Ditemui di Kantor PSI, Elite PSI Ogah Tanggapi Isu Keberadaan Kaesang

Keberadaan Kaesang disorot sering polemik jet pribadi

Intinya Sih...

  • Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Andy Budiman enggan tanggapi isu keberadaan Kaesang
  • Kaesang jadi sorotan usai polemik jet pribadi
  • Raja Juli Antoni bantah Kaesang menghilang, sering berkantor di DPP PSI

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Andy Budiman enggan menanggapi isu soal keberadaan Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep yang kini jadi sorotan.

Pantauan IDN Times di lokasi, Andy tiba di Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PSI, Jalan KH Wahid Hasyim, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (4/9/2024) sekitar pukul 11.45 WIB.

Ia tiba dengan menaiki mobil Toyota Kijang Innova berwarna hitam. Setibanya di lokasi, Andy tidak keluar dari mobil. Hanya sopirnya saja yang tampak keluar dari mobil untuk masuk Kantor DPP PSI. 

Sejumlah awak media di lokasi, mencoba mendekati mobil Andy untuk wawancara mengonfirmasi keberadaan Kaesang. Namun dia enggan keluar dari mobil. Ia pun dari dalam mobil menunjukkan gestur enggan diwawancarai karena ada urusan lain. Andy melambaikan tangan sambil menunjuk jam tangannya, tanpa membuka kaca mobil.

Hanya sekitar 10 menit mobil Andy di lokasi. Ia pun tampak meninggalkan lokasi ke arah Pasar Tanah Abang.

1. Kaesang belum kelihatan batang hidungnya di Kantor DPP PSI

Ditemui di Kantor PSI, Elite PSI Ogah Tanggapi Isu Keberadaan KaesangKondisi Kantor DPP PSI, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Adapun, posisi keberadaan Kaesang kini jadi pertanyaan masyarakat luas. Sebab, putra bungsu Presiden Joko "Jokowi" Widodo itu seakan menghilang usai muncul polemik menggunakan pesawat jet pribadi saat bepergian ke Amerika Serikat (AS) bersama istrinya, Erina Gudono.

Imbas pemakaian jet pribadi itu, Kaesang kini sedang dibidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk dimintai klarifikasi atas dugaan gratifikasi.

Namun, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSI, Raja Juli Antoni, membantah bahwa Kaesang menghilang. Ia mengatakan Kaesang sejak 28 Agustus 2024 hampir selalu berada di Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PSI.

Tepat sehari setelah pernyataan Raja Juli, IDN Times mencoba menyambangi Kantor DPP PSI yang berada di Jalan KH Wahid Hasyim, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (4/9/2024).

Pantauan di lokasi, Kaesang sejak pagi hingga pukul 12.20 WIB tak tampak batang hidungnya. Jajaran para petinggi PSI juga tak tampak terlihat mendatangi Kantor DPP.

Hanya saja terlihat sejumlah pengurus parpol lain berdatangan untuk mengurus surat rekomendasi dukungan terhadap kepala daerah di tahapan perpanjangan masa pendaftaran.

Selain itu tampak pula beberapa awak media bertugas meliput sembari menanti kehadiran Kaesang.

Berdasarkan pengakuan sejumlah orang yang biasa beraktivitas di lokasi, Kaesang terakhir datang ke Kantor DPP PSI pada dua hari yang lalu, yakni pada Senin (2/9/2024).

"Mas Kaesang dua hari yang lalu ke kantor ada meeting," kata orang yang tak disebutkan namanya itu saat ditemui.

Baca Juga: Menanti Kedatangan Kaesang di Kantor PSI Usai Dibidik KPK

2. Grace Natalie tak tahu keberadaan Kaesang

Ditemui di Kantor PSI, Elite PSI Ogah Tanggapi Isu Keberadaan KaesangKetua Umum PSI, Kaesang Pangarep (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Mantan Ketua Umum PSI, Grace Natalie mengaku tak tahu keberadaan Kaesang. Grace mengaku tak memantau keseharian Kaesang berada di mana.

Sebab, Grace mengaku sudah tak lagi berada di struktur kepengurusan PSI. Kini, Grace sudah menjadi Staf Khusus Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

"Saya sudah gak di struktur (PSI). Jadi gak mantau hari-hari, dicek dulu, ntar salah lagi informasi dari saya," ujar Grace di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (3/9/2024).

Grace juga enggan mengomentari Kaesang dan istrinya, Erina Gudono yang menggunakan jet pribadi ke Amerika Serikat.

"Mendingan tanya beliaunya langsung, kan aku sudah gak di struktur (PSI)," kata dia.

Baca Juga: Mahfud: KPK Harusnya Langsung Selidiki Dugaan Gratifikasi Kaesang

3. Kaesang disebut sering mampir ke Kantor DPP PSI

Ditemui di Kantor PSI, Elite PSI Ogah Tanggapi Isu Keberadaan KaesangKondisi Kantor DPP PSI, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sementara itu, Sekjen PSI, Raja Juli Antoni angkat bicara mengenai keberadaan Kaesang.

Ia mengatakan, Kaesang sudah ada di Indonesia sejak 28 Agustus 2024 pagi hari. Kemudian, pada siang harinya, Kaesang juga sempat memimpin rapat di DPP PSI.

"Mas Kaesang Pangarep sudah berada di Jakarta sejak 28 Agustus 2024, pagi hari. Siangnya setelah salat zuhur, Mas Kaesang langsung bergabung di DPP PSI, Jalan Wahid Hasyim No 194, Tanah Abang, Jakarta Pusat," kata Raja Juli dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa (3/9/2024).

Raja Juli mengatakan, sejak tiba di Indonesia pada 28 Agustus 2024 itu, Kaesang hampir setiap hari berkantor di DPP PSI. Dia mengatakan, Kaesang selalu berkantor apabila tidak agenda mendesak di luar kota. "Bila tidak keluar kota, sore atau malam setelah jam kantor," ujar dia.

Raja Juli mengaku hampir selalu bertemu dengan Kaesang berdiskusi mengenai persiapan Pilkada 2024.

"Saya secara pribadi selalu bertemu dengan Mas Kaesang, berdiskusi tentang persiapan Pilkada 2024," tutur dia.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya