Duet Prabowo-Erick Thohir Dinilai Bisa Perkuat Pertahanan Nasional

Latar belakang Prabowo dan Erick Thohir dinilai cocok

Jakarta, IDN Times - Direktur Eksekutif Ethical Politics, Hasyibulloh Mulyawan menilai duet Prabowo Subianto dan Erick Thohir di Pemilu 2024 mampu memperkuat pertahanan nasional.

Dia mengatakan, Prabowo sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) punya pengalaman dalam menjaga keamanan negara. Di sisi lain, Erick mampu mendukung pertumbuhan ekonomi.

"Kolaborasi Prabowo Subianto dan Erick Thohir akan sangat penting bagi masa depan Indonesia. Keduanya membawa manfaat nyata dalam memperkuat pertahanan nasional, mendukung pertumbuhan ekonomi," kata Mulyawan dalam keterangannya, Minggu (15/10/2023).

Baca Juga: Efek Kaesang hingga Sinyal Prabowo-Gibran dari PSI

1. Prabowo dan Erick dinilai punya kecocokan

Duet Prabowo-Erick Thohir Dinilai Bisa Perkuat Pertahanan NasionalPresiden Jokowi nonton Timnas Indonesia vs Argentina bareng Prabowo dan Erick Thohir (dok. Sekretariat Presiden)

Mulyawan mengatakan, menjelang Pilpres 2024, banyak masyarakat di akar rumput yang mendukung duet Prabowo dan Erick untuk maju sebagai capres dan cawapres.

Menurut Mulyawan, kedua tokoh ini mampu menjadi pemimpin dan membawa Indonesia maju ke arah lebih baik.

Prabowo merupakan seorang mantan jenderal TNI yang memiliki pengalaman panjang dalam bidang militer. Ketum Gerindra itu dikenal sebagai pemimpin yang tegas dan memiliki pemahaman mendalam tentang masalah pertahanan nasional.

Sementara, Erick dinilai berhasil mengoptimalkan peran BUMN dalam pembangunan ekonomi Indonesia. Di sisi lain, namanya dikenal sebagai Ketum PSSI dan berhasil membawa memajukan perkembangan sepakbola tanah air.

Mulyawan menuturkan, keduanya punya potensi besar untuk mencapai hasil yang signifikan dalam berbagai aspek. Di antaranya, bisa memperkuat program kesejahteraan sosial untuk mengatasi kemiskinan dan kesenjangan.

"Masyarakat melihat ada kecocokan dari dua tokoh tersebut, Pak Prabowo dan Pak Erick yang dirasa ke depan memimpin Indonesia," tutur dia.

Baca Juga: Pasangan Anies-Muhaimin Daftar ke KPU 19 Oktober, Jadi yang Pertama?

2. Poster Prabowo-Erick bertebaran

Duet Prabowo-Erick Thohir Dinilai Bisa Perkuat Pertahanan NasionalAngkot di Jember pasang stiker Prabowo-Erick (dok. Istimewa)

Sejumlah poster dan baliho bergambar Prabowo dan Erick Thohir bertebaran di sejumlah daerah di Jawa Timur dan Jawa Barat.

Baliho tersebut berisi beragam narasi dukungan seperti ‘OTW 2024 Bosqueee!’, ‘Melaju Meneruskan Indonesia Maju’ hingga ‘Pejuang Kemajuan Sepak Bola Indonesia’.

Pengamat Politik Universitas Indonesia (UI), Ade Reza Hariyadi mengatakan, baliho tersebut merupakan bentuk ekspresi masyarakat jelang Pemilu 2024. Termasuk, dukungan publik kepada Erick Thohir untuk menjadi bacawapres mendampingi bacapres Prabowo. Sebab, hingga saat ini Prabowo tak kunjung memutuskan pendampingnya.

Ade juga menuturkan, fenomena tersebut sebagai upaya politik membangun dukungan publik.

“Munculnya baliho Erick yang dibandingkan dengan Prabowo Subianto sah saja dan dapat dimaklumi sebagai suatu upaya politik membangun dukungan publik," kata dia, Rabu (27/9/2023).

Apalagi ada momentum di mana hingga kini Prabowo Subianto sebagai capres dari KIM belum mengumumkan siapa cawapres pendampingnya,” lanjut Ade.

Menurut dia, hal itu merupakan aspirasi masyarakat yang melihat kinerja Erick Thohir selama ini sangat memuaskan. Hal itu membuat masyarakat menilai Erick Thohir mampu mengemban jabatan sebagai cawapres.

“Tentu bisa saja muncul sebagai aspirasi politik masyarakat yang melihat potensi Erick Thohir yang bagus dan dianggap layak sebagai cawapres,” ujar Ade.

Baca Juga: Gibran Kandidat Kuat Cawapres Prabowo, Projo: Tunggu Besok Putusan MK

3. Angkot di Jabar dan Jatim pasang poster Prabowo-Erick

Duet Prabowo-Erick Thohir Dinilai Bisa Perkuat Pertahanan NasionalSopir angkot di Depok pasang stiker Prabowo-Erick (dok. Istimewa)

Sebelumnya, sopir angkot di Jawa Timur dan Jawa Barat memasang stiker yang menunjukkan dukungan Prabowo-Erick Thohir untuk maju pada Pilpres 2024.

Stiker tersebut dipasang di sejumlah bagian di kaca mobil angkot. Salah satu sopir angkot 102, Ricko yang mengakui turut berpartisipasi memasang stiker Prabowo - Erick di kendaraannya. Dia menyebut keduanya memiliki kecocokan, sehingga layak dipasangkan.

"Mereka kerjanya bagus sebagai menteri, pas lah kalau maju (capres-cawapres)," kata Ricko.

Selain itu, Ricko juga mendukung Erick Thohir jadi cawapres karena melihat kinerjanya sebagai Ketum PSSI. Sebagai pecinta bola, dia mengaku bangga melihat kemajuan prestasi Tim Nasional (Timnas) Indonesia saat ini.

Terlebih, timnas berhasil menghapus dahaga setelah menang medali emas SEA Games 2023. Menurutnya, keberhasilan itu mampu membuat masyarakat menjadi semakin percaya diri dan bangga.

"Ya senang lah melihat timnas bagus. Kita sebagai masyarakat jadi senang melihatnya (timnas berprestasi)," ujar Ricko.

Hal serupa juga disampaikan salah satu sopir angkot 110, Rizki Efendi menuturkan, sepak bola Indonesia sedang berproses untuk meningkatkan kualitasnya.

Itu dibuktikan dengan berbagai prestasi, salah satunya keberhasilan tiga tim kelompok umur Timnas Indonesia maju ke ajang Piala Asia 2024.

"Sepak bola sekarang sangat bagus. Banyak prestasi Timnas sekarang," ucap Rizki.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya