Blak-blakan, Luhut Ungkap Prabowo Umumkan Menteri Kabinet 21 Oktober

Susunan kabinet diumumkan sehari setelah Prabowo dilantik

Intinya Sih...

  • Prabowo Subianto akan mengumumkan susunan kabinetnya pada 21 Oktober 2024 setelah dilantik sebagai presiden.
  • Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan bahwa Prabowo sudah menyiapkan pemerintahannya secara sistematis dan Presiden Jokowi selalu mengimbau agar terus berkomunikasi dengan Prabowo.
  • Luhut mengajak semua pihak untuk mendukung pemerintahan Prabowo-Gibran, ia yakin bahwa pemerintahan selanjutnya akan berjalan dengan lancar.

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkap bahwa presiden terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto berencana mengumumkan susunan menteri di kabinet pemerintahannya pada 21 Oktober 2024 mendatang.

Luhut menyampaikan, hal tersebut disampaikan langsung oleh Prabowo. Kabinet akan diumumkan sehari setelah Prabowo dan Gibran Rakabuming Raka dilantik sebagai presiden-wakil presiden. Kemudian sidang kabinet perdana akan digelar pada 23 Oktober 2024.

"Kemarin dia (Prabowo) bilang, 'Bang, aku dilantik pada tanggal 20 Oktober, pada tanggal 21 Oktober aku umumkan kabinet, itu aku lantik, terus sidang kabinet pada tanggal 23 Oktober'," kata Luhut di Wisma Elang Laut, Jalan Pangeran Diponegoro, Jakarta Pusat, Selasa (6/8/2024).

Baca Juga: Pimpin RI, Prabowo-Gibran Bakal Dihadapkan Kondisi Fiskal Negatif

1. Luhut juga ungkap pesan Jokowi

Blak-blakan, Luhut Ungkap Prabowo Umumkan Menteri Kabinet 21 OktoberPresiden Jokowi makan bakso bareng Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto di Magelang (instagram.com/prabowo)

Luhut menegaskan Ketua Umum Partai Gerindra itu sudah menyiapkan pemerintahannya dengan sistematis. 

Di samping itu, Presiden Joko "Jokowi" Widodo juga selalu mengimbau kepada Luhut agar terus berkomunikasi dengan Prabowo untuk menyiapkan pemerintahan selanjutnya.

"Begitu sudah sistematiknya beliau melakukan, membuat programnya. Jadi saya bilang, 'Nanti kami siapin, Pak, ini semua. Nanti kami koordinasikan dengan timnya Bapak', ya (pemerintahan) dia bisa jalan," ujar Luhut.

"Presiden Jokowi selalu ingatkan 'Pak Luhut sama Mas Prabowo tetap komunikasi ya', 'Baik, Pak Presiden' kita share data-data kami. Kalau beliau perlu, kita dipanggil. Kalau anu ya, saya yang minta waktu dan seterusnya," sambungnya.

Baca Juga: Ada Anak Tak Suka Menu MBG, Gibran: Intinya Masih Uji Coba

2. Luhut ajak semua pihak dukung pemerintahan selanjutnya

Blak-blakan, Luhut Ungkap Prabowo Umumkan Menteri Kabinet 21 OktoberLuhut Binsar Pandjaitan dalam acara Ngobrol Seru by IDN Times x Total Politik, "Ngobrol yang Paten-paten Aja Bareng Menko Marves". (IDN Times/Tata Firza)

Luhut pun mengajak semua pihak untuk mendukung pemerintahan Prabowo-Gibran. Berdasarkan pengalamannya sebagai mantan Kepala KSP, ia meyakini pemerintah selanjutnya akan berjalan dengan lancar.

"Jadi saya ingin sampaikan kepada kita semua, ayo kita dukung pemerintahan yang akan datang. Ya tentu tidak sempurna, tapi saya optimistis karena saya punya pembanding waktu saya dulu Kepala Staf Presiden tahun 2014 dengan sekarang ini. Saya melihat bahwa I am very optimistic bahwa the next administration itu akan bisa jalan lebih cepat," ungkapnya.

3. Gibran ungkap nama-nama menteri mulai mengerucut

Blak-blakan, Luhut Ungkap Prabowo Umumkan Menteri Kabinet 21 OktoberWakil Presiden Terpilih, Gibran Rakabuming Raka Kunjungi Kementerian Investasi. (Dok/Istimewa).

Sebelumnya, Gibran juga sempat memberikan bocoran soal progres susunan menteri di kabinet selanjutnya. Putra sulung Presiden Jokowi itu menyampaikan, sosok yang akan dipercaya untuk menduduki posisi menteri sudah semakin mengerucut ke sejumlah nama. 

"Ya ini semakin mengerucut ke beberapa nama, ya ditunggu saja," katanya saat ditemui di Cipondoh, Tangerang, Banten, Selasa (30/7/2024) lalu.

Baca Juga: Kebijakan Kenaikan Harga BBM Subsidi Diserahkan ke Prabowo

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya