Hadiri Acara Polri, Prabowo: Paman Saya Polisi Istimewa

Menhan ingatkan prajurit Polri jadi pribadi yang tangguh

Bandung, IDN Times - Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto, menegaskan dalam sejarah peradaban manusia, negara yang kuat dan berhasil selalu memiliki polisi yang unggul serta dicintai rakyat.

Hal tersebut diungkapkan Prabowo saat menjadi pembicara dalam acara dialog kebangsaan dengan tema "Merajut Persatuan dan Kesatuan Bangsa Dalam Kebhinekaan" di Gedung Utaryo Sespim Lemdiklat Polri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Jum'at (16/6/2023).

Baca Juga: Prabowo: Jet Tempur Mirage 2000-5 Bekas Qatar Bisa Dipakai 20 Tahun

1. Prabowo tegaskan lahirnya Polri bukan atas pemberian kolonialisme penjajah

Hadiri Acara Polri, Prabowo: Paman Saya Polisi IstimewaKetua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto hadiri acara Hari Ulang Tahun (HUT) Gerindra ke-15 di Kantor DPP Partai Gerindra, Ragunan, Jakarta Selatan. (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa

Prabowo mengatakan, lahirnya Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) bukan dari kolonialisme yang diberikan oleh penjajahan Belanda. Sebaliknya, Polri juga turut berjuang dalam kemerdekaan di Indonesia.

"Dan lahirnya polisi kita dari sejarah, polisi kita bukan bentukan dari kolonial, polisi kita angkat senjata ikut perang, ikut perang untuk merdeka, kita bahu membahu dengan semua unsur lain," ucap dia.

Baca Juga: Prabowo Kenang Indonesia Sempat Dihina Tak Bisa Produksi Peniti

2. Prabowo berpesan kepada prajurit kepolisian agar jadi pribadi yang tangguh

Hadiri Acara Polri, Prabowo: Paman Saya Polisi IstimewaMenteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mendatangi acara dialog kebangsaan dengan tema "Merajut Persatuan dan Kesatuan Bangsa Dalam Kebhinekaan" di Gedung Utaryo Sespim Lemdiklat Polri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Jum'at (16/6/2023) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Prabowo lantas berpesan kepada seluruh prajurit kepolisian untuk menjadi pribadi yang tangguh dan unggul, demi terciptanya pondasi keamanan negara yang kuat.

"Negara bangsa dan rakyat menanti Dharma baktimu jadilah polisi yang unggul jadilah bhayangkara yang tangguh, itu pesan saya. Jadi kita butuh polisi yang unggul," ucap dia.

3. Prabowo cerita sosok pamannya

Hadiri Acara Polri, Prabowo: Paman Saya Polisi IstimewaMenteri Pertahanan, Prabowo Subianto usai menghadiri Sidang MPR/DPR di Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022). (IDN Times/Melani Putri)

Lebih lanjut, Prabowo yang telah dianugerahi gelar warga kehormatan oleh Korps Brimob Polri itu juga menceritakan sosok pamannya bernama Subianto.

Pamannya itu memiliki nama yang sama dengan namanya, dan merupakan anggota polisi istimewa yang gugur dalam tugas. Oleh sebab itu, Prabowo menilai, polisi adalah komponen yang sangat penting dari pertahanan dan keamanan Indonesia.

"Paman saya itu polisi istimewa, gugur. Makanya saya tahu polisi angkat senjata, ikut perang, jadi polisi adalah komponen yang sangat penting dari hankamrata," imbuh dia.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/RMgirEixbqw

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya