Tes Kesehatan Anies-Cak Imin Libatkan 50 Dokter

Anies dan Cak Imin akan maju pada Pilpres 2024

Jakarta, IDN Times - Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD), Budi Sulistya, mengatakan, tes kesehatan pasangan bakal calon presiden-calon wakil presiden (bacapres-bacawapres), Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) melibatkan 50 orang dokter.

Oleh karena itu, pihaknya siap melaksanakan pemeriksaan kesehatan terhadap keduanya sesuai permintaan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

"Kami siap melaksanakan mandat dari KPU untuk menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan bakal capres dan cawapres untuk Pemilu 2024," ujar Budi saat memberikan keterangan pers di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Sabtu pagi (21/10/2023).

Menurutnya, pemeriksaan kesehatan ini sesuai dengan mandat dari peraturan perundangan yang mensyaratkan bahwa bakal capres dan cawapres harus sehat secara jasmani, rohani, dan bebas dari penggunaan narkoba.

Pemeriksaan kali ini dilakukan oleh tim dokter dari RSPAD dan kolegium dokter sesuai dengan rekomendasi yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Kurang lebih ada sekitar 50 dokter yang akan memeriksa maupun yang masuk dalam kepanitiaan," kata Budi.

Ia menjelaskan, pemeriksaan akan dilaksanakan dengan durasi antara 8-10 jam. Meski demikian, Budi menyebut bahwa kepastian waktu pemeriksaan sangat bergantung dari masing-masing tahapan pemeriksaan yang akan dijalani Anies dan Muhaimin.

Lebih lanjut, Budi menegaskan, pemeriksaan kesehatan kali ini dilakukan dengan prinsip profesional, independen, dan dapat dipercaya.

"Pemeriksaan ini telah rutin dilaksanakan di RSPAD," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua KPU, Hasyim Asy’ari, mengatakan, hari ini merupakan kesempatan pertama untuk tes kesehatan bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

"Pemeriksaan kesempatan ini untuk bakal pasangan calon dan wakil pertama kali didaftar yaitu pasangan AMIN. Tapi tentang apa saja yang akan diperiksa dan berapa lama akan disampaikan oleh pihak RSPAD," jelasnya.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang. 

Baca Juga: Anies-Cak Imin Kompak Kenakan Kemeja Putih saat Tes Kesehatan di RSPAD

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya