Airlangga Kuasai Suara Mayoritas Musyawarah Rakyat Relawan Jokowi

Airlangga potensial maju Capres 2024?

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto, muncul sebagai pemilik suara mayoritas dari seluruh penyelenggaraan Musyawarah Rakyat (Musra) Relawan Jokowi.

Dari gelaran musra di seluruh Indonesia, Airlangga dipilih mayoritas daerah sebagai calon presiden (capres) pilihan rakyat. Sebagaimana diketahui, musra merupakan acara yang diinisiasi sejumlah relawan pendukung Jokowi.

Baca Juga: Airlangga Klaim Indonesia Stabil Secara Politik dan Ekonomi 

1. Airlangga kalahkan Prabowo, Ganjar, hingga Erick Thohir

Airlangga Kuasai Suara Mayoritas Musyawarah Rakyat Relawan JokowiSekjen Pro Jokowi (Projo) Handoko saat ditemui di Kantor DPP Projo, Jakarta Selatan (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pro Jokowi (Projo), Handoko mengatakan, berdasarkan data penyelenggaraan seluruh musra di Indonesia, Airlangga mengungguli nama-nama yang sering muncul sebagai capres dari lembaga survei.

Airlangga mampu mengungguli Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, hingga Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Handoko mengakui, Airlangga menjadi suara mayoritas penyelenggaraan musra. Bahkan, Airlangga menjadi pilihan nomor satu di sejumlah daerah. Antara lain Provinsi Gorontalo, Banten, Sulawesi Barat, Kalimantan Selatan, dan Papua Barat.

"Ada persaingan yang cukup ketat di level capres berdasarkan hasil musra, yaitu antara Airlangga, Prabowo, dan Ganjar. Sehingga kami melihat peluang mereka untuk dipilih rakyat dalam pemilu nanti cukup besar. Mesin partai juga belum bergerak penuh. Kalau bergerak penuh pasti dahsyat," ujar Handoko dalam keterangan, dikutip Senin (13/3/2023).

Baca Juga: Relawan Airlangga Dorong Duet Airlangga-Ridwan Kamil di Pilpres 2024

2. Airlangga dinilai berpeluang maju di Pilpres 2024

Airlangga Kuasai Suara Mayoritas Musyawarah Rakyat Relawan JokowiMenteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Menurut Handoko, melihat data hasil Musra Relawan Jokowi di seluruh Indonesia ini, peluang Ganjar Pranowo dan Airlangga Hartarto memenangkan Pilpres 2024 lebih terbuka dibandingkan Erick Thohir.

"Erick, di Musra ada, tapi namanya tidak kuat, di beberapa wilayah muncul di beberapa tidak, Kalau dibandingkan Pak Airlangga untuk hasil musra, ya jauh, ojo dibandingke," jelas dia.

Handoko menilai, hal ini juga sesuai hasil dan pendapat sejumlah lembaga survei. Terlebih, Airlangga sebagai Ketua Umum Golkar memiliki peluang lebih besar untuk dicalonkan, karena sudah disepakati partainya untuk diusung pada Pilpres 2024.

"Pak Ganjar bukan pemilik partai atau ketum partai, begitu juga dengan Pak Erick, baru jadi ketua PSSI, artinya dua nama calon ini ketidakpastiannya nyapres sangat tinggi," ujar Handoko.

Baca Juga: Capres Alternatif, Ridwan Kamil Tetap Dukung Airlangga Hartarto

3. Airlangga secara de facto capres dari Golkar

Airlangga Kuasai Suara Mayoritas Musyawarah Rakyat Relawan JokowiAirlangga Hartarto hadir dalam acara Indonesia Millennial and Gen-Z Summit 2022 pada Jumat (30/9/2022). (IDN Times/Tata Firza & Gilang Pandutanaya)

Handoko menambahkan, keputusan Munas Golkar menyepakati Airlangga sebagai bakal capres. Karena itu, partai berlambang pohon beringin itu juga memberi keistimewaan tersendiri bagi sosok yang kini menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian tersebut.

"Pak Airlangga kan secara de facto dia ketua umum partai, dan secara de facto dia capres hasil musyawarah nasional (munas) partainya," tegas dia.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya