Amien Rais Labil Partai Ummat Dukung Anies di 2024, Ini Kata Demokrat

Demokrat pastikan KPP usung Anies maju jadi capres 2024

Jakarta, IDN Times - Deputi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrat Kamhar Lakumani buka suara terkait dilematis dukungan Ketua Majelis Syuro Partai Ummat Amien Rais, untuk bakal calon presiden (bacapres) pada Pemilu 2024 mendatang.

Sebagaimana diketahui, Partai Ummat dilema mendukung Anies pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Partai berlambang bintang emas itu membuka peluang mendukung tokoh lain, yakni Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto jika Anies Baswedan gagal maju sebagai capres. 

Baca Juga: Potensi Sandiaga dan Mahfud Jadi Cawapres Anies Dinilai Rugikan AHY

1. Demokrat pastikan Anies maju sebagai capres 2024

Amien Rais Labil Partai Ummat Dukung Anies di 2024, Ini Kata DemokratMomen Anies Baswedan bertemu dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Demokrat, Jakarta Pusat (instagram.com/Agusyudhoyono)

Kamhar menegaskan, pernyataan yang disampaikan Partai Ummat kurang tepat. Dia memastikan, Anies sebagai bacapres akan maju pada Pilpres 2024 nanti. Mengingat Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) yang terdiri dari Demokrat, NasDem, dan PKS telah sepakat mengusung Anies.

"Di tengah ikhtiar Koalisi Perubahan untuk Persatuan yang terus berkemajuan setelah ditandatanganinya Piagam Kerjasama Tiga Partai, bersepakat mengusung pencapresan Mas Anies. Sekaligus menegaskan telah memenuhi bahkan melewati ambang batas pencapresan, pernyataan Partai Ummat ini terasa kurang pas," ujar dia kepada awak media, Senin (17/4/2023).

Baca Juga: Demokrat Tolak Wacana Anies Dipasangkan dengan Mahfud, Kenapa?

2. Prabowo jadi capres alternatif Partai Ummat

Amien Rais Labil Partai Ummat Dukung Anies di 2024, Ini Kata DemokratKetua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto hadiri acara Hari Ulang Tahun (HUT) Gerindra ke-15 di Kantor DPP Partai Gerindra, Ragunan, Jakarta Selatan. (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa

Sebagaimana diketahui, sebelumnya Wakil Ketua Umum Partai Ummat Buni Yani menuturkan, Amien Rais punya alternatif bacapres lain di 2024 selain Anies.

Buni Yani menuturkan, jika tokoh yang didukung Amien Rais, yakni Anies Baswedan tidak jadi nyapres, maka akan mengalihkan dukungan ke Prabowo.

"Begini maksud Pak Amien. Kalimatnya adalah kalimat pengandaian atau conditional sentence dengan kata if (jika). Jika Anies tidak bisa maju jadi capres, maka terbuka Partai Ummat untuk mendukung Prabowo. Itu maksudnya," kata Buni Yani, Jumat (14/4/2023).

Baca Juga: Demokrat: Pamit ke PPP Jangan-Jangan Plot Twist Prabowo-Sandi Lagi

3. Partai Ummat tak dukung Ganjar

Amien Rais Labil Partai Ummat Dukung Anies di 2024, Ini Kata DemokratMajelis Syuro Partai Ummat, Amien Rais berfoto bersama para kader di sela-sela Rakernas (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Buni Yani menjelaskan, ada tiga bacapres terkuat saat ini, yakni Anies, Prabowo, dan Ganjar Pranowo.

Namun, Partai Ummat menegaskan tidak akan mendukung Ganjar. Karena Gubernur Jawa Tengah itu representatif dari oligarki.

"Partai Ummat melihat Ganjar adalah kelanjutan dari Jokowi yang merupakan representasi oligarki yang kita lawan. Intinya, Partai Ummat tidak mungkin memilih Ganjar bila Anies gagal nyapres, makanya pilihan tertuju ke Prabowo," imbuh dia.

Sementara itu, dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I yang digelar di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur pada Rabu (15/2/2023) lalu, Amien Rais mengumumkan partainya mendukung Anies sebagai bacapres pada Pemilu 2024.

"Jadi tadi mengenai presiden itu disebut langsung namanya, Anies Baswedan," kata Amien Rais di lokasi, Rabu (15/2/2023).

Pengumuman Anies tersebut disambut riuh teriakan pendukung Partai Ummat. Amien Rais juga mengaku bahagia atas diselenggarakannya Rakernas Partai Ummat yang perdana. Dia berharap perjuangannya ke depan selalu dibimbing Allah SWT.

"Jadi saya betul-betul bergembira, berbahagia, InsyaAllah pertolongan Allah akan datang," ucap dia.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya