Erick Thohir Disebut Didorong Maju Pilpres oleh Jokowi

Erick Thohir dekat dengan Jokowi secara personal

Jakarta, IDN Times - Menteri BUMN Erick Thohir dinilai potensial maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilu 2024 mendatang.

Pengamat Politik Universitas Padjadjaran (Unpad) Firman Manan menuturkan, potensi Erick Thohir jadi cawapres lantaran punya kedekatan dengan Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

Baca Juga: Kaesang Sambut Positif Ajakan Prabowo ke Hambalang

1. Erick Thohir dinilai salah satu figur yang didorong Jokowi maju pada 2024

Erick Thohir Disebut Didorong Maju Pilpres oleh JokowiPresiden Joko Widodo (ketiga kanan) bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kedua kanan), Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum PSSI Erick Thohir (ketiga kiri), dan Menpora Dito Ariotedho (keempat kiri) menyaksikan laga FIFA Matchday antara Indonesia vs Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Senin (19/6/2023). (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Erick Thohir disebut didorong Jokowi untuk maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Kedekatan Jokowi dengan Erick terlihat dari berbagai kesempatan yang memperlihatkan keduanya mengikuti agenda bersama.

“Erick Thohir punya kedekatan dengan Presiden dan Mas Erick Thohir salah satu nama yang didorong oleh presiden (maju Pilpres),” kata Firman dalam keterangannya, Sabtu (30/9/2023).

Baca Juga: Ada Tokoh Kritik Food Estate, Prabowo: Pemikiran Sesat!

2. Erick Thohir dipercaya Jokowi hingga urusan personal

Erick Thohir Disebut Didorong Maju Pilpres oleh JokowiANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Jokowi memang kerap melakukan agenda kenegaraan bersama Erick Thohir. Seperti saat melakukan kunjungan bersama ke Bulog pada awal September dan juga meninjau pabrik Pindad di Malang pada Juli lalu.

Bentuk kepercayaan lain Jokowi juga terlihat dari seringnya menugaskan Erick Thohir dalam menangani berbagai persoalan. Mulai dari Ketua Pelaksana Komite Penanganan COVID-19, Tim Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) hingga utusan Indonesia agar terhindar dari sanksi FIFA.

Bahkan, dalam urusan personal Erick Thohir juga dipercaya menjadi ketua panitia pernikahan anak ketiga Jokowi yakni Kaesang Pangarep.

“Dalam berbagai kesempatan, Erick Thohir memang dipercaya oleh Jokowi,” ungkap Firman.

Baca Juga: Komunikasi Politik Erick Thohir Dinilai Modal buat Jadi Cawapres KIM

3. Dukungan akar rumput duet Prabowo-Erick menguat

Erick Thohir Disebut Didorong Maju Pilpres oleh JokowiSopir angkot di Depok, Jawa Barat pasang poster Prabowo Subianto dan Erick Thohir (dok. Istimewa)

Sebelumnya, berbagai stiker, poster, hingga baliho bergambar bakal calon presiden (bacapres) Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto dan Erick Thohir bertebaran di sejumlah daerah di Jawa Timur dan Jawa Barat. Salah satunya, banyak sopir angkot yang memasang stiker Prabowo-Erick di kaca kendaraannya.

Menanggapi kemunculan stiker ini, Direktur Executive Partner Politik Indonesia, AB Solissa mengatakan hal tersebut merupakan upaya perjodohan yang dilakukan oleh akar rumput masyarakat. Sebab, baik Prabowo maupun Erick ini dianggap diterima oleh masyarakat khususnya di Jawa Timur.

"Pemasangan stiker Prabowo-Erick di sejumlah angkot bisa dilihat sebagai upaya publik untuk mendorong keduanya maju berpasangan," kata Solissa dalam keterangannya, Rabu (27/09/2023).

Menurutnya, dukungan terhadap duet Prabowo dan Erick muncul sebagai salah satu kandidat yang diharapkan masyarakat.

Di sisi lain, keduanya juga dianggap ideal untuk bekerja sama dan saling melengkapi pada Pilpres 2024 mendatang.

"Pak Erick Thohir ini memiliki modal sebagai cawapres Prabowo mulai kompetensi, soal kinerja, prestasi dan segala macam," tutur Solissa.

Diketahui, sopir angkot di Jawa Timur dan Jawa Barat memasang stiker yang menunjukkan dukungan Prabowo-Erick Thohir untuk maju pada Pilpres 2024.

Stiker tersebut dipasang di sejumlah bagian di kaca mobil angkot. Salah satu sopir angkot 102, Ricko yang mengakui turut berpartisipasi memasang stiker Prabowo - Erick di kendaraannya. Dia menyebut keduanya memiliki kecocokan, sehingga layak untuk dipasangkan.

"Mereka kerjanya bagus sebagai menteri, pas lah kalau maju (capres-cawapres)," kata Ricko.

Selain itu, Ricko juga mendukung Erick Thohir jadi cawapres karena melihat kinerjanya sebagai Ketum PSSI. Sebagai pecinta bola, dia mengaku bangga melihat kemajuan prestasi Tim Nasional (Timnas) Indonesia saat ini.

Terlebih, timnas berhasil menghapus dahaga setelah menang medali emas SEA Games 2023 lalu. Menurutnya, keberhasilan itu mampu membuat masyarakat menjadi semakin percaya diri dan bangga.

"Ya senang lah melihat timnas bagus. Kita sebagai masyarakat jadi senang melihatnya (timnas berprestasi)," ujar Ricko.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya