Elektabilitas Prabowo Naik Berkat Dukungan Nahdliyin di Jatim

Pranowo unggul didukung Nahdliyin di Jatim

Jakarta, IDN Times - Elektabilitas bakal calon presiden (capres) Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto, cenderung meningkat jelang Pemilu 2024.

Hal itu berdasarkan kepada hasil survei terbaru yang dilakukan Surabaya Research Syndicate (SRS) pada 3-12 September 2023. 

Baca Juga: Sambangi KPU, PPATK Pastikan Dugaan Dana Ilegal Parpol Diproses

1. Elektabilitas Prabowo dipengaruhi suara Nahdliyin

Elektabilitas Prabowo Naik Berkat Dukungan Nahdliyin di JatimCapres Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto, menghadiri acara di Ponpes Ora Aji asuhan Gus Miftah di Kalasan, Sleman, Yogyakarta, Jumat (8/9/2023) (dok Humas Prabowo)

Peneliti Senior SRS, Edwin Abdul, menjelaskan elektabilitas Prabowo cenderung meningkat karena mendapat dukungan dari kalangan nahdliyin pada Pilpres 2024.

Dia mengungkapkan, Prabowo tetap menjadi capres pilihan nahdliyin meskipun duet Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar telah dideklarasikan. Muhaimin sebagai Ketua Umum PKB sering dianggap punya basis dukungan besar dari Nahdlatul Ulama (NU).

“Berdasarkan analisis tabulasi silang dari hasil survei SRS diketahui bahwa bagian terbesar kaum Nahdliyin (41,4 persen) cenderung memilih Prabowo,” kata Edwin, dalam keterangannya, Minggu (15/9/2023).

Baca Juga: Komisi II Setujui Pagu Anggaran KPU dan Bawaslu Tahun 2024

2. Ganjar di posisi kedua didukung Nahdliyin

Elektabilitas Prabowo Naik Berkat Dukungan Nahdliyin di JatimGubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (IDN Times/Istimewa)

Sementara itu, berturut-turut di belakangnya, ada bakal capres dari PDIP, Ganjar Pranowo, yang mendapat dukungan dari kalangan Nahdliyin sebesar 34,3 persen.

Kemudian, Anies di peringkat tiga yang mendapatkan dukungan dari nahdliyin hanya berkisar di angka 13,6 persen.

“Sebanyak 34,3 persen menjatuhkan pilihan pada Ganjar, sedangkan yang memilih Anies hanya 13,6 persen, dan 10,7 persen masih galau alias belum bisa membuat keputusan memilih siapa,” ungkap Edwin.

Baca Juga: Cerita Prabowo Berteman dengan Soe Hok Gie, Pernah Pinjamkan Sepatu

3. Prabowo unggul simulasi tiga capres

Elektabilitas Prabowo Naik Berkat Dukungan Nahdliyin di JatimIlustrasi survei (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Selain mendapatkan dukungan besar dari nahdliyin, di survei yang sama, Prabowo juga sukses berada di peringkat pertama dalam simulasi tiga nama capres. 

Dalam simulasi tiga capres, Prabowo berada di peringkat pertama dengan total dukungan mencapai 43,8 persen. Kemudian diikuti raihan suara yang didapatkan Ganjar dengan 39,7 persen dan Anies yang masih stagnan di posisi ketiga dengan 15,2 persen. 

“Dominasi Prabowo tetap signifikan ketika SRS membuat simulasi Pilpres hanya diikuti tiga capres saja,” ujar Edwin.

Diketahui, survei ini digelar pada 3 sampai 12 September 2023 atau setelah deklarasi Anies-Cak Imin, di seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur. Populasi survei ini adalah seluruh WNI yang berdomisili di Jawa Timur dan minimal telah berusia 17 tahun (telah memiliki e-KTP).

Jumlah sampel sebesar 1.000 responden, diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak sistematis (multistage random sampling). Sedangkan, margin of error kurang lebih 3,1 persen, dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/VoUtpv3-4tA

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya