Menakar Kekuatan Artis Jadi Timses Calon Kepala Daerah

Artis jadi timses belum tentu efektif menangkan kandidat

Intinya Sih...

  • Artis jadi timses di Pilkada 2024 untuk mendongkrak elektoral pemilih.
  • Peneliti politik dan pengamat politik menilai keberadaan artis di timses tak menjamin kemenangan peserta pilkada.

Jakarta, IDN Times - Sejumlah artis ternama dipercaya jadi tim sukses (timses) untuk memenangkan kandidat di Pilkada Serentak 2024.

Keberadaan artis sebagai figur populer di kalangan masyarakat ini diharapkan bisa mendongkrak elektoral pemilih.

Sebut saja komedian Lies Hartono alias Cak Lontong yang dipilih jadi Ketua Timses pasangan calon Pramono Anung dan Rano Karno di Pilkada DKI Jakarta. 

Selain itu, ada pula pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten, Andra Soni-Dimyati yang mempercayakan selebriti kenamaan Raffi Ahmad menjadi ketua timsesnya.

Lantas seberapa besar pengaruh artis gabung timses?

Baca Juga: [WANSUS] Kata Ahli soal Ridwan Kamil Ngide Hunian untuk Anak Muda

1. Bagian dari upaya meraih perhatian publik

Menakar Kekuatan Artis Jadi Timses Calon Kepala DaerahCak Lontong (instagram.com/caklontong)

Peneliti politik dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Wasisto Raharjo Jati, menilai, dipilihnya artis masuk tim pemenangan kandidat adalah untuk menarik perhatian publik.

Namun ia meyakini, keberadaan artis di timses itu tak menjamin kemenangan peserta pilkada karena pemilih cenderung melihat figurnya.

"Saya pikir itu bagian dari upaya untuk meraih perhatian publik lebih cepat lewat penunjukkan para seleb itu jadi ketua timses," kata dia kepada IDN Times, Kamis (12/9/2024).

Baca Juga: Tim Prabowo: Susu Sapi Memungkinkan Diganti Susu Ikan

2. Ada perbedaan perilaku pemilih di pileg dan pilkada

Menakar Kekuatan Artis Jadi Timses Calon Kepala DaerahIlustrasi pemilihan kepala daerah (pilkada) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Senada dengan Wasisto, Pengamat Politik dari lembaga Proximity Indonesia, Whima Edy Nugroho, menilai, secara umum keterlibatan artis sebagai timses dalam Pilkada 2024 hanya untuk mempermudah proses sosialisasi kandidat yang didukung.

Ia menegaskan, tidak relevan jika artis yang gabung timses tersebut efektif dalam mendongkrak elektabilitas kandidat.

"Tingkat elektabilitas kandidat akan sangat bergantung pada track record dan latar belakang kandidat sendir. Termasuk terkait kinerja kandidat atau program yang ditawarkan kepada pemilih," ucapnya saat dihubungi.

Meski banyak dari kalangan artis yang berhasil memenangkan Pileg 2024 lalu, namun mereka dianggap belum tentu manjur saat ditugaskan jadi timses.

Whima Edy menyebut, ada perbedaan perilaku pemilih dalam memilih kandidat legislatif dan kepala daerah. Saat pileg, faktor popularitas menjadi cukup penting karena pemilih dihadapkan pada pilihan kandidat yang lebih banyak, selain itu interaksi langsung antara pemilih dan kandidat pada pileg tidak sering terjadi.

"Sementara pada pilkada, pemilih akan memilih kepala daerah yang akan memimpin daerahnya, pemilih pada umumnya akan memilih kandidat yang benar-benar diketahui track record atau kinerjanya, pemilih juga lebih banyak berinteraksi secara langsung dengan calon kepala daerahnya," kata dia.

Baca Juga: Sesal Ketua Komisi II DPR Perjuangkan Anggaran KPU: Gayanya Jadi Mewah

3. Kandidat merasa gandeng artis buka lebar jaminan kemenangan di pilkada

Menakar Kekuatan Artis Jadi Timses Calon Kepala Daerahartis masuk tim pemenangan Pilkada 2024 (instagram.com/caklontonginstagram.com/raffinagita1717)

Sementara itu, bakal Calon Gubernur Banten, Andra Soni mengatakan, penunjukan Raffi Ahmad sebagai ketua tim pemenangan agar bisa mendongkrak suara pemilih muda yang memilih pasangan Andra-Dimyati Natakusumah di Pilgub Banten 2024.

"Kami mempunyai keyakinan, segmentasi pemilih di Banten yang didominasi pemilih muda akan memberikan dampak dengan kehadiran Raffi Ahmad," kata Andra Soni, Selasa (10/9/2024).

Dengan kehadiran Raffi Ahmad tersebut, Andra Soni mengaku optimistis dapat mengungguli perolehan suara Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi. Sebab, kata dia, penunjukan Raffi juga merupakan salah satu stretegi meningkatkan elektabilitas Andra Soni.

Raffi Ahmad dinilai mampu menyosialisasikan visi misi pasangan Andra-Dimyati kepada masyarakat terutama soal program prioritas.

"Insyaallah bergabungnya Raffi Ahmad sebagai Ketua tim pemenangan merupakan upaya kita untuk memperbesar potensi kemenangan di Pilkada ini," ucapnya.

Sementara, bakal Calon Wakil Gubernur di Pilkada DKI Jakarta, Rano Karno berharap pesta demokrasi itu berjalan menyenangkan. Hal ini jadi alasan penunjukan Lies Hartono alias Cak Lontong dipilih jadi Ketua Tim Pemenangan Pramono Anung-Rano Karno.

"Makanya itu kita pilih ketuanya itu yang 'gendeng' Cak Lontong. Supaya apa? Supaya kita happy, kita mau bahagia. Artinya apa? Kita gak mau terperangkap dengan titik jenuh," ujar Rano di kediamannya pada Senin (9/9/2024).

Pemeran Si Doel itu mengatakan, dirinya dan Pramono Anung menargetkan menang dalam Pilkada DKI 2024. Namun, mereka ingin menang dengan bahagia.

"Yang ingin kita capai menang itu dalam kebahagiaan, kalaupun kalah juga kalah dalam kebahagiaan. Itu filosofi yang Pramono Anung mau dan saya juga mau seperti itu," ujarnya.

Baca Juga: Guntur Soekarnoputra Yakin Pramono-Rano Menang Pilkada Jakarta 2024

Menakar Kekuatan Artis Jadi Timses Calon Kepala Daerah(IDN Times/Muhammad Surya)

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya