Gerindra Siap Jadikan Jawa Barat Kandang Prabowo pada 2024

Bappilu Gerindra kolaborasi dengan TKD

Jakarta, IDN Times - Gerindra menargetkan Provinsi Jawa Barat (Jabar) menjadi lumbung suara paslon presiden dan wakil presiden Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Gerindra, Ahmad Muzani, mengatakan, pihaknya akan menjadikan Jabar sebagai kandang Prabowo.

"Tadi Pak Aries (Ketua Bappilu Gerindra Jawa Barat) waktu pengarahan agar Jawa Barat harus menjadi kandang Prabowo," kata Muzani saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Senin (20/11/2023).

Muzani mengatakan, untuk memenangkan suara di Jabar, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto menunjuk Aries Marsudiyanto sebagai Ketua Bappilu Gerindra Jawa Barat.

"Saudara Aries sebagai Ketua Badan Pemenangan Pemilu tingkat Provinsi Jabar untuk membantu Pak Taufik Hidayat selaku Ketua DPD Partai Gerindra Jabar dalam hal pemenangan capres dan pemenangan legislatif di Jabar. Bersama-sama dengan Pak Mochamad Iriawan," tutur Muzani.

Baca Juga: Bawaslu Diminta Batalkan Penetapan Capres-Cawapres Prabowo-Gibran

1. Target suara di Jabar 65 persen

Gerindra Siap Jadikan Jawa Barat Kandang Prabowo pada 2024Ketua Bappilu Gerindra Jawa Barat, Aries Marsudiyanto (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Ketua Bappilu Gerindra Jawa Barat, Aries Marsudiyanto, mengatakan, pihaknya menargetkan suara di Jabar hingga 65 persen.

Aries optimistis capaian elektoral tersebut dengan pertimbangan elektabilitas di berbagai survei yang cenderung positif.

"Ya setidak-tidaknya minimal 65 persen lah. Kami juga optimistis, ya, karena mesin partai kita cukup kuat, relawan kita cukup kuat, hasil survei cukup bagus di Jawa Barat, semoga bisa tercapai," ucap dia.

Baca Juga: Gibran Paling Banyak Dibicarakan Saat Pengundian Nomor Urut di KPU

2. Bappilu Gerindra Jabar kolaborasi dengan TKD Prabowo-Gibran

Gerindra Siap Jadikan Jawa Barat Kandang Prabowo pada 2024Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka saat mendaftar sebagai capres-cawapres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Lebih lanjut, kata Aries, Bappilu Gerindra Jawa Barat akan berkoordinasi dengan Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran.

Kolaborasi itu dilakukan sebagai upaya memenangkan Prabowo dan Gibran di Tanah Pasundan. Tokoh tersebut di antaranya, Ridwan Kamil, Dedi Mulyadi, Ridwan Kamil, hingga Susi Pudjiastuti

"Oh seluruhnya, kita berkolaborasi ya, ada Pak Ridwan Kamil, Pak Dedi Mulyadi, Pak Iwan, banyak sekali tokoh-tokoh masyarakat, tokoh politik, tokoh pengusaha di Jawa Barat ini banyak yang ring up ya membantu, tinggal kita sinergis lah di lapangan. Saya rasa masih cukup 2,5 bulan," ujar Aries.

"Bu Susi (Pudjiastuti), ya, segala macam lah. Pak Umuh Muchtar dari Persib, segala macam banyak sekali yang sudah siap bergabung sama kita, ya, para ulama, para tokoh, pengusaha, semuanya banyak," lanjutnya.

Baca Juga: Bawaslu Tak Temukan Dugaan Pengaturan Nomor Urut Capres Pilpres 2024

3. Ridwan Kamil jadi Ketua Tim Pemenangan Prabowo-Gibran di Jabar

Gerindra Siap Jadikan Jawa Barat Kandang Prabowo pada 2024Pemberian penghargaan oleh Kemenpora kepada Pemerintah Daerah yang telah berhasil menyusun Rencana Aksi Daerah (RAD) layanan kepemudaan. (IDN Times/Amir Faisol)

Diketahui, Ridwan Kamil resmi ditunjuk sebagai Ketua TKD Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024. Kang Emil diyakini mampu memenangkan mereka di Jabar.

"Dengan menggunakan berbagai pertimbangan, kami memutuskan bahwa Ketua TKD provinsi Jawa Barat adalah Muhammad Ridwan Kamil," kata Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Nusron Wahid dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (17/11/2023).

Nusron memaparkan, Jabar adalah daerah yang paling krusial di dalam pilpres kali ini, yaitu daerah dengan pemilih paling besar di Indonesia.

Jawa Barat, kata Nusron, menjadi lumbung suaranya Prabowo selama dua kali pilpres pada 2014 dan 2019 saat berpasangan dengan Hatta Rajasa dan Sandiaga Salahuddin Uno.

"Kali ini dengan kekuatan rekonsiliasi antara Pak Prabowo dengan Pak Jokowi, kita harapkan Jawa Barat ini menjadi kunci kemenangan Pak Prabowo Subianto," ujar Nusron.

"Kami yakin kalau Pak Prabowo dan Mas Gibran menang telak di Jawa Barat, kami yakin insyaallah pemilu akan dilaksanakan hanya dalam satu putaran dengan catatan menang telak di provinsi Jawa Barat," sambungnya.

Menurutnya, figur dan pimpinan Ketua TKD Jawa Barat sangat penting sehingga harus orang yang punya kapasitas besar dan kapabilitas besar yang memimpinnya.

"Insyaallah beliau adalah gubernur yang baru lengser dan mantan Wali Kota Bandung, tokoh nasional dan mempunyai pengaruh yang luar biasa dengan prestasi yang kinclong dan bisa diterima di semua lapisan. Dengan ditetapkannya Pak Ridwan Kamil, kami yakin dan optimistis bahwa provinsi Jawa Barat akan menjadi tempat dan lumbung kemenangan daripada Prabowo-Gibran," ucapnya.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang. 

Baca Juga: JK Minta Pejabat-Aparat Netral di Pemilu 2024: Ingat Hukuman Akhirat

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya