pernah dipidana atas nama Erick Thohir untuk keperluan syarat pendaftaran Pilpres 2024.

Pejabat Humas Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Djuyamto, mengatakan sejumlah tokoh yang mengajukan permohonan tidak pernah dipidana ialah Erick Thohir dan Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra.

"Memang benar Pengadilan Negeri Jakarta Selatan telah mengeluarkan beberapa surat tidak pernah dipidana atas nama para pemohon Yusril Ihza Mahendra, Erick Thohir," kata dia dalam keterangannya, Rabu (18/10/2023).

Djuyamto mengatakan, PN Jaksel juga telah mengeluarkan surat keterangan tidak pernah dipidana untuk pasangan Bacapres dan Bacawapres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Surat keterangan tersebut dikeluarkan PN Jakarta Selatan sebagaimana permohoanan yang diajukan oleh para tokoh, untuk keperluan keperluan persyatan pendaftaran Pilpres 2024.

"Surat keterangan tersebut telah dikeluarkan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Disebutkan untuk keperluan persyaratan pendaftaran pilpres," kata dia.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya