Elektabilitas Anjlok, Ganjar: Biasa Saja, Kami Punya Data Sendiri

Ganjar mengaku tak masalah dengan temuan riset tersebut

Jakarta, IDN Times - Calon presiden (capres) Ganjar Pranowo buka suara soal elektabilitasnya yang anjlok dalam sejumlah lembaga survei.

Ganjar mengaku tak masalah dengan temuan riset tersebut. Dia memastikan punya data survei sendiri terkait elektoral jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Kendati begitu, Ganjar menghormati hasil riset dari lembaga lain tersebut.

"Kami punya datanya dan kami juga punya survei sendiri. Buat kami itu biasa saja, enggak apa-apa," kata Ganjar di acara Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2023 bertajuk Indonesia's Electoral Epoch: Unveiling the Dynamics of the Pivotal 2024 Election, yang digelar IDN Media di Dome Senayan Park, Jakarta Pusat, Jumat (24/11/2023).

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu menyebut, yang lebih penting saat ini ialah bagaimana dia berkomunikasi untuk menampung aspirasi masyarakat.

"Sehingga ketika seseorang memilih itu betul-betul punya preferensi yang tidak sekedar kira-kira. Maka demokrasi substansinya akan bisa dilaksanakan. Jadi apapun surveinya, buat kami ketemu saja terus dengan masyarakat. Karena itu juga nanti akan meyakinkan apa yang akan menjadi pilihan masyarakat itu. Jadi gak apa-apa lah," imbuh dia.

Diketahui, IDN Media menggelar IMGS 2023, sebuah konferensi independen yang khusus diselenggarakan untuk dan melibatkan generasi Milenial dan Gen Z di Tanah Air. Dengan tema Purposeful Progress, IMGS 2023 bertujuan membentuk dan membangun masa depan Indonesia dengan menyatukan para pemimpin dan tokoh nasional dari seluruh nusantara.

IMGS 2023 diadakan pada 24 - 26 November 2023 di Pulau Satu dan Dome Senayan Park, Jakarta. Dalam IMGS 2023, IDN Media juga meluncurkan Indonesia Millennial and Gen-Z Report 2024.

Survei ini dikerjakan oleh IDN Research Institute bekerja sama dengan Advisia sebagai Research Partner. Melalui survei ini, IDN Media menggali aspirasi dan DNA Milenial dan Gen Z Indonesia.

Baca Juga: Ganjar Ungkap Pentingnya Anak Muda Aktif di Parpol

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya