Apa Itu Parsimoni yang Disebut Rocky Gerung saat Ribut dengan Silfester?

Istilah Prinsip Parsimoni dan Pacta Sunt Servanda masih asing

Intinya Sih...

  • Debat Rocky Gerung dan Silfester Matutina di Rakyat Bersuara iNews TV menyoroti istilah Prinsip Parsimoni dan Pacta Sunt Servanda.
  • Prinsip parsimoni adalah metodologi berpikir yang menyatakan penjelasan paling sederhana adalah yang paling benar, memicu perdebatan antara kedua narasumber.
  • Pacta Sunt Servanda berasal dari bahasa Latin yang berarti 'janji harus ditepati', mengatur kewajiban para pihak untuk mematuhi perjanjian yang telah dibuat.

Jakarta, IDN Times - Beberapa waktu lalu berlangsung debat panas antara Rocky Gerung dengan Silfester Matutina yang terjadi dalam program Rakyat Bersuara di iNews TV. 

Rocky Gerung dan Silfester Matutina hadir di acara tersebut sebagai narasumber dalam diskusi bertajuk "Banyak Drama Jelang Pilkada, Kenapa?"

Acara ini sedang ramai diperbincangkan karena di dalam acara tersebut terdapat istilah-istilah yang masih awam terdengar di masyarakat. Salah satunya prinsip parsimoni yang dilontarkan Rocky Gerung.

Berikut penjelasan parsimoni yang disebut Rocky Gerung saat ribut dengan Silfester.

1. Mengenal istilah parsimoni yang dikatakan oleh Rocky Gerung

Apa Itu Parsimoni yang Disebut Rocky Gerung saat Ribut dengan Silfester?Pengamat Politik, Rocky Gerung. (IDN Times/Larasati Rey)

Istilah yang dikatakan oleh Rocky Gerung merupakan istilah yang asing didengar oleh masyarakat. Istilah tersebut adalah Prinsip Parsimoni dan istilah Pacta Sunt Servanda.

Prinsip parsimoni adalah sebuah prinsip dalam metodologi berpikir yang menyatakan bahwa penjelasan yang paling sederhana dan paling mungkin adalah yang paling benar.

Rocky Gerung menjelaskan prinsip ini dalam konteks debat dengan Silfester Matutina, di mana ia menyatakan bahwa dalam metodologi berpikir ada yang namanya prinsip parsimoni, upaya menerangkan sesuatu dengan mengambil argumen yang paling sederhana.

"Di dalam metodologi berpikir, ada yang namanya prinsip parsimoni. Jadi dalam banyak argumentasi, yang paling sederhanalah yang paling mungkin untuk diterima, namanya Ockham Razer, guntingnya Ockham," jelas Rocky.

Baca Juga: Sumber Harta Kekayaan Rocky Gerung yang Ribut dengan Relawan Jokowi

2. Reaksi Silfester Matutina terhadap Prinsip Parsimoni

Apa Itu Parsimoni yang Disebut Rocky Gerung saat Ribut dengan Silfester?Ketua Umum Relawan Solidaritas Merah Putih (Solmet), Silfester Matutina. (Tangkapan layar video istimewa)

Prinsip parsimoni yang dikatakan oleh Rocky Gerung memicu tanggapan yang cukup keras dari Silfester Matutina. Ia merasa bahwa argumen Rocky Gerung terhadap prinsip parsimoni salah besar dan akhirnya membalas dengan perkataan yang cukup kasar.

"Anda salah besar bung Rocky. Anda itu pecundang. Kami bukan penjilat. Saya ini satu orang yang tidak dapat apapun dari pemerintah ini, baik jabatan, proyek dan sebagainya," ujar Silfester.

Baca Juga: Kronologi Adu Mulut Rocky Gerung dengan Silfester Matutina

3. Istilah Pacta Sunt Servanda

Apa Itu Parsimoni yang Disebut Rocky Gerung saat Ribut dengan Silfester?ilustrasi berjabat tangan (pexels.com/Alena Darmel)

Istilah Pacta Sunt Servanda atau asas Pacta Sunt Servanda ini berasal dari bahasa Latin yang berarti ‘janji harus ditepati’ atau agreements must be kept. 

Artinya, para pihak yang melakukan perjanjian wajib mematuhi perjanjian yang pihak tersebut telah buat. Perjanjian ini tidak dapat diputuskan secara sepihak tanpa adanya kesepakatan bersama. 

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Mohamad Aria

Berita Terkini Lainnya