Jokowi Terima Brevet Hiu Kencana, Jadi Warga Kehormatan TNI AL

Joko Widodo menerima penyematan Brevet Hiu Kencana

Intinya Sih...

  • Presiden Jokowi menerima Brevet Hiu Kencana sebagai warga kehormatan TNI Angkatan Laut.
  • Panglima TNI langsung memasang brevet tersebut di sisi kanan dada Jokowi.
  • KRI Nanggala-402 juga akan menerima Tanda Kehormatan Samkaryanugraha atas pengabdian sebelum tenggelam tahun 2021.

Jakarta, IDN Times - Presiden RI Joko “Jokowi” Widodo menerima penyematan Brevet Hiu Kencana yang sekaligus menandai momen pengangkatan Jokowi sebagai warga kehormatan TNI Angkatan Laut.

Brevet Hiu Kencana dipasang langsung oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto kepada Presiden Joko Widodo di sisi kanan dada. Acara ini berlangsung di Markas Komando Lintas Laut Militer, Jakarta Utara. Penyematan brevet tersebut akan dilakukan di KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat (RJW-992) pada Sabtu (28/9/2024).

1. Pemberian Penganugerahan Tanda Kehormatan Samkaryanugraha

Jokowi Terima Brevet Hiu Kencana, Jadi Warga Kehormatan TNI ALPresiden Joko Widodo (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Dalam acara tersebut, Tanda Kehormatan Samkaryanugraha juga akan diberikan kepada KRI Nanggala-402. Tanda kehormatan ini akan diserahkan oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto kepada Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali.

Pemberian tanda kehormatan ini merupakan penghormatan atas pengabdian dan dedikasi kapal selam legendaris tersebut sebelum tenggelam pada tahun 2021. Penghargaan ini menandakan pengakuan terhadap jasa-jasa KRI Nanggala-402 selama bertugas.

Baca Juga: Presiden Jokowi Dipastikan Nonton MotoGP Mandalika pada Hari Minggu

2. Rangkaian acara penyematan Brevet Hiu Kencana

Jokowi Terima Brevet Hiu Kencana, Jadi Warga Kehormatan TNI ALSumber Foto: Pexels.com

Setelah menyematkan Brevet Hiu Kencana, acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mengheningkan cipta.

Presiden dan para menteri dan pejabat TNI yang hadir kemudian melakukan sesi foto bersama. Acara ditutup dengan sesi ramah-tamah dan dialog Presiden dengan keluarga prajurit KRI Nanggala 402.

Baca Juga: Kapuspen: TNI yang Ditugaskan di UNIFIL Siap Bantu Evakuasi WNI

3. Beberapa jajaran juga turut dampingi Joko Widodo

Jokowi Terima Brevet Hiu Kencana, Jadi Warga Kehormatan TNI ALPanglima TNI, Jenderal Agus Subiyanto. (Dokumentasi Puspen TNI)

Dilansir dari Antara, Presiden didampingi Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono, dan Pj. Gubernur DKI Heru Budi Hartono kemudian melakukan pelayaran dengan KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya