Dukungan Gus Miftah Perkuat Elektoral Prabowo di Jateng dan Jatim

Gus Miftah punya pengaruh kuat di Jateng dan Jatim

Jakarta, IDN Times - Calon presiden (capres) Prabowo Subianto berpotensi memperkuat elektoralnya di wilayah Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur (Jatim), setelah adanya sinyal dukungan dai kondang, Maulana Miftah Habiburrahman atau Gus Miftah, beberapa waktu lalu.

Pengamat Politik Universitas Airlangga, Suko Widodo, menilai dukungan tersebut bisa mendongkrak elektoral Prabowo, khususnya di daerah Jatim sepeninggalan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Baca Juga: Fahri Hamzah Usul Seluruh Parpol di Kabinet Gabung Dukung Prabowo

1. Gus Miftah punya pengaruh besar di Jawa

Dukungan Gus Miftah Perkuat Elektoral Prabowo di Jateng dan JatimCapres Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto, menghadiri acara di Ponpes Ora Aji asuhan Gus Miftah di Kalasan, Sleman, Yogyakarta, Jumat (8/9/2023) (Instagram/Prabowo)

Suko mengatakan, Gus Miftah merupakan tokoh agama yang punya pengaruh besar kelompok Nahdliyin di Jawa. Dia menuturkan, hubungan Prabowo dengan kalangan Nahdlatul Ulama (NU) di Jateng dan Jatim akan semakin kuat.

“Ya pasti, karena Gus Miftah itu influencer juga ya, artinya dia jemaahnya, pendukungnya, simpatisannya cukup besar. Saya kira kehadiran Gus Miftah ini kan makin memperkokoh, menguatkan hubungan-hubungan Pak Prabowo dengan nahdliyin, khususnya di wilayah Jateng dan Jatim,” kata Suko dalam keterangannya, Senin (11/9/2023). 

Kedekatan Gus Miftah dan Prabowo juga memang sudah terjalin sejak lama. Oleh sebab itu, Suko meyakini, dengan eratnya persahabatan antara dua tokoh tersebut, makin memperkuat dukungan pada Prabowo pada Pilpres 2024.

“Ya memang sudah lama persahabatan mereka, tapi makin jelas juga bahwa Gus Miftah mendukung Prabowo sedari awal,” ungkap Suko. 

2. Prabowo berupaya perkuat suara di Jatim

Dukungan Gus Miftah Perkuat Elektoral Prabowo di Jateng dan JatimCapres Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto, menghadiri acara di Ponpes Ora Aji asuhan Gus Miftah di Kalasan, Sleman, Yogyakarta, Jumat (8/9/2023) (Instagram/Prabowo)

Maka dari itu, menurut Suko, gerak-gerik Prabowo belakangan ini cukup intensif untuk bertemu dengan kiai dan ulama di Jatim.

Suko menegaskan, di Jatim, Prabowo juga memiliki sejarah perjalanan yang cukup panjang. Karenanya, peluang Prabowo mengambil ceruk suara dari Jatim semakin besar.

“Oleh karena itu, pendekatannya ke ulama cukup intensif saya kira. Tapi di Jatim, Pak Prabowo punya hubungan histori yang cukup panjang juga, jauh sebelum sekarang,” ujar Suko.

Baca Juga: Silaturahmi dengan Relawan Prabowo, Projo Yakin Jokowi Dukung Prabowo

3. Gus Miftah dapat tugas galang dukungan ulama hingga bikin lagu 'Prabowo Capresku'

Dukungan Gus Miftah Perkuat Elektoral Prabowo di Jateng dan JatimCapres Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto, menghadiri acara di Ponpes Ora Aji asuhan Gus Miftah di Kalasan, Sleman, Yogyakarta, Jumat (8/9/2023) (dok Humas Prabowo)

Sebelumnya, bakal capres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto, menghadiri acara di Pondok Pesantren Ora Aji asuhan Gus Miftah di Kalasan, Sleman, Yogyakarta, Jumat, 8 September 2023.

Dalam acara tersebut, Prabowo sempat memberikan sebuah surat tugas kepada Gus Miftah. Surat tugas itu pun dibacakan Gus Miftah di depan massa yang hadir.

"Memberikan tugas kepada Miftah Maulana Habiburrahman, Pengasuh Pondok Pesantren Ora Aji, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, untuk melaksanakan silaturahmi dengan para alim ulama, habaib, tokoh masyarakat, dan seluruh rakyat Indonesia, guna memohon doa restu dan dukungan untuk Haji Prabowo Subianto dalam Pemilihan Presiden Republik Indonesia tahun 2024," ucap Gus Miftah, membaca surat dari Prabowo.

"Demikian surat tugas ini dibuat untuk dapat dilaksanakan penuh tanggung jawab," lanjut dia.

Dalam kesempatan itu, sejumlah ulama dan pengasuh pesantren mendeklarasikan dukungannya kepada Prabowo sebagai capres untuk Pilpres 2024.

Selain itu, Gus Miftah juga menciptakan sebuah lagu untuk Prabowo. Berikut lirik lengkapnya:

Yuk mari mari, siapkan diri untuk negeri
Pilih pemimpin untuk ke depannya, tak perlu ragu-ragu lagi
Satukan tekadmu, untuk Indonesia maju
Tegas dan berani, Prabowo calon presidenku

Wayahe, iki wes wayahe, pilih Prabowo du liyane (Ini sudah saatnya, pilih Prabowo bukan yang lainnya)
Wayahe, iki wes wayahe, pemimpin sing mikir rakyate (Ini sudah saatnya, pemimpin yang memikirkan rakyatnya)

Dalam acara tersebut, Gus Miftah juga berulang kali menyebut dirinya sebagai 'kiainya' Prabowo.

 

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/C0ZXxgxYEj0

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya