Bawaslu: Provinsi Paling Rawan di Pilkada 2024 NTT, Kaltim, Jatim

Sebanyak 28 provinsi masuk rawan sedang

Jakarta, IDN Times - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI merilis pemetaan kerawanan Pilkada Serentak 2024. 

Hasilnya, sebanyak 5 provinsi di seluruh Indonesia masuk kategori rawan tinggi. Kemudian, sebanyak 28 provinsi di antaranya masuk rawan sedang, dan 4 provinsi masuk rawan rendah.

1. NTT tempati posisi paling rawan

Bawaslu: Provinsi Paling Rawan di Pilkada 2024 NTT, Kaltim, JatimIlustrasi pemimpin (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Ketua Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu RI, Lolly Suhenty, menjelaskan, provinsi paling rawan pada gelaran Pilkada 2024 ialah Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kemudian, di posisi selanjutnya disusul Kalimantan Timur (Kaltim), Jawa Timur (Jatim), Sulawesi Selatan (Sulsel), dan Sulawesi Tengah (Sulteng).

"NTT menempati posisi pertama karena dari 27 indikator, 19 indikator terjadi di NTT. Lalu disusul Kaltim dengan 18 indikator, Jatim dengan 17 indikator, dan Sulsel dan Sulteng dengan indikator masing-masing 16," kata Lolly di acara pemetaan potensi kerawanan Pilkada 2024 yang digelar Bawaslu di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Senin (26/8/2024).

Baca Juga: Hadi: Intelijen Awasi Ketat Pilkada 2024, Ibarat Daun Jatuh Harus Tahu

2. Deretan provinsi dengan status rawan sedang

Bawaslu: Provinsi Paling Rawan di Pilkada 2024 NTT, Kaltim, JatimKoordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu, Lolly Suhenty (IDN Times / Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Lolly juga menyampaikan, sejumlah provinsi dengan kerawanan sedang. Berdasarkan persentase keseluruhan provinsi, sebanyak 76 persen di antaranya masuk kategori rawan sedang.

Berikut ini daftar provinsi dengan rawan sedang:

1. Aceh
2. Jawa Tengah
3. Jawa Barat
4. Sumatra Selatan
5. Kepulauan Riau
6. Nusa Tenggara Barat
7. Gorontalo
8. Sulawesi Tenggara
9. Kalimantan Selatan
10. Papua
11. Sulawesi Barat
12. Riau
13. Papua Barat
14. DKI Jakarta
15. Maluku
16. Papua Tengah
17. Banten
18. Kepulauan Bangka Belitung
19. Jambi
20. Lampung
21. Sumatra Barat
22. Papua Barat Daya
23. Kalimantan Barat
24. Bengkulu
25. Sumatra Utara
26. Sulawesi Utara
27. Papua Pegunungan
28. Maluku Utara.

Baca Juga: Pakar: Bawaslu Seharusnya Minta KPUD Tunda SK Paslon Dharma-Kun

3. Empat provinsi dengan status rawan rendah

Bawaslu: Provinsi Paling Rawan di Pilkada 2024 NTT, Kaltim, JatimIlustrasi calon kepala daerah jelang pemilihan kepala daerah (pilkada) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Lebih lanjut, Lolly juga memaparkan, hanya ada empat provinsi yang masuk kategori rawan rendah yakni Bali, Kalimantan Utara (Kaltara), Papua Selatan, dan Kalimantan Tengah (Kalteng).

"Rawan rendah ada empat, kalau selama ini orang memandang Papua selalu masuk rawan tinggi, dari pemetaan Bawaslu, Bali, Kaltara, Papua Selatan, Kalteng masuk ke dalam rawan rendah," imbuhnya.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya