Dibanding Capres Lain, Prabowo Dinilai Paling Berpengalaman di 2024

Prabowo sudah maju Pilpres tiga kali

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto dinilai sebagai bakal calon Presiden (bacapres) paling berpengalaman pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Prabowo sendiri sudah ikut meramaikan Pilpres sejak 2009. Kala itu, dia maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Kemudian, Prabowo kembali maju pada Pilpres 2014 dan 2019. Dalam dua pilpres terakhir itu, Prabowo maju sebagai capres.

Baca Juga: Silaturahmi dengan Relawan Prabowo, Projo Yakin Jokowi Dukung Prabowo

1. Prabowo dinilai sosok berpengaruh di dunia politik Indonesia

Dibanding Capres Lain, Prabowo Dinilai Paling Berpengalaman di 2024Doc. IDN Times

Pengamat Politik dan Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin, menilai pengalaman politik Prabowo sangat memumpuni.

Menurutnya, Prabowo sudah banyak memakan asam garam di dunia politik. Hal itu menjadikannya salah satu figur yang kuat dan berpengaruh di perpolitikan Indonesia.

"Prabowo dikatakan memiliki skill politik ya, ya kan sudah banyak makan asam garam Prabowo di politik," kata Ujang dalam keterangannya, Minggu (23/7/2023).

Baca Juga: Ganjar Ajak Relawan dan Partai Pengusung Gaet Swing Voters

2. Karier sebagai Menhan pengaruhi gaya politik Prabowo

Dibanding Capres Lain, Prabowo Dinilai Paling Berpengalaman di 2024Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Di sisi lain, kariernya sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) dianggap sukses dan berpengaruh terhadap gaya berpolitiknya saat ini.

Ujang juga menuturkan, tak heran kedekatan Prabowo dengan Presiden Joko "Jokowi" Widodo belakangan ini dianggap jadi sinyal keberlanjutan estafet kepemimpinan Jokowi.

"Saya rasa ya sebagai politisi, Prabowo ya paham betul dan tahu persis skill politiknya kompeten untuk bisa menakhodai Indonesia ke depan," ucap dia.

Baca Juga: Pertemuan Budiman-Prabowo Dianggap Kedepankan Kepentingan Bangsa

3. Elektabilitas Prabowo meningkat karena gaya komunikasinya disukai masyarakat

Dibanding Capres Lain, Prabowo Dinilai Paling Berpengalaman di 2024Ilustrasi survei (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sementara itu, Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan, menilai, elektabilitas Prabowo meningkat karena gaya komunikasinya yang kian disukai masyarakat. Gaya komunikasi Prabowo dikenal tegas dan wibawa, mengingat sosoknya yang lekat dengan militeristik.

"Ya karena itu tadi, karena gaya komunikasinya berubah dari menekankan sisi militer, sisi ketegasan dan kewibawaan," ucap dia dalam keterangannya.

Selain dikenal tegas, kata Djayadi, Prabowo juga sekarang sudah jauh lebih merakyat dan mendekatkan diri dengan masyarakat menengah ke bawah.

"Hal itu dilihat sebagai perubahan komunikasi politik Prabowo yang signifikan," tutur dia.

Selain itu, gaya politik Prabowo saat ini cenderung mengikuti gaya berpolitik Presiden Jokowi saat menjadi capres jelang Pilpres 2014 dan 2019.

"Ada perubahan gaya kampanye Prabowo, atau gaya sosialisasi, sisi tegas berwibawa militer, tapi lebih ke banyak berhubungan dengan rakyat kecil, di pasar ke petani," ucap Djayadi.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/v9alPt4aYTk

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya