Berbagai Janji Manis Ridwan Kamil Saat Daftar Cagub DKI Jakarta

Ridwan Kamil soroti masalah klasik di Jakarta

Jakarta, IDN Times - Bakal calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil - Suswono resmi mendaftarkan diri sebagai peserta Pilkada 2024. Pendaftaran duet yang punya akronim Rido itu dilakukan di Kantor KPU DKI Jakarta, Senen, Jakarta Pusat pada Selasa (28/8/2024) siang.

Ridwan Kamil dan Suswono tampak kompak mengenakan pakaian khas Betawi yakni baju koko berwarna putih, sarung oranye di pundak, kopiah hitam, celana batik, dan sandal jepit. Mereka hadir tampak diarak oleh para pendukung hingga elite parpol yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus.

Saat mendaftar ke KPU DKI Jakarta, Ridwan Kamil beberapa kali melontarkan janji manis akan membawa Jakarta ke arah yang lebih baik. Lantas apa saja janji yang disampaikan Ridwan Kamil saat mendaftar ke KPU DKI Jakarta?

Baca Juga: Daftar ke KPU, Ridwan Kamil: Duet Kami Rido, Bukan Rawon!

1. Janji Pilkada DKI Jakarta riang gembira hingga bawa Jakarta Baru

Berbagai Janji Manis Ridwan Kamil Saat Daftar Cagub DKI JakartaCalon Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil - Suswono saat mendaftar ke KPU DKI Jakarta pada Rabu (28/8/2024). (youtube.com/KPU PROVINSI DKI JAKARTA)

Ridwan Kamil menyampaikan, dirinya bersama Suswono berjanji akan menjadikan kontestasi Pilkada DKI Jakarta nyaman dan damai. Ia berjanji, polarisasi dan perpecahan yang terjadi pada Pilkada DKI Jakarta 2017 lalu, tidak akan terjadi lagi.

Ridwan Kamil dan Suswono mengklaim punya niat baik membangun bangsa Indonesia, melalui demokrasi dan kerjanya sebagai kepala daerah DKI Jakarta. Keduanya menyebut siap meramaikan pilkada dengan berbagai gagasan.

"Sehingga rakyat Jakarta Alhamdulillah disuguhi oleh gagasan-gagasan yang solutif selama 5 tahun ke depan yang cocok dengan yang ada dalam pikiran warga Jakarta," ucapnya.

Sesuai dengan slogan yang dibawa saat kampanye nanti, Ridwan Kamil dan Suswono akan membawa Jakarta ke arah yang baru. Mengingat status Jakarta ke depan yang sudah tidak lagi menyandanga sebagai ibu kota. Untuk mempersiapkan hal itu, diperlukan imajinasi dan arah baru di Jakarta.

"Slogan kami adalah Jakarta Baru, karenaJakarta sudah tidak lagi sebagai ibu kota Indonesia sehingga membutuhkan imajinasi baru, membutuhkan definisi baru, kota ini yang luar biasa sebagai pusat Indonesia akan dibawa ke mana, dengan cara apa. Kami akan mendefinisikan Jakarta baru ini dengan partisipatif semua yang mencintai Jakarta. Kami ingin dengar aspirasinya untuk menjadikan sama-sama sebuah rencana cetak biru masa depan Jakarta, dari Jakarta baru menuju Jakarta maju kira-kira begitu," tutur Ridwan Kamil.

Baca Juga: Ridwan Kamil-Suswono Ogah Ladenin Tanya Jawab Awak Media

2. Perjuangkan hak pendidikan anak-anak di Jakarta hingga kesehatan masyarakat

Berbagai Janji Manis Ridwan Kamil Saat Daftar Cagub DKI JakartaMantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil di acara Indonesia Millennial dan Gen Z Summit. (Dokumentasi IDN Times)

Politikus Golkar itu juga berjanji, dalam programnya ke depan akan memperjuangkan hak pendidikan bagi anak-anak di Jakarta. Ia akan mengupayakan agar tidak ada lagi anak-anak di Jakarta yang putus sekolah.

Pendidikan bagi masyarakat harus diperjuangkan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dalam rangka menyambut Indonesia Emas 2045.

"Kami ingin memastikan tidak ada lagi anak-anak di Jakarta yang tidak mendapatkan hak dalam berpendidikan dari seluruh penjuru Jakarta. Kita harus membangun sumber daya manusia yang berkualitas, karena mimpi 21 tahun lagi Indonesia emas harus dimulai dari sekarang untuk menghadirkan anak-anak generasi baru, generasi muda Jakarta yang siap menyambut Indonesia emas," jelas Ridwan Kamil.

Pria yang akrab dipanggil Kang Emil ini pun ingin memastikan bahwa pelayanan kesehatan di Jakarta juga mulai ditingkatkan dan menjangkau seluruh masyarakat di Jakarta.

Baca Juga: Didukung Koalisi Gemuk, Ridwan Kamil: Ini Koalisi Rekonsiliasi

3. Ridwan Kamil-Suswono akan dukung kemajuan olahraga di Jakarta, termasuk Persija

Berbagai Janji Manis Ridwan Kamil Saat Daftar Cagub DKI JakartaStadion JIS. (instagram/persija)

Duet bernama Rido ini juga akan mendukung kemajuan olahraga, salah satunya klub sepak bola asal Jakarta, Persija. Sebagai pemimpin, Ridwan Kamil menilai sudah menjadi kewajiban mendukung cabang olahraga yang ada di daerah tersebut.

"Semua bidang-bidang yang menyertainya juga pasti kita akan cintai, kita dukung termasuk olahraga, termasuk semua kesehatan olahraga yang ada di Jakarta khususnya yang sangat dicintai. Misalkan sepak bola tentu kita akan dukung, kita maksimalkan apalagi dengan brand dan klub Persija dengan Jakmania-nya yang luar biasa," tegasnya.

"Tentu kita akan dukung sebagai kewajiban pemimpin karena nanti kalau sudah terpilih, kami akan menjadi pelayan masyarakat karena tujuannya adalah melayani baik yang memilih maupun tidak memilih," lanjut Ridwan Kamil.

Baca Juga: KPU: Pramono-Rano Tes Kesehatan 30 Agustus dan RK-Suswono 31 Agustus

4. Janji atasi masalah klasik dan bawa Jakarta jadi Kota Global

Berbagai Janji Manis Ridwan Kamil Saat Daftar Cagub DKI JakartaIlustrasi - Kondisi banjir di beberapa wilayah DKI Jakarta, Sabtu (25/5/2024). (Dok. BPBD DKI)

Lebih lanjut, Ridwan Kamil akan melayani masyarakat Jakarta dengan adil sembari membawa konsep baru dalam mengatasi berbagai permasalahan di Jakarta. Ia berharap inovasi yang dilakukan bisa membawa Jakarta jadi Kota Global.

Mantan Gubernur Jawa Barat ini pun menyoroti berbagai permasalahan klasik di Jakarta yang sulit diatasi seperti banjir, polusi, dan macet. Ia memastikan siap memberantas masalah-masalah yang lekat dengan warga Jakarta tersebut.

"Kami akan melayani dengan cara yang sama dengan seadil-adilnya kami juga akan membawa konsep-konsep baru kepada Jakarta menyelesaikan masalah-masalah yang rutin, banjir, polusi, kemacetan dan juga menghadirkan hal-hal baru, lompatan-lompatan baru pasca Jakarta tidak lagi ibu kota, tapi ingin melompat menjadi kota global," imbuh dia.

Baca Juga: Antar Ridwan Kamil-Suswono Daftar ke KPU, PKB-Anies Masih Komunikasi

Topik:

  • Dwi Agustiar
  • Mohamad Aria

Berita Terkini Lainnya