Demokrat Gabung KIM, Elektoral Prabowo Diprediksi Bisa Naik 11 Persen

Gabungnya Demokrat dipengaruhi kedekatan Prabowo dan SBY

Jakarta, IDN Times - Dukungan Partai Demokrat dinilai berdampak positif bagi calon presiden (capres) Prabowo Subianto mampu memberikan tambahan suara hingga 11 persen pada Pemilu 2024 mendatang.

Dengan begitu, dukungan terhadap Menteri Pertahanan (Menhan) tersebut semakin membuka peluang kememangan. Pada Pemilu 2019 lalu, Demokrat sendiri mendapat suara sekitar tujuh persen suara.

Pengamat politik dari Universitas Padjadjaran, Ari Ganjar Herdiansah memprediksi, basis pemilih Demokrat sejak 2019 hingga saat ini akan terus bertambah dan kondisi itu sangat menguntungkan bagi Prabowo.

"Bisa memberikan tambahan suara, indikasinya demokrat dapat 7 persen suara di 2019 dan diperkirakan dapat 9 sampai 11 persen di 2024," kata Ari dalam keterangannya, Senin (18/9/2023).

Baca Juga: Gugat Usia Maksimal Capres-Cawapres, Tugas Berat Kepala Negara Disorot

1. Dukungan Demokrat tambah kepercayaan publik ke Prabowo

Demokrat Gabung KIM, Elektoral Prabowo Diprediksi Bisa Naik 11 PersenPresiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan AHY ketika berkunjung ke Hambalang pada 17 September 2023. (Dokumentasi Partai Demokrat)

Ari mengatakan dukungan tersebut sangat signifikan meningkatkan kepercayaan publik terhadap Prabowo.

Di sisi lain, pernyataan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang siap turun gunung memenangkan Prabowo juga menambah kepercayaan diri Koalisi Indonesia Maju (KIM).

"Tambahan ini signifikan tentunya ketika Demokrat bisa mengarahkan pemilihnya pada Prabowo," ucap dia.

Baca Juga: Diprotes Agar Usir TKA China, Ganjar: Kalau Diusir Kamu Bisa Gantikan?

2. Kedekatan Prabowo dan SBY jadi modal merapatnya Demokrat ke KIM

Demokrat Gabung KIM, Elektoral Prabowo Diprediksi Bisa Naik 11 PersenKetua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengunjungi kediaman Ketum Partai Gerindra, Prabowo Subianto di Hambalang, Bogor, Jawa Barat (Instagram/Prabowo)

Kedekatan antara Prabowo dan SBY dinilai menjadi modal kembalinya Demokrat bergabung koalisi Gerindra. Menurut Ari, soliditas antara keduanya banyak disebabkan hubungan harmonis antara tokoh dari masing-masing partai.

"Soliditas antara Demokrat dan Gerindra akan ditentukan dari relasi keduah tokoh terebut (Prabowo dan SBY)," tutur dia.

Baca Juga: Dongkrak Elektabilitas Anies-Cak Imin, PKB Siap Kampanye Door to Door

3. SBY siap turun gunung

Demokrat Gabung KIM, Elektoral Prabowo Diprediksi Bisa Naik 11 PersenMomen kebersamaan Prabowo Subianto dan SBY, pasca Demokrat umumkan dukungan dalam Pilpres 2024. (Instagram/@prabowo).

Partai Demokrat akhirnya menentukan sikap setelah memutuskan hengkang dari Koalisi Perubahan. Partai yang dipimpin Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) itu memutuskan mendukung Prabowo Subianto di Pemilu 2024.

Majelis Tinggi Partai (MTP) Demokrat dan Ketum Demokrat AHY menggelar rapat secara marathon di Cikeas, pada Minggu (17/9/2023) pagi. Setelah rapat tersebut, Ketua MTP Demokrat SBY dan AHY memenuhi undangan Ketum Partai Gerindra Prabowo ke Hambalang.

Prabowo dan sejumlah ketum parpol di KIM sudah menunggu kedatangan SBY dan AHY. Dalam pertemuan tertutup itu, SBY resmi menyatakan dukungan kepada Prabowo di Pemilu 2024. Bahkan, ia siap turun gunung untuk memenangkan temannya saat di Akademi Militer (Akmil) dulu.

"Saya yakini dengan izin Allah, masa Pak Prabowo untuk memimpin kita semua adalah melalui pilpres yang akan datang. For you, saya siap turun gunung!" ujar SBY di Hambalang seperti dikutip dari video yang diunggah oleh akun resmi Partai Amanat Nasional (PAN) di media sosial.

Sementara, Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Maulana mengatakan, Presiden ke-6 RI itu memilih untuk berlabuh ke Koalisi Indonesia Maju (KIM) karena merasa nyaman. SBY dan Prabowo, kata Yoga, juga sama-sama berasal dari keluarga besar Lembah Tidar Akmil di Magelang.

"Selama ini pernah menyatakan dukungan bekerja sama di pilpres sebelumnya. Pak SBY sendiri menyatakan akan ikut turun gunung untuk memperjuangkan Pak Prabowo sebagai presiden 2024," ujar Yoga di luar kediaman Prabowo di Hambalang.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya