CEK FAKTA: Meja dan Kursi Presiden Mulai Diangkut ke IKN Buat Rapat?

Dibahas oleh warganet di TikTok

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo disebut akan memimpin sidang kabinet perdana di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Kabar tersebut salah satunya disampaikan oleh warganet di jejaring media sosial TikTok, @jagatkomando.

1. Jokowi disebut akan pimpin sidang perdana kabinet di IKN, perabotan mulai diangkut

CEK FAKTA: Meja dan Kursi Presiden Mulai Diangkut ke IKN Buat Rapat?

Dalam narasi video berdurasi singkat yang dibuat, akun tersebut menjelaskan, Presiden Jokowi dijadwalkan memimpun langsung sidang kabinet di Istana Kepresidenan IKN Nusantara.

Oleh sebab itu, perabotan milik presiden seperti kursi dan meja disebut sudah mulai diangkut untuk dipindahkan dari Istana Kepresiden Jakarta menuju Kantor Presiden IKN di Kalimantan Timur.

Lantas bernarkah meja dan kursi presiden mulai diangkut ke IKN buat rapat kabinet?

Baca Juga: Garuda Indonesia Jadi Official Airline buat Perayaan HUT RI di IKN

2. Sekretariat presiden konfirmasi soal persiapan rapat perdana kabinet di IKN

CEK FAKTA: Meja dan Kursi Presiden Mulai Diangkut ke IKN Buat Rapat?Pemasangan bilah terakhir dan tertinggi (topping off) di Sayap Barat Selubung Garuda Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. (dok. Kementerian PUPR)

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono memastikan pihaknya sudah menyiapkan berbagai kebutuhan presiden, termasuk apabila kemungkinan digelarnya rapat kabinet perdana. 

Berbagai perabotan pendukung aktivitas Jokowi seperti meja, kursi, lampu, dan sebagiannya diangkut dari Istana Kepresiden Jakarta menuju Kantor Presiden IKN di Kalimantan Timur.

"Sudah, sudah sedang berjalan (furnitur), kantor presiden kita udah siapkan. Kursi-kursi yang dibutuhkan," kata Heru Budi kepada awak media di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (24/7/2024).

3. Furniture presiden sudah sampai

CEK FAKTA: Meja dan Kursi Presiden Mulai Diangkut ke IKN Buat Rapat?Potret dari Udara Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur (Kaltim). (Teguh Rachmat Adiputra untuk IDN Times)

Di sisi lain, Kepala Satgas Pelaksana Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis H. Sumadilaga memastikan, furniture untuk keperluan Presiden Jokowi telah tiba di IKN pada Kamis, 25 Juli 2024, sore.

Berbagai keperluan untuk kantor dan Istana Presiden juga sudah siap untuk digunakan, sebelum gelaran upacara HUT RI.

"Saya dapat informasi (furniture sudah datang). Jadi dari segi gedung, dari segi itu, sudah bisa (digunakan)," kata Danis di kantornya, Jumat (26/7/2024).

Baca Juga: Pemerintah Buka Opsi Kembangkan Family Office di Bali dan IKN

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya