Elite Parpol KIM Kumpul di Rumah Prabowo, Bahas Cawapres?

Prabowo akan umumkan nama cawapres setelah putusan MK

Jakarta, IDN Times - Jajaran elite partai politik (parpol) di Koalisi Indonesia Maju (KIM) menggelar pertemuan di kediaman bakal capres, Prabowo Subianto, Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Jumat (13/10/2023) malam.

Pantauan IDN Times di lokasi, elite parpol KIM mulai berdatangan sekitar pukul 18.30 WIB.

Baca Juga: Prabowo Kumpulkan Ketum Parpol KIM Malam Ini di Kertanegara

1. Jajaran elite parpol hadir dalam pertemuan tertutup

Elite Parpol KIM Kumpul di Rumah Prabowo, Bahas Cawapres?Rumah Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara IV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Terlihat di lokasi, sejumlah elite parpol dari KIM mulai berdatangan. Mereka di antaranya Ketum Gelora Anis Matta, Waketum Gelora Fahri Hamzah, Ketum Prima Agus Jabo, Sekjen PBB Afriansyah Noor, Waketum PBB Dwianto Ananias, Ketum PBB Yusril Ihza Mahendra, dan Waketum Gerindra Budi Djiwandono.

Kemudian tampak pula Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Sekjen Demokrat Teuku Riefky, Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Sekjen Golkar Lodewijk F Paulus, Ketum PAN Zulkifli Hasan, dan Sekjen PAN Eddy Soeparno.

2. Prabowo pusing soal cawapres

Elite Parpol KIM Kumpul di Rumah Prabowo, Bahas Cawapres?Relawan Samawi mendeklarasikan dukungan duet Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka maju pada Pilpres 2024, Sabtu (7/10/2023). (IDN Times/Yosavat Diva)

Sebelumnya, Prabowo mengungkapkan peluang mengumumkan nama bakal cawapres di akhir masa pendaftaran capres dan cawapres ke KPU.

Prabowo mengaku deklarasikan nama cawapres kemungkinan di akhir tahapan pendaftaran. Menurutnya hal tersebut sudah menjadi tradisi di Indonesia.

"Tradisi Indonesia selalu last minute," kata dia sambil tertawa saat ditemui di kediamannya, Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Rabu (11/10/2023).

Dalam kesempatan itu, Prabowo juga berkelakar bahwa tradisi pengumuman cawapres di waktu batas akhir pendaftaran ke KPU membuatnya pusing.

"Pusing kita ya. Nggak tidur-tidur kita. Ini wartawan juga nunggunya lama ini," ujar dia.

Baca Juga: Respons Jokowi soal Isu Gibran Jadi Cawapres Dinilai Politik Dinasti

3. Prabowo umumkan cawapres usai Putusan MK

Elite Parpol KIM Kumpul di Rumah Prabowo, Bahas Cawapres?Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) RI di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Prabowo juga menuturkan, akan mendeklarasikan nama bacawapres setelah Mahkamah Konstitusi (MK) membacakan putusan terkait gugatan batas usia capres dan cawapres.

"Ya (deklarasi cawapres) kita tunggu keputusan MK," kata Prabowo.

Ketua Umum Partai Gerindra itu mengaku, akan membahas mengenai usulan dari berbagai Dewan Pimpinan Cabang (DPC) terkait nama Gibran menjadi cawapres pendamping dirinya.

Prabowo segera membahas aspirasi itu dalam rapat bersama parpol di KIM.

"Ya itu kan, ya gimana ya. Itu pernyataan dari bawah ya kita catat. Tadi sudah saya katakan ini keputusan harus dengan semua ketua partai koalisi," tutur dia.

Prabowo juga menyebut sudah ada rencana untuk bertemu dengan Gibran dalam waktu dekat. Namun dia enggan merinci kapan pertemuan itu akan digelar.

"Kalau gak salah ada rencana. Tapi kita lihat kapan tanggalnya ya. Saya sudah undang beliau," tegas dia.

Untuk diketahui, MK menjadwalkan akan menggelar sidang pembacaan putusan soal batas usia capres dan cawapres pada Senin, 16 Oktober 2023 mendatang.

Jadwal pengucapan putusan itu diunggah MK melalui situs resminya pada hari ini, Selasa (10/10/2023).

"Senin 16 Oktober 2023, pukul 10.00 WIB. Pengucapan Putusan," tulis MK dalam lamannya.

Dalam jadwal itu, ada sejumlah sidang mengenai gugatan terhadap Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu akan digelar di hari yang sama.

Adapun peluang Gibran maju sebagai cawapres tergantung pada Putusan MK. Pasalnya, jika mengacu pada UU Pemilu, batas usia minimal capres-cawapres berumur 40 tahun. Sementara saat ini usia Gibran masih 36 tahun.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya