Ridwan Kamil Bertemu Prabowo, Di Tengah Isu Jadi Cawapres Ganjar

Ridwan Kamil temui Prabowo di Kertanegara

Jakarta, IDN Times - Mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil silaturahmi menyambangi rumah Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Rabu (13/9/2023) malam.

Langkah politik Ridwan Kamil belakangan jadi sorotan, usai dia menuliskan di akun Instagramnya bahwa akan ada berita mengejutkan dalam waktu dekat. Banyak pihak yang mengaitkan pernyataan itu dengan isu tawaran menjadi cawapres mendampingi Ganjar Pranowo.

Momen pertemuan dengan Ridwan Kamil diunggah Prabowo melalui akun jejaring media sosial Instagram pribadinya, @prabowo.

Prabowo tampak mengenakan kemeja safari berwarna putih seperti yang dikenakan sehari-hari. Sementara, Ridwan Kamil memakai kemeja kotak-kotak dan jaket berwarna hitam.

Baca Juga: Golkar: Ridwan Kamil Dipanggil Megawati dan Ditawari Wakil Presiden

1. Prabowo dan Ridwan Kamil makan bareng

Ridwan Kamil Bertemu Prabowo, Di Tengah Isu Jadi Cawapres GanjarMantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil silaturahmi menyambangi rumah Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Rabu (13/9/2023) malam.

Terlihat Prabowo dan Ridwan Kamil duduk bersama di sebuah ruangan dengan berbagai hidangan.

Kemudian yang menjadi sorotan, Prabowo secara khusus membahas soal makanan khas Jawa Barat (Jabar). Ketua Umum Partai Gerindra itu secara khusus mengunggah foto cilok tersebut.

2. Cilok oleh-oleh dari Ridwan Kamil

Ridwan Kamil Bertemu Prabowo, Di Tengah Isu Jadi Cawapres GanjarMantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil silaturahmi menyambangi rumah Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Rabu (13/9/2023) malam.

Melalui caption postingan itu, Prabowo menjelaskan, cilok yang dihidangkan merupakan oleh-oleh dari Ridwan Kamil. Prabowo lantas mengucapkan terima kasih atas cilok yang jadi buah tangan tersebut.

"Tuang sareng Kang Emil, hatur nuhun kanggo oleh-oleh cilokna. Raos Pisan (Makan bareng Kang Emil, terima kasih atas oleh-oleh ciloknya. Gurih banget)," ucap Prabowo.

3. Prabowo gelar pertemuan di tengah isu Ridwan Kamil jadi cawapres Ganjar

Ridwan Kamil Bertemu Prabowo, Di Tengah Isu Jadi Cawapres GanjarMantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil silaturahmi menyambangi rumah Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Rabu (13/9/2023) malam (Instagram/Prabowo)

Nama Ridwan Kamil belakangan jadi pembicaraan hangat. Setelah purnatugas dari jabatannya sebagai Gubernur Jawa Barat, dia sempat menyebut akan ada berita mengejutkan dalam waktu dekat. Publik menduga pernyataan itu terkait dengan Pilpres 2024

Breaking news atau berita mengejutkan yang hendak disampaikan Ridwan Kamil itu, mulai diragukan akan terwujud. Sebelumnya, banyak yang menduga pernyataan itu terkait dengan Pilpres 2024, yakni Ridwan akan menjadi pendamping Ganjar Pranowo. Akan tetapi, Ganjar tengah menunaikan ibadah umrah di Arab Saudi pada 10-16 September 2023.

Lantaran hal itu pula, Ganjar absen di rapat perdana konsolidasi koalisi PDI Perjuangan pada pukul 14.00 WIB. Konsekuensi lainnya, Ganjar juga tidak bisa memenuhi undangan dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia untuk beradu debat dan gagasan. Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Achmad Baidowi mengatakan, jadwal umrah itu sudah disiapkan oleh Ganjar dari jauh-jauh hari.

Ia pun meminta publik agar tidak mengait-ngaitkan umrah ini sebagai umrah politik. Namun, persepsi itu sulit dihindari sebab Ganjar justru umrah setelah publik menyoroti isu perjodohannya dengan Ridwan Kamil pada pekan ini.

"Ya, namanya saja kan memang mau umrah. Kebetulan pada hari ini mendekati masa pendaftaran calon (presiden). Maka, kalau Pak Ganjar tidak bisa muncul di Indonesia dalam forum-forum baik diskusi di media atau yang lain, ya karena Beliau sedang umrah di Tanah Suci," tutur pria yang akrab disapa Awiek itu.

Awiek membantah bila nama Ridwan menjadi sosok paling kuat sebagai bakal cawapres Ganjar. Ia menegaskan, pria yang akrab disapa Kang Emil itu hanya merupakan salah satu calon wakil presiden.

"Kalau terbentuk isu calon terkuat, itu mungkin rumor yang disebarkan oleh sejumlah pihak, kemudian disiarkan oleh media. Sampai saat ini di koalisi gak ada calon terkuat. Semua posisinya sama, baik itu Pak Mahfud, Ridwan Kamil, Sandiaga Uno yang belakangan santer dibicarakan," tutur Awiek.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: PDIP Masih Perhitungkan Ridwan Kamil Jadi Bacawapres Ganjar

Topik:

  • Anata Siregar
  • Mohamad Aria

Berita Terkini Lainnya