Gelar Silaturahmi, Warga Teriaki Anies Maju Pilgub DKI Tanpa Kaesang

"Tanpa tukang pisang!" kata seorang warga yang hadir

Intinya Sih...

  • Warga meneriaki Anies agar tidak berpasangan dengan Kaesang Pangarep dalam Pilgub DKI Jakarta 2024.
  • Kaesang Pangarep siap maju Pilkada DKI Jakarta 2024, tak menutup kemungkinan dipasangkan dengan siapapun.
  • Anies Baswedan fokus membangun koalisi untuk maju sebagai bakal calon gubernur DKI Jakarta.

Jakarta, IDN Times - Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menghadiri acara bertajuk 'Silaturahmi Elemen Warga Jakarta dengan Bapak Anies Baswedan' di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (19/6/2024).

Pantauan IDN Times di lokasi, warga yang hadir beberapa kali meneriaki Anies agar tidak berpasangan dengan Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep dalam Pikada DKI Jakarta 2024 mendatang.

Momen tersebut diungkapkan saat warga perwakilan dari Jakarta Barat dan Jakarta Selatan menyampaikan aspirasi kepada Anies. Dalam aspirasi itu, warga menyatakan mendukung penuh langkah Anies untuk kembali menjadi Gubernur DKI Jakarta.

"Tanpa tukang pisang, tanpa tukang pisang," kata seorang pria yang hadir di lokasi.

Sebagaimana diketahui, Kaesang memiliki bisnis kuliner olahan pisang bernama Sang Pisang. Pria kelahiran Solo, 25 Desember 1994 ini membangun bisnis Sang Pisang awalnya bersama Ansari Kadir sejak 2017 lalu.

1. Kaesang siap dipasangkan Anies atau RK di Pilkada DKI Jakarta

Gelar Silaturahmi, Warga Teriaki Anies Maju Pilgub DKI Tanpa KaesangAnies Baswedan dan Kaesang Pangarep (IDN Times/Tata Firzainstagram.com/kaesangp)

Sebelumnya, Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep mengaku siap maju Pilkada DKI Jakarta 2024 mendatang.

Putra bungsu Presiden Joko "Jokowi" Widodo itu menyebut siap jika harus dipasangkan dengan siapapun, termasuk Anies Baswedan maupun Ridwan Kamil. Ia juga tak menutup kemungkinan bila kader PSI lainnya yang akan maju di Pilkada DKI yang digelar November 2024 nanti.

"Intinya kami terbuka dengan siapapun. Ini gak terlepas bukan hanya saya aja ya nanti yang sebagai cawagub, kita masih ada Grace Natalie, kita juga ada teman-teman yang lain kan," katanya saat ditemui di Kantor DPP PSI, Jakarta Pusat, Kamis (13/6/2024).

"Saya balik lagi namanya politik kita ya gak masalah kok dengan siapapun," sambung Kaesang.

Baca Juga: PKB: Gestur Politiknya Anies Didukung, SK Tinggal Tunggu Waktu

2. Soal duet Anies-Kaesang tak perlu izin Jokowi

Gelar Silaturahmi, Warga Teriaki Anies Maju Pilgub DKI Tanpa KaesangKetum PSI, Kaesang Pangarep saat konferensi pers di Kantor DPP PSI pada Kamis (21/3/2024). (IDN Times/Amir Faisol)

Selain itu, Kaesang juga mengaku tak perlu izin dengan Jokowi soal duetnya dengan Anies. Sebagai Ketua Umum PSI, Kaesang punya hak untuk menentukan arah politiknya.

"Ya emang saya perlu izin? Saya ketua umum, saya ada kursi di sini beda dong," tegasnya.

Baca Juga: PKS Bicara Kans Anies Lawan Ridwan Kamil di Pilkada DKI Jakarta 2024

3. Anies tanggapi soal duetnya dengan Kaesang

Gelar Silaturahmi, Warga Teriaki Anies Maju Pilgub DKI Tanpa KaesangMantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyambangi Kantor DPW PKB DKI Jakarta di kawasan Jakarta Timur (13/6/2024) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sementara, Anies Baswedan, buka suara soal wacana dirinya dipasangkan dengan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep, untuk maju di Pilgub DKI Jakarta 2024.

Saat ditanya peluang duet Anies-Kaesang, ia hanya menyinggung saat ini sedang fokus membangun koalisi untuk maju sebagai bakal calon gubernur DKI Jakarta. Sebab, dalam mengusung kandidat dan memenuhi ambang batas pencalonan kepala daerah, PKB harus berkoalisi dengan parpol lain.

"Sekarang ini kita memikirkan bagaimana agar PKB tidak sendirian. Tetapi bisa bersama-sama dengan partai yang lain, karena tidak mungkin sendirian," kata Anies saat ditemui di Kantor DPW PKB DKI Jakarta, Jakarta Timur, Kamis (13/6/2024).

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya