BNN: Remaja Paling Rentan Jadi Sasaran Empuk Sindikat Narkoba

Ada peningkatan penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja

Intinya Sih...

  • Kepala BNN soroti sindikat narkoba yang sasar remaja.
  • BNN imbau pelajar pilih teman dengan bijak, data survei tunjukkan peningkatan penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja.
  • Marthinus Hukom nilai masa remaja sebagai fase krisis yang dimanfaatkan sindikat narkoba untuk memperdayai generasi bangsa.

Jakarta, IDN Times - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Marthinus Hukom menyoroti fenomena sindikat narkoba yang belakangan marak menyasar kalangan remaja. Hal tersebut disampaikan Marthinus dalam aksi Deklarasi Pelajar Antinarkoba dan Tawuran di Taman Elektrik Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Banten.

Melalui aksi deklarasi ini, BNN mengimbau para pelajar dan remaja agar menyeleksi kelompok pertemanan, sehingga tidak salah memilih pergaulan. BNN juga menekankan para pengajar terus menciptakan kondisi lingkungan pendidikan yang kondusif bagi tumbuh kembang nilai moral dan etika di kalangan pelajar.

Baca Juga: BNN Sumsel Ungkap Gudang Sabu di Samping Kantor Kejati Sumsel

1. Kelompok remaja sangat rentan terpengaruh penyalahgunaan narkoba

BNN: Remaja Paling Rentan Jadi Sasaran Empuk Sindikat Narkoba

Marthinus mengatakan kelompok usia remaja merupakan salah satu kelompok yang paling rentan terpengaruh penyalahgunaan narkoba.

"Remaja dengan pola perkembangan psikologi dan moralnya menjadi sasaran empuk para sindikat narkoba," ucapnya.

Baca Juga: Anak Mantan Ketua DPRD OKU Digrebek Simpan Narkoba

2. Terjadi peningkatan penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja

BNN: Remaja Paling Rentan Jadi Sasaran Empuk Sindikat NarkobaIlustrasi anak muda (IDN Times/Aryodamar)

Data Survei Prevalensi Penyalahgunaan Narkoba Tahun 2023 menunjukkan adanya peningkatakan penyalahgunaan narkoba secara konsisten di kalangan usia remaja atau pelajar. 

Angka prevalensi penyalahgunaan narkoba sebesar 1,73 persen atau sekitar 3,3 juta jiwa ini didominasi oleh penyalahguna narkoba dengan kategori coba pakai atau pertama kali mencoba narkoba. Faktor pemicu utamanya adalah karena tawaran dari teman sebaya dan rasa penasaran yang tinggi ingin mencoba narkoba.

Baca Juga: Terpengaruh Teman Jadi Faktor Usia Remaja Tertinggi Gunakan Narkoba

3. Masa remaja merupakan fase krisis

BNN: Remaja Paling Rentan Jadi Sasaran Empuk Sindikat NarkobaTersangka kasus narkoba yang diamankan Polda NTB. (IDN Tiimes/Muhammad Nasir)

Marthinus menilai, masa remaja merupakan fase krisis karena terjadi banyak perubahan, baik secara fisik, psikologis, maupun sosial. 

Pada masa ini, remaja cenderung labil, penuh gejolak, dan cenderung mudah terbawa arus. Kondisi krisis inilah yang dimanfaatkan sindikat narkoba dengan terus memperdayai kalangan remaja dan rekan sebaya melalui narasi menyesatkan tentang narkoba.

"Sepak terjang bisnis gelap para sindikat narkoba yang mencari keuntungan finansial dengan menghancurkan fisik, mental, dan moral generasi bangsa tidak dapat dibiarkan. Tidak ada pilihan lain bagi Kita, selain melakukan perlawanan terhadap sindikat narkoba hingga ke akar-akarnya," imbuhnya.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya