Anies Klaim Banyak Warga DKI Minta Dirinya Kembali Jadi Gubernur

Anies tampung aspri warga  Jakarta yang mengeluh

Jakarta, IDN Times - Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyebut banyak warga yang meminta kepada dirinya untuk kembali menjadi Gubernur. Mereka mendorong agar Anies maju kembali sebagai bacagub pada Pilkada DKI Jakarta 2024.

Dia mengaku belakangan ini sering didatangi berbagai lapisan masyarakat DKI Jakarta. Mereka datang ke rumah Anies untuk menyampaikan berbagai keluhan terkait kebijakan pemerintah provinsi saat ini yang tidak memikirkan kesejahteraan rakyat. Oleh sebab itu, warga yang bertemu Anies memintanya untuk kembali menjadi Gubernur DKI Jakarta.

"Kemarin saja, sehari sebelum ke luar kota, datang rombongan guru. Dari guru TK, nanti dari masyarakat kampung miskin, dari masyarakat kampung-kampung padat yang datang, dan sampaikan beberapa waktu di Jakarta. Kesulitan-kesulitan baru yang mereka rasakan beberapa waktu ini. Semua intinya yang disampaikan 'pak tolong sama-sama kembalikan Jakarta supaya jadi rumah bagi semua'," kata Anies di Kantor DPW PKB DKI Jakarta, kawasan Jakarta Timur, Kamis (13/6/2024).

1. Anies singgung keluhan warga Kampung Bayam

Anies Klaim Banyak Warga DKI Minta Dirinya Kembali Jadi GubernurMantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyambangi Kantor DPW PKB DKI Jakarta di kawasan Jakarta Timur (13/6/2024) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Anies lantas membeberkan berbagai kesulitan yang dialami warga Kampung Bayam.  Mantan capres nomor urut satu itu menuturkan, warga Kampung Bayam kesulitan mendapatkan tempat tinggal meski bangunannya sudah ada.

"Bayangkan, warga Kampung Bayam. Mereka hanya butuh diberikan kunci untuk masuk. Pilihannya sederhana, terlunta, terkatung-katung di luar, atau berikan kunci untuk masuk. Mari kita perjuangkan agar mereka masuk dan mendapatkan tempat di situ," ujar Anies.

Baca Juga: Anies Tanggapi Anggapan Miring Capres Downgrade Maju Cagub

2. Anies harap dapat dukungan Parpol lain

Anies Klaim Banyak Warga DKI Minta Dirinya Kembali Jadi GubernurAnies Baswedan hadir di acara Ngobrol Seru by IDN Times pada Selasa (11/6/2024). (IDN Times/Tata Firza)

Dalam kesempatan itu, Anies juga menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan DPW PKB DKI Jakarta kepada dirinya untuk maju sebagai bacagub di Pilkada DKI Jakarta 2024 mendatang.

Menurutnya, keputusan DPW PKB DKI Jakarta itu mendobrak dinamika politik jelang Pilkada yang digelar November 2024 nanti. Anies berharap, semakin banyak parpol lain yang bergabung untuk mendukungnya.

"PKB DKI Jakarta yang mendobrak, menerobos, memulai. Mudah-mudahan akan ada yang gabung bersama di dalam perubahan ini," kata Anies dalam sambutannya.

Anies menegaskan, dukungan yang diberikan kepada dirinya itu merupakan amanah besar dan berat yang harus dilalui bersama.

"Diperlukan keberanian, diperlukan keteguhan tapi di balik itu semua dubutuhkan ketulusan, keikhlaskan luar biasa," ujarnya.

3. PKB resmi dukung, PDIP ungkap Anies masuk radar kandidat

Anies Klaim Banyak Warga DKI Minta Dirinya Kembali Jadi GubernurIlustrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

DPW PKB DKI Jakarta resmi mendeklarasikan dukungan kepada Anies Baswedan untuk maju sebagai bakal calon gubernur DKI Jakarta pada Pilkada 2024 mendatang. Ketua DPW PKB DKI Jakarta, Hasbiallah Ilyas, membacakan secara langsung surat rekomendasi dukungan terhadap Anies.

"PKB memutuskan Anies Baswedan menjadi calon tunggal untuk mencalonkan di 2024-2029 Pilkada DKI Jakarta," kata dia di Kantor DPW PKB DKI Jakarta, Rabu (12/6/2024).

DPW PKB DKI Jakarta menyebut, dukungan tersebut disampaikan setelah pihaknya mendengar masukan dari berbagai tokoh, termasuk sejumlah kiai dan ulama.

Hasbiallah memastikan, Anies juga sudah mengikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) yang dibuat PKB untuk menjaring kandidat calon kepala daerah.

Dengan demikian, dia menyebut, saat ini PKB tinggal mencari figur cawagub yang akan mendampingi Anies di pilkada yang digelar November 2024 mendatang.

"Kalau mau mencalonkan jadi wakil, untuk gubernur sudah tertutup hanya untuk Bapak Anies Rasyid Baswedan," tuturnya.

Sementara, Sekretaris DPD PDIP Perjuangan DKI Jakarta Pantas Nainggolan mengatakan sudah mengirimkan surat usulan bakal calon Gubernur DKI Jakarta ke DPP PDI Perjuangan. Pantas mengatakan, ada 10 nama yang diusulkan DPD PDIP DKI Jakarta.

Salah satu nama yang masuk dalam surat usulan itu adalah eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Sudah disampaikan semua nama-nama yang terjaring, termasuk Anies," ujar Pantas kepada jurnalis, Rabu (12/6/2024).

Pantas mengatakan, surat usulan nama-nama bakal calon Gubernur DKI Jakarta itu dikirim sebelum Rakernas V PDI Perjuangan pada akhir Mei 2024. Dari 10 nama itu, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri akan memilih satu kandidat yang cocok di Pilgub DKI Jakarta.

"Itu kan masih proses tahap awal, masih akan ada proses tahap berikutnya di DPP. Tinggal di DPP-nya digodog berdasarkan tidak ada satu partai pun yang bisa menguaung sendiri kan di DKI Jakarta. Nah maka kondisi kondisi seperti itu mau tidak mau kan harus jadi pertimbangan pertimbangan. Jadi tidak bisa juga ngotot-ngototan," kata dia.

Baca Juga: Anies Buka Suara soal Duet dengan Kaesang di Pilkada DKI Jakarta

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya