Deretan Nama Kandidat Potensial Maju Pilgub DKI Jakarta

Ada mantan kepala daerah hingga ponakan Prabowo

Jakarta, IDN Times - Sejumlah kandidat bakal calon gubernur maupun calon wakil gubernur DKI Jakarta sudah bersiap menghadapi Pilkada Serentak 2024.

Sejumlah pihak, baik dari masyarakat langsung maupun partai politik memberikan lampu hijau terhadap sejumlah figur ikut bertarung dalam kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta yang digelar 27 November 2024.

Lantas siapa saja kandidat kuat bacagub maupun bacawagub yang akan berlaga di Pilgub DKI Jakarta?

Baca Juga: Sudirman Said Siap Dicalonkan Maju Pilkada Jakarta 2024

1. Sudirman Said

Deretan Nama Kandidat Potensial Maju Pilgub DKI JakartaKetua Pelaksana Harian di Timnas AMIN, Sudirman Said di rumah relawan Brawijaya X, Jakarta Selatan. (IDN Times/Santi Dewi)

Mantan Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral, Sudirman Said menegaskan siap dicalonkan maju di Pilkada Jakarta 2024.

Ketua Umum Konfederasi Nasinal Relawan Anies (KoRean) Muhammad Ramli Rahim menjelaskan, pernyataan itu disampaikan langsung oleh Sudirman Said saat ditemui di kediamannya, Kompleks Kowilham Cilangkap, Jakarta.

“Pernyataan kesediaan tersebut kembali ditegaskan Sudirman Said saat ngopi-ngopi bareng para pentolan gerakan perubahan di Twin House Cipete,” kata Ramli Rahim, di Jakarta, Minggu (12/5/2024).

Baca Juga: Anies: Tak Tepat Ikut Kompetisi Lain Usai Pilpres Dianggap Turun Kelas

2. Anies Baswedan

Deretan Nama Kandidat Potensial Maju Pilgub DKI JakartaAnies Baswedan didampingi istri dan Sekjen PKS Aboe Bakar (IDN Times/Aryodamar)

Mantan calon presiden Anies Baswedan mempertimbangkan dengan serius semua panggilan tugas yang masuk ke dirinya. Salah satu panggilan tugas yang belakangan santer digaungkan yakni kembali menjadi calon gubernur Jakarta.

Namun, ia belum memberikan jawaban lugas apakah bakal ikut maju lagi untuk kali kedua di Jakarta. 

"Semua yang sifatnya panggilan tugas selalu dipertimbangkan dengan serius. Kami pertimbangkan semua panggilan itu dengan serius dan kemudian nanti akan diambil keputusan," ujar Anies seperti dikutip dari keterangan tertulis, Senin (6/5/2024). 

Baca Juga: Rahayu Saraswati Bersihkan Sampah Usai Prabowo Pidato Kampanye Akbar

3. Dua keponakan Prabowo: Rahayu Saraswati dan Budi Djiwandono

Deretan Nama Kandidat Potensial Maju Pilgub DKI JakartaKetua Umum Tunas Indonesia Raya (Tidar) Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, Waketum Tidar Kawendra Lukistian bersama jajarannya (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerinda DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menyebut bahwa dua keponakan presiden terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto potensial diusung untuk maju dalam Pilkada DKI Jakarta 2024.

Kedua keponakan Prabowo itu ialah Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Rahayu Saraswati dan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Budi Djiwandono.

Baca Juga: Rebutan Kursi DPR, Riza Patria Keok Lawan Ponakan Prabowo di DKI III

4. Riza Patria dan Rani Mauliani

Deretan Nama Kandidat Potensial Maju Pilgub DKI JakartaAhmad Riza Patria (IDN Times/Aryodamar)

Selain Saraswati dan Budi, Gerindra juga menyebut kader lainnya yang berpotensi maju adalah Ketua DPD Gerindra Riza Patria dan Sekretaris DPD Gerindra DKI Jakarta Rani Mauliani.

Namun, terkait siapa nama pasti yang akan diusung akan dibahas dalam waktu dekat oleh jajaran Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerindra.

Baca Juga: Bakal Cagub Perseorangan Dharma Dapat Dukungan di 6 Wilayah DKI

5. Dharma Pongrekun dan Kun Wardana Abyoto

Deretan Nama Kandidat Potensial Maju Pilgub DKI JakartaKomjen. Pol. (Purn.) Dharma Pongrekun dan R. Kun Wardana Abyoto menyerahkan syarat dukungan/dok KPU DKI

Mantan Wakil Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Komjen Pol (Purn) Dharma Pongrekun dan Kun Wardana Abyoto dipastikan maju sebagai bacagub dan bacawagub jalur perseorangan. Keduanya sudah menyerahkan berkas dukungan sebagai syarat awal maju sebagai kandidat non parpol alias independen.

Saat ini, KPU Provinsi DKI Jakarta baru saja melakukan pemeriksaan dokumen syarat dukungan Dharma Pongrekun dan Kun Wardana Abyoto.

Pasangan Dharma dan Kun Wardana jadi satu-satunya bacagub jalur perseorangan yang menyerahkan syarat berkas dukungan ke KPU.

Namun, keduanya belum bisa dipastikan lolos sebagai cagub dan cawagub. Sebab KPU masih terus akan melakukan verifikasi syarat dukungan. Apabila dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) keduanya baru bisa dinyatakan lolos untuk menjadi cagub dan cawagub.

Baca Juga: Gerindra: Eko Patrio Pantas Jadi Menteri Kabinet Prabowo-Gibran

6. PAN buka opsi usung anaknya Zulhas, Eko Patrio, hingga Pasha Ungu

Deretan Nama Kandidat Potensial Maju Pilgub DKI JakartaKetua DPP PAN Zita Anjani dan kader PAN Pasha Ungu di Bawaslu DKI Jakarta, Kamis (21/12/2023). (IDN Times/Amir Faisol)

Ketua Umum (Ketum) PAN, Zulkifli Hasan mengungkap sejumlah kader partai yang berpotensi diusung di Pilkada DKI Jakarta.

Ia menyebut sejumlah nama, seperti Zita Anjani, Eko Patrio, dan Sigit Purnomo Syamsuddin Said alias Pasha Ungu. Zita Anjani yang kini menjabat Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta merupakan putri Zulkifli Hasan.

"DKI tentu kami ada calon Zita, ada Pasha, bapak Eko semua laris, Eko, tentu nanti berbicara dengan temen-temen partai lain. Kami kan 10 kursi. Syaratnya itu 21 kursi. Tentu kita harus berbicara dengan temen-temen partai lain," ujar Zulhas di acara Bimtek dan Rakornas Pilkada PAN di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan, Jumat (10/5/2024).

Baca Juga: PDIP Buka Peluang Koalisi dengan Gerindra dan Golkar di Pilgub Jabar

7. Golkar lempar sinyal usung Ridwan Kamil dan Zaki Iskandar

Deretan Nama Kandidat Potensial Maju Pilgub DKI JakartaMantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil temui Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta (dok. IDN Times)

Mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil figur potensial lainnya yang maju di Pilkada DKI Jakarta.

Ridwan Kamil yang kini merupakan politikus Partai Golkar semakin hangat diperbincangkan. Sinyal tersebut bahkan sempat disampaikan langsung oleh Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto.

Namun, terdengar pula isu lainnya yang menyebut Ridwan Kamil dipersiapkan untuk kembali maju Pilgub Jabar.

Opsi lainnya, Golkar buka peluang mengusung mantan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar maju di Pilgub DKI Jakarta.

Baca Juga: Sahroni NasDem Tunggu Ridwan Kamil di Pilgub DKI Jakarta 2024

8. Ahmad Sahroni

Deretan Nama Kandidat Potensial Maju Pilgub DKI JakartaAhmad Sahroni di KPK (IDN Times/Aryodamar)

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh sempat melempar sinyal mengusung Bendahara Umum NasDem, Ahmad Sahroni, maju di Pilgub DKI Jakarta. Paloh menyebut lebih memilih Sahroni ketimbang Anies.

"Kan lihat dulu. Kalau malam ini, (lebih memilih) Sahroni," kata Surya Paloh di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Rabu, 20 Maret.

Baca Juga: PDIP Minta Ahok, Ganjar, Risma Turun Gunung Bantu Pilkada 2024

9. Basuki Tjahaja Purnama

Deretan Nama Kandidat Potensial Maju Pilgub DKI JakartaBasuki Tjahaja Purnama alias Ahok (IDN Times/Aryodamar)

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama juga masuk radar di Pilkada Serentak 2024.

Pria yang akrab dipanggil Ahok itu bahkan sempat diwacanakan duet dengan Anies. Namun wacana duet tersebut harus bubar sebelum terwujud lantaran terganjal aturan bahwa eks gubernur tidak boleh maju sebagai cawagub di daerah yang sama.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya