Diandalkan Jokowi di Banyak Urusan, Erick Thohir Berpeluang Maju 2024

Kedekatan dengan Jokowi jadi modal Erick Thohir di 2024

Jakarta, IDN Times - Menteri BUMN Erick Thohir dinilai sebagai salah satu figur yang dipercaya oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Hal itu disampaikan pengamat politik Universitas Padjadjaran (Unpad), Idil Akbar.

Dia mengatakan hal itu tak terlepas dari kemampuan Erick Thohir yang menunjukkan keberhasilan saat menjalankan penugasan yang diterima.

“Di beberapa urusan-urusan kenegaraan kita bisa lihat Pak Jokowi sering menunjuk Pak Erick,” kata Akbar dalam keterangannya, Senin (16/10/2023).

Baca Juga: MK Putuskan Uji Materi Batas Usia Capres dan Cawapres Hari Ini

1. Erick Thohir sering ditunjuk Jokowi untuk berbagai tugas hingga urusan personal

Diandalkan Jokowi di Banyak Urusan, Erick Thohir Berpeluang Maju 2024Presiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Akbar menuturkan Jokowi kerap memberikan penugasan secara khusus kepada Erick Thohir. Terbaru, Erick Thohir ditunjuk Jokowi untuk menjadi menjadi Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) ad interim menggantikan Luhut Binsar Pandjaitan.

Erick juga sempat mendapat tugas penting lainnya seperti saat sebagai Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19, Tim Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Bahkan, dalam urusan Jokowi secara personal, Erick Thohir tetap mendapat penugasan kala menjadi ketua panitia pernikahan anak ketiga presiden yakni Kaesang Pangarep.

“Saya pikir itu adalah indikator bahwa Pak Erick mendapat kepercayaan oleh Jokowi,” ucap Akbar.

Baca Juga: AMIN Jadi Daftar Capres 19 Oktober, KPU Sudah Terima Suratnya

2. Kedekatan dengan Jokowi jadi modal Erick Thohir maju di 2024

Diandalkan Jokowi di Banyak Urusan, Erick Thohir Berpeluang Maju 2024ilustrasi pemilu (IDN Times/Esti Suryani)

Akbar mengungkapkan, kedekatan tersebut membuka peluang untuk Erick Thohir maju dalam perhelatan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Sebab, Erick Thohir memiliki modal endorse secara tidak langsung dari Jokowi untuk maju pilpres sebagai cawapres.

“Kalau ke arah sana (Pilpres) saya sih pikir ada irisan dan potensi selalu ada,” kata Idil.

3. Duet Prabowo-Erick Thohir dinilai bisa perkuat pertahanan nasional

Diandalkan Jokowi di Banyak Urusan, Erick Thohir Berpeluang Maju 2024(Instagram/Prabowo)

Sementara, Direktur Eksekutif Ethical Politics, Hasyibulloh Mulyawan menilai duet Prabowo Subianto dan Erick Thohir di Pemilu 2024 mampu memperkuat pertahanan nasional.

Dia mengatakan, Prabowo sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) punya pengalaman dalam menjaga keamanan negara. Di sisi lain, Erick mampu mendukung pertumbuhan ekonomi.

"Kolaborasi Prabowo Subianto dan Erick Thohir akan sangat penting bagi masa depan Indonesia. Keduanya membawa manfaat nyata dalam memperkuat pertahanan nasional, mendukung pertumbuhan ekonomi," kata Mulyawan.

Baca Juga: Duet Prabowo-Erick Thohir Dinilai Bisa Perkuat Pertahanan Nasional

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya