Geger Orang Dalam Bocorkan Data PDN di SCRIBD!

Diunggah pakai akun bernama Dicky Prasetya

Jakarta, IDN Times - Dugaan peretas (hacker) Pusat Data Nasional (PDN) adalah orang Indonesia ramai dibahas di media sosial X. Menteri Komunikasi dan Informatikan (Menkominfo), Budi Arie Setiadi sebelumnya mengatakan pihaknya sudah mengetahui ciri-ciri hacker PDN, yakni aktor nonnegara atau non-state actor dengan motif ekonomi.

Terbaru, pengguna X @kafiradikalis membeberkan bahwa dirinya menemukan seseorang dengan nama Dicky Prasetya Atmaja membocorkan data PDN sejak 11 Oktober 2022 itu. Hal itu makin memperkuat dugaan hacker PDN adalah Warga Negara Indonesia (WNI). Akun tersebut menyematkan Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid dalam cuitannya.

“Kepada Yth @meutya_hafid pimpinan Komisi I DPR, kami mendapatkan data telak nan luar biasa bahwa kebocoran data PDN diduga kuat berasal dari orang dalam sejak 11 Oktober 2022,” cuit akun tersebut yang dikutip Rabu, (3/7/2024).

1. Data yang dibocorkan diunggah ke SCRIBD

Geger Orang Dalam Bocorkan Data PDN di SCRIBD!Ilustrasi hacker (freepik.com)

Data PDN yang diretas itu dibocorkan ke situs web SCRIBD dengan nama akun Dicky Prasetya pada 11 Oktober 2022. SCRIBD adalah situs web berbagi dokumen di mana pengguna bisa mengunggah dokumen yang dibagikan, dan pengguna lain bisa mendapat dokumen itu dengan membayarnya, lalu bisa mengunduhnya.

Salah satu dokumen yang dibocorkan adalah akses virtual cloud/portal, dan akses virtual private network (VPN) PDN.

Akun @kafiradikalis itu juga melampirkan penjelasan terkait dampak kebocoran akses VPN, yakni keamanan data PDN bisa terancam, bisa membuka aktivitas ilegal, terjadi serangan Distributed Denial of Service (DDoS), dan sebagainya.

“Kalian bisa unduh semua dokumen yang dia upload tersebut. Dokumen-dokumen rahasia semua. Dibocorin secara sengaja! Semua bencana cyber sejak 2 tahun ini bisa jadi bermula dari dokumen bocor ini. Bayangin kalo ditarik mundur ke 2022, ada berapa banyak kebocoran data yang terjadi?” tulis akun tersebut.

Baca Juga: Gara-Gara PDN Kena Hack, Pengusaha Gak Bisa Ajukan Izin Usaha

2. Pemilik akun SCRIBD lampirkan foto dengan logo anak usaha Indosat

Geger Orang Dalam Bocorkan Data PDN di SCRIBD!ilustrasi hacker (IDN Times/Aditya Pratama)

Akun pengunggah yang bernama Dicky Prasetya itu juga dilengkapi dengan foto profil seorang pria, dan juga ada tulisan Lintasarta di sebelahnya.

Lintasarta alias PT Aplikanusa Lintasarta sendiri adalah perusahaan penyedia solusi end-to-end dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT), bagian dari grup Indosat.

Akun @dhemit_is_back mengatakan Dicky yang sama adalah admin dari situs Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sirekap.

Jika ditarik mundur, situs KPU sempat mengalami kelumpuhan akibat serangan siber DDoS yang agresif pada 14 Februari 2024 lalu. Sirekap lumpuh selama lebih dari 24 jam.

“Ini valid memang An Dicky juga admin situs Sirekap juga,” tulis akun @dhemit_is_back.

3. Anggota DPR berkelakar peretasan PDN hanya akal bulus buat naikkan anggaran

Geger Orang Dalam Bocorkan Data PDN di SCRIBD!Rapat dengar pendapat (RDP) Komisi VI DPR RI dengan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA), Rabu (3/7/2024). (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Anggota Komisi VI DPR, Rieke Diah Pitaloka alias Oneng berkelakar aksi peretasan PDN adalah akal bulus untuk menaikkan anggaran pengamanan PDN. Kelakarnya itu direkam dalam sebuah video yang diunggah di akun Instagram @riekediahp.

“Apa aku bilang, gak percaya kan? Kalau emang bener tuh ya, kalau emang bener sarannya yang dari hacker-nya tambahin anggaran. Aduh pengin ketawa tapi takut dosa, soalnya udah minta maaf. Aduh, Ya Allah, jadi inget sama ACAI (Asosiasi Calo Anggaran Indonesia),” kata Rieke dalam video tersebut.

Adapun kelakar Rieke ditujukan kepada pesan kelompok ransomware Brain Chiper yang mengaku sebagai hacker PDN baru-baru ini. Kelompok tersebut mengatakan akan memberikan pembuka deskripsi data PDN yang dicuri secara cuma-cuma.

Kelompok itu juga memberi saran agar pemerintah memperhatikan anggaran untuk persoalan keamanan data, dan juga merekrut sosok-sosok yang memiliki keahlian di bidang tersebut.

Baca Juga: Siapa Brain Cipher, Hacker yang Kunci Data Penting di PDNS 2 Surabaya?

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya