Gonjang-ganjing Isu Reshuffle, Sasar Menteri PDIP dan NasDem?

Disebut ada tiga menteri yang bakal kena

Intinya Sih...

  • Presiden Jokowi akan melakukan reshuffle kabinet dalam waktu dekat.
  • Terdapat tiga menteri yang bakal diganti, yaitu Menteri KLHK, Menkumham, dan ESDM.

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo dikabarkan akan melakukan reshuffle atau perombakan menteri di kabinetnya dalam waktu dekat.

Berdasarkan informasi yang diterima IDN Times, ada tiga menteri yang bakal diganti.

"Rencana ada tiga yang mau diganti," kata sumber yang enggan disebutkan namanya kepada IDN Times, Selasa (13/8/2024).

Ketiganya adalah Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK), Siti Nurbaya Bakar; Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna Laoly; serta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif. 

Diketahui, Siti Nurbaya dan Yasonna merupakan kader partai politik. Siti Nurbaya berasal dari NasDem dan Yasonna adalah politikus PDIP. Sementara, Arifin adalah teknokrat.

Baca Juga: Isu Kader PDIP Kena Reshuffle, Deddy Sitorus: Terserah Presiden

1. Dibantah pihak istana

Gonjang-ganjing Isu Reshuffle, Sasar Menteri PDIP dan NasDem?Potret Presiden Jokowi berkantor di Istana Presiden IKN (dok. Sekretariat Presiden)

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, sempat membantah isu tersebut. Dia menegaskan, hingga saat ini belum ada rencana atau agenda untuk melakukan reshuffle.

"Tidak betul, sampai saat ini belum ada rencana atau agenda reshuffle kabinet," ujar Ari kepada jurnalis, Selasa, 30 Juli 2024.

Ari menegaskan, tidak benar ada isu Presiden Jokowi akan melantik menteri baru di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

"Tidak ada agenda pelantikan menteri baru di IKN seperti isu-isu yang beredar," ucap dia.

Baca Juga: Siti Nurbaya Disebut Bakal Kena Reshuffle, Ini Kata NasDem

2. PDIP harap jika ada reshuffle bisa meningkatkan kinerja

Gonjang-ganjing Isu Reshuffle, Sasar Menteri PDIP dan NasDem?Juru bicara PDI Perjuangan, Chico Hakim. (Dokumentasi Instagram)

Sementara, Juru bicara PDI Perjuangan (PDIP), Chico Hakim, mengaku belum mengetahui informasi adanya reshuffle menteri asal PDIP.

"Belum ada informasi," ujar Chico kepada IDN Times, Selasa.

Chico berharap, apabila benar nantinya akan ada reshuffle, maka hal itu bisa meningkatkan kinerja pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

"Tentunya harapan kami reshuffle di akhir-akhir masa jabatan Presiden Joko Widodo ini ditujukan untuk meningkatkan kinerja yang sesungguhnya, justru di beberapa bulan terakhir persoalan perekonomian rakyat mendesak untuk diselesaikan," kata dia.

PDIP berharap reshuffle kabinet tidak hanya sekadar bagi-bagi jabatan dengan alasan sinkronisasi pemerintahan baru. Karena, kata dia, sesungguhnya ini bukan sekali ada masa transisi dalam kepemimpinan di Indonesia.

"Dan kita melihat banyak hal yang unik yang dilakukan di masa transisi ini, khususnya di akhir masa jabatan Presiden Joko Widodo menyambut datangnya kepemimpinan baru," ucap Chico.

Baca Juga: Beredar Informasi Jokowi Bakal Reshuffle Menteri dari PDIP

3. NasDem tak masalah jika kadernya di kabinet kena reshuffle

Gonjang-ganjing Isu Reshuffle, Sasar Menteri PDIP dan NasDem?Anggota Dewan Pakar Timnas AMIN Saut Situmorang (kiri) Ketua DPP Partai NasDem Ahmad Effendi Choirie (kanan) dalam acara Gugub Bareng AMIN. (IDN Times/Amir Faisol)

Ketua DPP Partai Nasdem, Effendi Choirie alias Gus Choi, mengaku pihaknya tak masalah jika kader NasDem kena reshuffle.

"Kalau iya (kena reshuffle). Ya gak apa-apa. Bebas saja di-reshuffle," kata dia kepada IDN Times.

4. Sederet menteri dari PDIP dan NasDem

Gonjang-ganjing Isu Reshuffle, Sasar Menteri PDIP dan NasDem?Presiden Jokowi meninjau posyandu di Cipete, Jakarta Selatan (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Diketahui, pasca-Pilpres 2024 lalu, hubungan Jokowi dengan PDIP dan NasDem berangsur renggang. 

Namun masih ada sederet menteri asal PDIP dan NasDem yang masih berada di Kabinet Indonesia Maju.

Ada sembilan menteri dan wakil menteri yang berasal dari partai banteng moncong putih itu. Mereka adalah Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly; Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono; Menteri Sosial, Tri Rismaharini; Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki.Kemudian, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), I Gusti Bintang Ayu Darmawati; Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Abdullah Azwar Anas; Sekretaris Kabinet Pramono Anung; Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo.

Sedangkan, menteri asal NasDem dari yang semula tiga kursi menjadi cuma satu, yakni Menteri LHK Siti Nurbaya. Dua lainnya, Johny G Plate lengser dari kursi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) usai menjadi terpidana kasus korupsi BTS, dan Syahrul Yasin Limpo yang terseret kasus gratifikasi di Kementerian Pertanian.

Baca Juga: Jokowi Disebut Segera Reshuffle 3 Menteri

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya