Kaesang Sebut PSI Belum Tentukan Dukungan di Pilpres 2024

Elite PSI datang ke acara Prabowo bukan sinyal dukungan

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep menegaskan belum ada nama calon presiden (capres) yang akan didukung jelang Pemilu 2024.

Hal itu disampaikan Kaesang saat ditanya salah satu jajaran Persatuan Gereja-gereja Indonesia (PGI) mengenai sinyal arah dukungan PSI di Pemilu 2024.

"Belum ada. Jujur, belum ada (nama capres yang akan didukung)," kata Kaesang di Kantor PGI, Jakarta Pusat, Selasa (3/10/2023).

Baca Juga: Kaesang Jadi Ketua Umum, Warga Bekasi Ramai-Ramai Daftar Kader PSI

1. PSI masih menjaring aspirasi

Kaesang Sebut PSI Belum Tentukan Dukungan di Pilpres 2024Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep dan istrinya, Erina Gudono saat ditemui di acara Relawan Jokowi, Pertiwi di Jakarta Selatan (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Putra bungsu Presiden Joko "Jokowi" Widodo itu memastikan, PSI masih menjaring aspirasi dari kader dan simpatisan di berbagai daerah.

"Karena kami akan mendengar ke seluruh DPD, DPW. Aspirasi-aspirasi dari teman-teman DPP, DPW seperti apa. Di masyarakat seperti apa kami akan kumpulkan semua baru nanti kami bisa putuskan," ucap Kaesang.

Baca Juga: Kaesang Sambut Positif Ajakan Prabowo ke Hambalang

2. Kaesang bantah kehadiran elite PSI sebagai sinyal dukungan

Kaesang Sebut PSI Belum Tentukan Dukungan di Pilpres 2024Kaesang Pangarep usai menerima KTA dari PSI. (IDN Times/Larasati Rey)

Kaesang lantas menanggapi soal elite PSI yang belakangan ini sering menghadiri acara yang juga dihadiri bakal capres Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto. Terbaru, jajaran pimpinan pusat PSI menghadiri acara deklarasi Demokrat dukung Prabowo beberapa waktu lalu.

Padahal, sebelumnya PSI mendukung bakal capres PDIP Ganjar Pranowo. Kaesang memastikan, dukungan sebelumnya dan kehadiran elite PSI tak di sejumlah agenda bakal capres tak terkait dengan dukungan di Pilpres 2024.

"Untuk sekarang mungkin kemaren Sis Grace, Bro Raja, semua, sudah sempat dulu mendukung satu (bacapres), terus pernah dekat dengan yang sekarang. Tapi saya rasa itu bukan keputusan akhir karena balik lagi, saya akan mendengar dari seluruh aspirasi, dari DPD maupun DPW, supaya kita nanti bisa solid untuk mendukung capres pilihan kita," tutur dia.

Baca Juga: Kaesang Sambangi Relawan Jokowi Minta Dukungan Agar PSI Lolos Senayan

3. PSI silaturahmi ke PGI

Kaesang Sebut PSI Belum Tentukan Dukungan di Pilpres 2024Ketum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep bersama jajaran Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PSI silaturahmi ke Kantor Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI), Selasa (3/10/2023). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sementara itu, Wakil Ketua Dewan Pembina, Grace Natalie menjelaskan tujuan digelarnya silaturahmi PSI dengan PGI.

Grace berharap, para pendeta bisa membimbing perjuangan PSI jelang Pemilu 2024. Mengingat, salah satu hal yang diperjuangkan PSI adalah tentang pluralisme.

"Kita di sini harap bimbingan dari pa pendeta dan para teman-teman PGI di sini, mohon didukung terus agar perjuangan kami kali ini sampai di Senayan," ucap dia.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya