Gebrakan di PSSI Modal Erick Thohir Maju Jadi Cawapres Pemilu 2024

PAN usul Erick Thohir jadi cawapres Prabowo

Jakarta, IDN Times - Kepemimpinan Erick Thohir di Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memantik perhatian besar dari berbagai kalangan masyarakat.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu tercatat sudah menjabat sebagai Ketua Umum PSSI sekitar enam bulan. Dia resmi terpilih sebagai Ketua Umum PSSI Periode 2023-2027 dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Jakarta pada Kamis (16/2/2023).

Baca Juga: Selain Erick Thohir, PAN Usul Muhadjir Effendy Jadi Cawapres Prabowo

1. Erick Thohir potensial maju di 2024

Gebrakan di PSSI Modal Erick Thohir Maju Jadi Cawapres Pemilu 2024Erick Thohir di ASIOP Sentul. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menuturkan, pencapaian Erick Thohir di PSSI membuat nama Menteri BUMN itu semakin menguat sebagai salah satu figur yang didorong maju sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres) di Pilpres 2024.

Dia mengatakan, elektabilitas Erick Thohir meningkat sejak mengurusi PSSI. Bahkan saat ini citra yang dibangun Erick terkesan positif.

"Melihat publik puas terhadap kinerja Erick Thohir sebagai Ketum PSSI, itu potensial jadi daya tarik baginya untuk bekal maju di 2024 jadi Cawapres," kata Adi dalam keterangannya, Senin (28/8/2023).

Baca Juga: Dengar Ernando Dihujat Usai Final, Erick Thohir: Dia Pahlawannya!

2. Penggemar sepak bola puas dengan kinerja Erick Thohir

Gebrakan di PSSI Modal Erick Thohir Maju Jadi Cawapres Pemilu 2024Ketua Umum PSSI, Erick Thohir di Garuda Store, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Sabtu (17/6/2023) (IDN Times/Lia Hutasoit)

Mengacu survei yang digelar Lembaga Survei Indonesia (LSI) periode 3 sampai 9 Agustus 2023. Tercatat sebanyak 88,6 persen masyarakat puas terhadap kinerja Erick Thohir mengurus PSSI.

Catatan keberhasilan tersebut, kata Adi, membuat Erick Thohir dianggap sebagai pemimpin yang mampu menjaga amanat masyarakat. Kondisi tersebut menghadirkan potensi hadirnya gelombang dukungan besar Erick Thohir maju cawapres pada Pilpres.

"Karena sebagian besar penggemar bola sangat mengapresiasi kinerja Erick dan beri dukungan," jelas Adi.

Baca Juga: Vonis Bebas 2 Polisi Kanjuruhan Batal, Erick Siap Dampingi Korban

3. Dukung Prabowo sebagai capres, PAN dorong Erick Thohir jadi cawapres

Gebrakan di PSSI Modal Erick Thohir Maju Jadi Cawapres Pemilu 2024Menteri Perdagangan (Mendag) sekaligus Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sementara itu, Partai Golkar dan PAN telah resmi mendukung Prabowo sebagai calon presiden pada Pilpres 2024. Dukungan ini dideklarasikan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto dan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan pada Minggu (13/8/2023).

Dengan dukungan dari 2 partai besar ini, maka total ada 4 partai yang sudah resmi mendukung Prabowo maju sebagai calon presiden pada 2024.

Terkait dukungan ini, Zulkifli Hasan yang akrab disapa Zulhas, kepada IDN Times mengatakan, mendukung Prabowo karena yakin Menteri Pertahanan itu akan menang. Berdasarkan data-data yang dimiliki, termasuk hasil berdiskusi dengan lembaga-lembaga survei, memperlihatkan dukungan untuk Prabowo menjadi presiden semakin kuat.

"PAN ingin berkontribusi menambah dukungan bagi Prabowo," ujar Zulhas kepada IDN Times, Minggu malam.

Mengenai calon wakil presiden untuk Prabowo, Zulhas mengatakan, tetap mendukung Erick Thohir dan ingin meyakinkan Prabowo agar memilih Erick sebagai cawapresnya.

"Tapi kami memahami di sini ada Muhaimin dari PKB dan Airlangga dari Golkar, jadi berpulang kepada Prabowo nanti menentukan siapa cawapresnya," ujar Menteri Perdagangan tersebut.

Menurut Zulhas, pihaknya ingin Erick jadi cawapres Prabowo karena tidak terikat dengan partai politik mana pun dan sudah dianggap sebagai bagian dari PAN.

"Kami optimistis Erick Thohir akan diterima semua pihak," ujar Zulhas.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya