Istana: Prosesi Pengibaran Bendera HUT ke-79 RI Hanya di IKN

Di Jakarta tidak ada pengibaran bendera dan atraksi militer

Intinya Sih...

  • Pengibaran bendera HUT ke-79 RI hanya di IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur
  • Tidak ada prosesi khusus pengibaran bendera di Istana Merdeka Jakarta
  • Atraksi militer dan pengukuhan Paskibraka digelar di IKN Nusantara

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara, Setya Utama, memastikan prosesi pengibaran bendera HUT ke-79 Republik Indonesia (RI) hanya digelar di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Dengan demikian, dipastikan tidak ada prosesi khusus pengibaran bendera di Istana Merdeka Jakarta.

Baca Juga: Jokowi Ajak Influencer ke IKN, Biaya dari Mana?

1. Prosesi pengibaran bendera hingga atraksi militer HUT RI akan ditayangkan melalui videotron

Istana: Prosesi Pengibaran Bendera HUT ke-79 RI Hanya di IKNUpacara peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia digelar di halaman Istana Kepresidenan Gedung Agung Yogyakarta, Kamis (17/8/2023). (Dok. Istimewa)

Setya menuturkan, masyarakat DKI Jakarta hanya bisa menyaksikan bendera yang sudah dikibarkan di halaman Istana Merdeka sejak pagi, tanpa ada prosesi khusus.

Begitu juga dengan atraksi militer yang biasa digelar untuk menyambut HUT RI, hanya dilaksanakan di IKN Nusantara.

"IKN saja (atraksi militer), tapi akan ditayangkan di videotron Jakarta, jadi semua undangan akan menyaksikan siaran langsungnya," tutur dia dalam keterangannya, Jumat (2/8/2024).

Baca Juga: Analis: Pelibatan Influencer ke IKN Belum Tentu Bisa Bawa Investor

2. Tamu VIP akan menginap di Hotel Nusantara dan Balikpapan

Istana: Prosesi Pengibaran Bendera HUT ke-79 RI Hanya di IKNJokowi ikut nonton saat Kahitna menghibur tamu undangan HUT ke-78 RI di Istana Merdeka, Kamis (17/8/2023). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Lebih lanjut, Setya menuturkan, tamu undangan VIP yang hadir di IKN Nusantara akan menginap di Hotel Nusantara dan Balikpapan.

"VIP akan dibagi-bagi antara Hotel Nusantara dan Balikpapan," ucapnya.

Terkait siapa saja tamu VIP yang akan hadir di Jakarta dan IKN Nusantara, masih dalam proses penyortiran.

3. Pengukuhan Paskibraka berlangsung di IKN Nusantara

Istana: Prosesi Pengibaran Bendera HUT ke-79 RI Hanya di IKNPaskibraka Nasional 2023 perwakilan Lampung, Frans Timothy Prawira Siallagan menjadi bagian Tim Indonesia Jaya bertugas dalam Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2023) sore. (YouTube/Sekretariat Presiden).

Selain itu, Satya juga menyampaikan, pengukuhan Paskibraka yang akan bertugas di upacara HUT ke-79 RI akan digelar di IKN Nusantara. Ia pun membantah adanya isu kembali menugaskan tim Paskibraka 2023 untuk upacara tahun ini.

"Pengukuhan di IKN. Tidak ada opsi menugaskan purna Paskibraka 2023. Purna Paskibraka 2023, seperti juga tahun-tahun sebelumnya, akan bertugas pada Kirab Duplikat Bendera Pusaka," imbuhnya.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya