Guru Besar IPB: Bansos Kampanye Terselubung Jokowi Menangkan Gibran

Padahal, bansos memang hak masyarakat miskin

Jakarta, IDN Times - Guru besar ekonomi politik Institut Pertanian Bogor (IPB), Didin Damanhuri menilai program bantuan sosial (bansos) yang dilakukan pemerintah merupakan kampanye terselubung Presiden Joko "Jokowi" Widodo untuk memenangkan paslon nomor urut 02, Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka, di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hal tersebut disampaikan Didin sebagai ahli yang dihadirkan Pemohon II, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dalam sidang lanjutan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pilpres 2024.

“Pemberian bansos tunai maupun beras menjelang Pemilu 2024 adalah bentuk kampanye terselubung oleh Presiden Jokowi untuk memenangkan anaknya yang sedang berkontestasi, Gibran,” kata Didin di Gedung MK, Jakarta, Selasa (2/4/2024).

Didin menuturkan Jokowi memanfaatkan fasilitas negara di tengah situasi perekonomian pascapandemik COVID-19 yang belum pulih sepenuhnya. Padahal, bansos merupakan hak dari masyarakat miskin. Namun, bansos itu justru diklaim sebagai bantuan Jokowi untuk memenangkan Prabowo-Gibran.

Oleh sebab itu, dia meyakini pembagian bansos itu merupakan bentuk penyalahgunaan UU APBN karena kepentingan sepihak.

“Bansos tunai dan beras yang seharusnya merupakan hak orang miskin, diklaim sebagai bantuan dari Jokowi, dalam rangka pemenangan paslon 02,” tutur dia.

Didin menyebut pembagian bansos itu diistilahkan sebagai politik gentong babi alias pork barrel politics. Strategi bansos ini dianggap efektif untuk meningkatkan elektoral dengan hampir separuh masyarakat Indonesia yang masih dalam garis kemiskinan.

“Praktik politik tersebut, menjadi sangat efektif ketika masyarakat Indonesia masih belum pulih perekonomiannya, pascapandemik COVID-19,” ujarnya.

“Sebagian besar masyarakat memandang bansos pangan maupun tunai sebagai kebaikan Presiden Jokowi yang harus dibalas dengan memilih paslon yang didukungnya,” imbuh Didin.

Baca Juga: Otto Berharap Menteri Hadiri Sidang PHPU Pilpres Luruskan soal Bansos

Baca Juga: Ahli di Sidang MK Ungkap Bukti Bansos untuk Menangkan Prabowo-Gibran

Baca Juga: Momen Romo Magnis Dicecar Pertanyaan di Sidang Sengketa Pemilu

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya