Cagub NTB Lalu Iqbal Blusukan di MotoGP Mandalika Temui Pelaku UMKM

Pelaku UMKM meminta dilibatkan dalam event MotoGP Mandalika

Intinya Sih...

  • Cagub NTB nomor urut 03, Lalu Muhamad Iqbal, blusukan ke area balapan MotoGP Mandalika.
  • Iqbal menyambangi para pelaku UMKM dan merespons curhatan mereka terkait pemberdayaan UMKM dalam acara balapan internasional.
  • Iqbal menilai pentingnya peningkatan kapasitas UMKM agar mampu bersaing di event selanjutnya dan berharap suksesnya MotoGP dapat meningkatkan kesejahteraan pelaku UMKM.

Jakarta, IDN Times - Calon Gubernur (Cagub) Nusa Tenggara Barat (NTB) nomor urut 03, Lalu Muhamad Iqbal, blusukan ke sekitar area balapan MotoGP Mandalika Pertamina Grand Prix 2024, Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, NTB.

Dalam kunjungan tersebut, Lalu Iqbal menyambangi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) hingga menonton gelaran MotoGP dengan istrinya, Sinta Agathia Soedjoko. 

Baca Juga: Profil Cagub NTB Lalu Iqbal, Orang Praya yang Jadi Diplomat Kemlu

1. Para pelaku UMKM berharap dilibatkan dalam acara di Mandalika

Cagub NTB Lalu Iqbal Blusukan di MotoGP Mandalika Temui Pelaku UMKMPenonton MotoGP di Sirkuit Mandalika. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Mantan Dubes Indonesia untuk Turki ini merespons beragam curhatan dari para pedagang. Terutama bagaimana pemberdayaan UMKM dalam acara balapan kelas internasional tersebut.

Mayoritas para pelaku UMKM berharap, bisa ikut menikmati kesuksesan dengan adanya perhelatan dunia ini. 

Iqbal mengatakan, segala macam yang disampaikan oleh pedagang di area MotoGP menjadi catatan penting bagi pemerintah daerah.

"Saya melihat MotoGP tahun ini berjalan cukup baik. Namun ada beberapa catatan yang saya perhatikan, dan itu perlu dilakukan oleh Pemda ke depannya," kata Iqbal.

2. Kapasitas pelaku UMKM harus ditingkatkan

Cagub NTB Lalu Iqbal Blusukan di MotoGP Mandalika Temui Pelaku UMKMCalon Gubernur (Cagub) Nusa Tenggara Barat (NTB) Nomor Urut 03, Lalu Muhamad Iqbal di sekitar Sirkuit Mandalika (Dok. Istimewa)

Iqbal menilai, kapasitas pelaku UMKM di NTB harus segera ditingkatkan. Hal itu penting dilakukan agar UMKM mampu bersaing dengan pengusaha luar di event selanjutnya. 

"Pertama, soal bagaimana meningkatkan kapasitas UMKM, dan itulah alasan saya datang ke sini," ujarnya. 

3. Gelaran MotoGP harus membawa dampak bagi UMKM lokal

Cagub NTB Lalu Iqbal Blusukan di MotoGP Mandalika Temui Pelaku UMKMFans foto bersama motor milik Francesco Bagnaia saat sesi rider fan parade di Sirkuit Mandalika, Minggu (29/9/2024). (IDN Times/Linggauni)

Lebih lanjut, ia berharap suksesnya MotoGP kali ini dibarengi dengan meningkatnya kesejahteraan pelaku UMKM. Iqbal menilai, ajang balapan motor kelas dunia ini harus mampu memberikan kesejahteraan bagi mereka. 

"Saya berharap ketika MotoGP ini berjalan dengan sukses dan bagus seperti ini, pelaku UMKM juga merasakan buahnya," imbuh Iqbal.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya