Jabatan Segera Berakhir, Lihat Janji Kampanye Anies dan Realisasinya

Jabatan Anies sebagai gubernur berakhir pada Oktober 2022

Jakarta, IDN Times - Jabatan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta akan berakhir pada Oktober 2022. 

Anies akan digantikan oleh seorang penjabat yang ditunjuk oleh pemerintah untuk memimpin sementara Jakarta, hingga gubernur DKI Jakarta selanjutnya terpilih pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024.

IDN Times mencoba merangkum janji-janji kampanye Anies pada Pilkada DKI 2017, ketika dia maju bersama Sandiaga Uno, yang kini menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Apa saja janji Anies dan bagaimana realisasinya?

Baca Juga: Airlangga Beri Sinyal Bakal Duetkan Sahroni-Airin di Pilgub Jakarta

1. Janji Anies di bidang pendidikan

Jabatan Segera Berakhir, Lihat Janji Kampanye Anies dan RealisasinyaGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan secara simbolis memberi beasiswa bagi anak Tenaga Kesehatan yang wafatdalam penanganan COVID-19 pada Kamis (27/8/2020) (Dok Humas Pemprov DKI Jakarta)

Di bidang pendidikan, berikut janji Anies dan realisasinya:

  •  Merevisi dan memperluas manfaat Kartu Jakarta Pintar (KJP) dalam bentuk Kartu Jakarta Pintar Plus untuk semua anak usia sekolah (6-21 tahun). KJP Plus juga dapat digunakan untuk Kelompok Belajar Paket A, B dan C, pendidikan madrasah, pondok pesantren dan kursus keterampilan, serta dilengkapi dengan bantuan tunai untuk keluarga tidak mampu.
  • Merevisi dan memperluas manfaat Kartu Jakarta Sehat (KJS) dalam bentuk Kartu Jakarta Sehat Plus dengan menambahkan fasilitas khusus untuk para guru mengaji, pengajar Sekolah Minggu, penjaga rumah ibadah, khatib, penceramah, dan pemuka agama.
  • Membuka 200.000 lapangan kerja baru, membangun dan mengaktifkan 44 pos pengembangan kewirausahaaan warga untuk menghasilkan 200.000 pewirausaha baru, selama lima tahun.
  • Mengembangkan dan meningkatkan kualitas Pendidikan Kejuruan dengan mengintegrasikan dunia usaha ke dalamnya, untuk menghasilkan lulusan yang langsung terserap ke dunia kerja dan berwirausaha.

Realisasi 

  • Hingga 2022, salah satu program yang masih berjalan adalah KJP Plus, di mana siswa yang mendapatkan dana akan diperbaharui datanya melalui registrasi.

Berikut besaran dana per bulan yang akan didapatkan oleh siswa penerima KJP Plus Tahap 1 2022:

- SD/MI/SDLB : Rp250.000 per bulan

- SMP/MTs/SMPLB : Rp300.000 per bulan

- SMA/MA/SMALB : Rp420.000 per bulan

- SMK : Rp450.000 per bulan

- PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat): Rp300.000 per bulan

- LKP (Lembaga Kursus Pelatihan): Rp1,8 juta per semester

2. Janji di bidang pemberdayaan perempuan

Jabatan Segera Berakhir, Lihat Janji Kampanye Anies dan RealisasinyaGubernur DKI Anies Baswedan memakai syal Pelastina-Indonesia saat Idul Fitri (Dok. Instagram/@Aniesbaswedan)

Berikut janji Anies di bidang pemberdayaan perempuan:

  • Memuliakan perempuan Jakarta dengan mendukung Inisiasi Menyusu Dini dan ASI Ekslusif, melakukan pendataan dan pemantauan dini terhadap ibu-ibu hamil dan balita yang memerlukan bantuan khusus, memberikan cuti khusus bagi suami selama proses kelahiran anak, serta menyediakan fasilitas-fasilitas publik khusus seperti Ruang Menyusui dan Tempat Penitipan Anak yang dikelola secara sehat, profesional, dan bisa diakses seluruh warga.
  • Memberdayakan perempuan Jakarta dengan mendukung sepenuhnya partisipasi perempuan dalam perekonomian, antara lain melalui pemberian Kredit Usaha Perempuan Mandiri.
  • Melindungi perempuan dan anak-anak Jakarta dari praktik pelecehan, kekerasan dan diskriminasi serta praktik perdagangan manusia (human traficking) dengan mengaktifkan 267 Rumah Aman, merevitalisasi Unit Reaksi Cepat Perlindungan Perempuan berbasis aplikasi bekerja sama dengan Kepolisian Daerah Jakarta, dan memberi subsidi bantuan hukum bagi korban.

Realisasi

Upaya pencegahan dan penurunan kekerasan terhadap perempuan dan anak ini dituangkan Anies dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) DKI Jakarta serta Pergub Nomor 48 Tahun 2018 tentang Rumah Aman bagi Anak dan Perempuan Korban Tindak Kekerasan.

Rumah Aman merupakan tempat kediaman sementara atau tempat kediaman baru yang dirahasiakan, sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Rumah Aman diperuntukkan bagi perempuan dan anak korban tindak kekerasan.

Pada 2018, Pemprov DKI Jakarta telah memiliki 2 (dua) Rumah Aman. Tahun 2019, jumlah tersebut bertambah menjadi 4 (empat) Rumah Aman, yang telah melayani 39 perempuan dan anak. Rumah Aman ini juga didesain dalam kondisi pengawasan dan penjagaan ketat selama 24 jam.

Selain kepolisian dan petugas keamanan yang ditugaskan di Rumah Aman, personel lain untuk rehabilitasi korban kekerasan perempuan dan anak pun telah disiapkan.

Seperti, ada pekerja sosial profesional, psikolog klinis, konselor, petugas pendamping, hingga petugas pramu sosial. Seluruh personel tersebut bekerja 24 jam melayani korban tindak kekerasan, baik perempuan maupun anak-anak.

Selain mendirikan Rumah Aman, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga telah membentuk Forum Anak Jakarta. 

3. Janji di bidang pemenuhan kebutuhan perumahan di Jakarta

Jabatan Segera Berakhir, Lihat Janji Kampanye Anies dan RealisasinyaRumah DP 0 Persen, Klapa Village (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Dalam mengatasi masalah permukiman untuk warga Jakarta, Anies berjanji akan memberdayakan para pengembang kelas menengah untuk merealisasikan pembangunan kampung susun, kampung deret dan rumah susun, serta mempermudah akses kepemilikan bagi warga tidak mampu.

Salah satu yang diimplementasikan Anies adalah rumah DP 0 rupiah. Janji kampanye ini banyak mendapat perhatian dari masyarakat.

Selanjutnya, Anies memiliki janji yang cukup kontroversial yakni menghentikan Reklamasi Teluk Jakarta untuk kepentingan pemeliharaan lingkungan hidup serta perlindungan terhadap nelayan, masyarakat pesisir, dan segenap warga Jakarta.

Realisasi

Pemprov DKI Jakarta mengklaim, realisasi program rumah DP 0 rupiah sudah terisi 91,52 persen.

Rumah DP 0 rupiah besutan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tersebar di tiga tempat dan berjumlah 967 unit.

Tiga tempat rumah DP 0 rupiah yakni di Pondok Kelapa, Jakarta Timur sebanyak 780 unit dan sudah akad 710 unit, Bandar Kemayoran, Jakarta Utara sebanyak 38 unit dan sudah akad 37 unit, dan di Sentraland Cengkareng sebanyak 149 unit dan telah akad 138 unit.

4. Janji Anies membenahi pemerintahan dan politik anggaran

Jabatan Segera Berakhir, Lihat Janji Kampanye Anies dan RealisasinyaGubernur Anies Baswedan hadir dalam rapat paripurna DPRD DKI Jakarta pada Kamis, 26 November 2020 (Dok. Humas DPRD DKI Jakarta)

Di bidang pemerintahan dan politik anggaran, berikut janji Anies:

  • Membangun pemerintahan yang bersih, modern, dan melayani berbasis transparansi, akuntabilitas dan keteladanan dengan mengoptimalkan pelibatan publik dan pemanfaatan teknologi (Smart City).
  • Mengembangkan kinerja dan tata kelola pemerintahan untuk merealisasikan rencana kerja hingga 95 persen, mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian dalam audit laporan keuangan, mencapai predikat 80 dalam Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP), menghentikan praktik penyelewengan di dalam birokrasi, dan memperbaiki manajemen aset-aset milik Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta.
  • Meningkatkan Realisasi Rencana Program (daya serap anggaran) untuk memperluas cakupan dan efektivitas program-program penanggulangan banjir dan kemacetan, rehabilitasi dan pemeliharaan lingkungan hidup, serta pengelolaan sampah.

Realisasi

Salah satu program Anies yang paling disorot tentunya adalah soal pengendalian banjir. Jika di bidang kemacetan Anies mengklaim angkanya sudah turun, namun banjir masih jadi persoalan yang tak kunjung selesai di Jakarta.

Anies mengatakan, penurunan tingkat kemacetan Jakarta tak terlepas dari peran seluruh warga.

"Dari empat termacet menjadi 46. Ini bukan pemerintah saja. Ini adalah kerja kolosal seluruh warga Jakarta, karena yang membuat macet kan seluruh kita," kata Anies dalam acara pelantikan pengurus baru DPD Partai Demokrat DKI Jakarta di Jakarta Pusat, Selasa (15/3/2022).

Sementara itu, dalam upaya penanggulangan banjir, program Anies Baswedan yang paling disorot adalah sumur resapan. Di sisi lain, proyek normalisasi kali di era Anies Baswedan mandek hingga masa jabatannya nyaris berakhir. Hal ini dapat dilihat dari minimnya pembebasan lahan di bantaran kali yang dilakukan era Anies Baswedan.

Anies mengatakan, pembebasan lahan untuk normalisasi sungai memang butuh waktu yang tidak sebentar. Sebab, ada sejumlah proses, baik dari sisi legalitas mau pun politik yang harus dilalui dalam pembebasan lahan di sekitar bantaran sungai di Jakarta.

"Karena ada kompleksitas sosial, legal, dan politik," tuturnya.

Di sisi lain, anggaran sumur resapan senilai Rp300 miliar juga dicoret dalam APBD 2022. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, pihaknya masih punya program lain dalam upaya mengendalikan banjir. Di antaranya 942 proyek untuk pengendalian banjir. Program yang membangun sembilan polder, empat waduk, dan dua revitalisasi sungai tersebut dibuat untuk menampung air hujan yang turun agar tidak terbuang ke laut.

5. Di bidang kebudayaan dan olahraga, Anies berjanji mengaktifkan lagi pusat kebudayaan

Jabatan Segera Berakhir, Lihat Janji Kampanye Anies dan RealisasinyaGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat memantau pembangunan Jakarta International Stadium pada Kamis (23/9/2021). (IDN Times/Athif Aiman)

Sementara di bidang kebudayaan dan olahraga, berikut janji Anies:

  • Mengaktifkan kembali komunitas-komunitas di Jakarta melalui kegiatan pengembangan kebudayaan, kesenian, olahraga, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan budaya membaca melalui Program Taman Maju Bersama, yaitu merevitalisasi taman-taman yang ada, membangun taman-taman baru dari wilayah pinggiran Jakarta, serta membangun Taman Pintar (Science Park).
  • Membangun dan merevitalisasi pusat-pusat pengembangan kebudayaan, antara lain dengan:
    • Membangun Taman Benyamin Sueb sebagai pusat perawatan dan pengembangan kebudayaan Betawi dan pusat interaksi lintas-komunitas, yang di dalamnya berdiri Museum Kebudayaan Betawi.
    • Menyelamatkan dan merevitalisasi Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin dengan melakukan digitalisasi seluruh koleksinya, profesionalisasi pengelolaannya serta memperlayak sarana dan prasarananya.
    • Menjadikan Jakarta sebagai pusat kebangkitan film nasional melalui sinergi dengan semua pemangku kepentingan, dalam kerja kreatif sinematografi dan industri film.
  • Menyelenggarakan festival olahraga dan kesenian Jakarta sepanjang tahun untuk mengembangkan pembinaan olahraga dan kesenian berbasis komunitas.
  • Membangun pusat-pusat pariwisata, tempat-tempat bersejarah dan pusat-pusat kegiatan warga sebagai tempat yang ramah, aman dan sejuk bagi anak, lansia dan warga difabel.

6. Janji Anies di bidang pelayanan publik dan sosial

Jabatan Segera Berakhir, Lihat Janji Kampanye Anies dan RealisasinyaGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wali Kota Bogor Bima Arya meninjau Stasiun Bogor, Senin (15/6) (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Di bidang pelayanan publik dan sosial berikut janji Anies: 

  • Menjadikan Jakarta sebagai Kota Hijau dan Kota Aman yang ramah, sejuk dan aman bagi anak, perempuan, pejalan kaki, pengguna jalan, dan seluruh warga; menggalakkan kegiatan cocok tanam kota (urban farming); melakukan audit berkala keamanan kampung; serta memperluas cakupan dan menperbaiki kesejahteraan petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU).
  • Memperluas cakupan dan memperbaiki kualitas layanan air bersih dengan prioritas pada wilayah-wilayah dengan kualitas air terburuk, dan memberikan subsidi langsung untuk warga tidak mampu.
  • Merevitalisasi layanan dokter komunitas, melakukan pelatihan peduli kesehatan diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar, melakukan pelatihan peduli lingkungan hidup, dan mengaktifkan Pos Perempuan Mandiri sebagai bagian dari program pengembangan Posyandu dan Posbindu.
  • Meningkatkan bantuan sosial untuk rumah ibadah, lembaga pendidikan keagamaan, lembaga sosial, Sekolah Minggu dan Majelis Taklim berbasis asas proporsionalitas dan keadilan.

Baca Juga: Anies Tunjuk Sudirman Said Jadi Komisaris Utama Transjakarta

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya