Ahmad Ali Hadiri Rakernas PAN, Zulhas: Calon Tunggal Pilgub Sulteng

Zulhas sapa Ahmad Ali dalam sambutannya

Intinya Sih...

  • Ahmad Ali merupakan calon tunggal di Pilgub Sulawesi Tengah (Sulteng) dan memiliki hubungan dekat dengan PAN.
  • Survei elektabilitas menunjukkan bahwa Ahmad Ali memperoleh elektabilitas tertinggi di Pilgub Sulawesi Tengah 2024.

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai NasDem, Ahmad Ali, menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN IV yang digelar di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan.

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan dalam sambutannya menyebut bahwa Ahmad Ali merupakan calon tunggal di Pilgub Sulawesi Tengah (Sulteng). 

Baca Juga: PAN Tak Takut Hadapi Anies di Pilkada: Kami di Pilpres Menang Kok!

1. PAN punya kedekatan dengan Ahmad Ali

Ahmad Ali Hadiri Rakernas PAN, Zulhas: Calon Tunggal Pilgub SultengWaketum DPP Partai NasDem Ahmad Ali menemui Ketua Umum DPP PSI Kaesang Pangarep untuk maju di Pilgub Sulteng 2024. (IDN Times/Amir Faisol)

Pria yang juga menjabat sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) itu mengatakan, PAN dan Ahmad Ali memiliki hubungan yang dekat. 

"Ada sahabat dekat kita Pak Ahmad Ali, ini kayaknya calon tunggal untuk Gubenur Sulteng, memang kita rajin mengundang Saudara Ahmad Ali karena kami rasanya sangat dekat," ujarnya.

Adapun Rakernas PAN IV secara khusus akan membahas rencana kongres dan menetapkan calon gubernur dan wakil gubernur.

Baca Juga: Waketum PAN: Anies Belum Tentu Maju Pilkada DKI Jakarta 

2. Survei Pilgub Sulteng, Ahmad Ali raih elektabilitas tertinggi

Ahmad Ali Hadiri Rakernas PAN, Zulhas: Calon Tunggal Pilgub SultengIlustrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Lembaga Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei terkait elektabilitas sejumlah figur dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Tengah (Sulteng) 2024 mendatang.

Hasilnya, Waketum Partai NasDem, Ahmad Ali memperoleh elektabilitas tertinggi.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, mengatakan, Ahmad Ali unggul signifikan ketimbang nama lainnya. Posisi kedua, ada nama mantan Bupati Morowali sekaligus Anggota DPR RI, Anwar Hafid. Kemudian, dari pihak petahana, Rusdy Mastura dan Ma’mun Amir, serta nama lainnya tertinggal cukup jauh.

"Pada simulasi pilihan calon gubernur dengan menyertakan banyak nama, dukungan terhadap Ahmad Ali sekitar 27,2 persen, Anwar Hafid 14,6 persen, Rusdy Mastura 4,9 persen, Ma’mun Amir 3,8 persen, Moh Irwan Lapatta 3,1 persen, Hidayat Lamakarate 3 persen, Abdul Karim Aljufri 2,2 persen, Marunduh 1,4 persen, Kasman Lassa 1,1 persen dan Hadianto Rasyid 1 persen," kata dia dalam keterangannya, Senin (24/6/2024).

Baca Juga: PAN Bakal Gelar Rakernas ke-4, Bahas Kongres dan Penetapan Cagub

3. Ahmad Ali temui Kaesang, terima rekomendasi maju Pilgub Sulteng

Ahmad Ali Hadiri Rakernas PAN, Zulhas: Calon Tunggal Pilgub SultengWakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali tantang PPATK buka-bukaan terkait temuan aliran dana mencurigakan ke rekening bendahara parpol. (IDN Times/Amir Faisol)

Sebelumnya, Ahmad Ali menyambangi Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep di kantornya. Ahmad Ali menerima rekomendasi maju Pilgub Sulawesi Tengah 2024 yang digelar pada November.

Ali mengatakan, proses penjajakan dengan PSI sudah dilakukan sejak lama untuk maju di Pilgub Sulawesi Tengah. Dalam kunjungan itu, Ahmad Ali akan menerima langsung rekomendasi dari Kaesang.

"Ini kan bukan pertemuan pertama, proses dari awal daftar terus kemudian DPP diskusi dan kalau hari ini diserahkan," kata Ali di Kantor DPP PSI, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (7/6/2024).

"Penyerahan rekomendasi kan berarti sudah selesai penjajakannyan," lanjutnya.

Ali menambahkan, alasan meminta rekomendasi dari PSI karena partai ini merupakan partai masa depan. PSI merupakan satu-satunya partai yang mendeklarasikan diri sebagai partai anak muda. Hal ini sejalan dengan populasi Indonesia yang akan didominasi oleh anak muda.

Baca Juga: Jajaran PSI DKI Temui NasDem DKI, Bahas Kaesang Maju Pilkada?

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya