Nama-nama Sapi Jokowi, Gesbi hingga Bruno

Jokowi sumbang sapi ke 38 provinsi

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menyumbangkan sapi kurban kepada 38 provinsi di Indonesia. Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, mengatakan sumbangan hewan kurban itu diberikan atas saran para gubernur.

"Kalau tahun lalu itu 34 provinsi, sekarang ditambah dengan provinsi yang baru terbentuk jadi menjadi 38," ujar Heru di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat 23/6/2023).

Sapi sumbangan Jokowi tak asal diberikan. Sebelum disalurkan kepada provinsi yang dimaksud, sapi-sapi itu diberi nama terlebih dulu. Menarik, karena nama sapi kiriman Jokowi terbilang unik. Berikut kompilasinya.

1. Arjuna

Nama-nama Sapi Jokowi, Gesbi hingga BrunoIlustrasi ternak sapi. (IDN Times/Daruwaskita)

Dikutip dari ANTARA, Sapi yang dibeli Jokowi seberat 940 kilogram diberi nama Arjuna. Sapi ini dikurbankan Presiden Jokowi untuk warga Sulawesi Tengah.

Jokowi membeli sapi jenis limosin lokal dari seorang peternak di Kelurahan Tawanjuka, Palu, seharga Rp110 juta.

Baca Juga: Sapi Jokowi dan Khofifah Jadi Wisata Dadakan Jemaah Salat Idul Adha

2. Bawor

Nama-nama Sapi Jokowi, Gesbi hingga BrunoIlustrasi sapi. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Sapi ini dibeli dari kandang penggemukan sapi di Jalan Sekolahan, Kelurahan Makroman, Kecamatan Sambutan, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

Sapi dengan berat 834 kg yang dibeli Jokowi ini memiliki nama Bawor.

3. Bruno

Nama-nama Sapi Jokowi, Gesbi hingga BrunoIlustrasi sapi. (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Presiden Jokowi menyumbang seekor sapi kurban dengan bobot seberat 840 kg untuk Provinsi Jambi.

Pemilik peternakan sapi kurban, Indra mengatakan, sapi kurban milik Jokowi diberi nama Bruno yang berjenis limosin.

4. Slamet

Nama-nama Sapi Jokowi, Gesbi hingga BrunoPeternak sapi sedang memberikan pakan pada ternak sapi peliharaannya.(IDN Times/Daruwaskita)

Jokowi juga membeli sapi jenis simental bernama Slamet milik Mulyono, peternak di Desa Ngadas, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Warga Suku Tengger tersebut tidak menyangka sapinya dibeli oleh presiden dengan harga Rp100 juta. Sapi akan dijadikan hewan kurban oleh Presiden Jokowi di Masjid Al-Akbar Surabaya.

Sapi yang diberi nama Slamet itu berusia 2,5 tahun dengan bobot 1,1 ton dan sering menjuarai kontes sapi yang digelar di sejumlah daerah seperti di Kabupaten Jember beberapa waktu lalu.

5. Gesbi

Nama-nama Sapi Jokowi, Gesbi hingga BrunoPeternak sapi di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Jokowi membeli sapi jenis limosin untuk hewan kurban dari peternak bernama Bahrowi Yahya, warga Desa Sumbersuko, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Sapi seberat 1,1 ton lebih itu, berusia tiga tahun delapan bulan dan diberi nama Gesbi. Panjangnya sekitar 190 cm dengan tinggi badan 159 cm dan lingkar dada 250 cm. Gesbi menjadi sapi kurban Presiden Jokowi yang dibeli dengan harga mencapai sekitar Rp115 juta.

Baca Juga: Gubernur Ridwan Kamil Berkurban Sapi Simental Berbobot 980 Kilogram

Topik:

  • Satria Permana
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya