Layanan Imigrasi Pulih 100 Persen, dari Visa hingga Paspor

Layanan imigrasi terdampak serangan siber PDNS

Intinya Sih...

  • Seluruh layanan keimigrasian, termasuk perlintasan, visa online, izin tinggal, dan paspor sudah pulih 100 persen setelah gangguan sistem PDNS 2. Kronologi pemulihan layanan keimigrasian di seluruh Indonesia dan luar negeri dijelaskan Dirjen Imigrasi Kemenkumham. 

Jakarta, IDN Times - Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Silmy Karim memastikan seluruh layanan keimigrasian, termasuk perlintasan, visa online, izin tinggal, dan paspor, telah pulih 100 persen.

Hal itu diungkapkan setelah melalui proses pemulihan intensif akibat gangguan sistem Pusat Data Nasional Sementara (PDSN) yang terjadi sejak Kamis, 20 Juni 2024.

“Hari ini kita sudah memastikan seluruh layanan keimigrasian dari perlintasan, kemudian visa online, izin tinggal, dan paspor sudah recover 100 persen,” kata dia dalam konferensi pers di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (28/6/2024).

1. Pemulihan paspor memakan waktu paling lama

Layanan Imigrasi Pulih 100 Persen, dari Visa hingga PasporPaspor Indonesia (jogja.imigrasi.go.id)

Silmy menjelaskan kronologi pemulihan layanan keimigrasian, dari total 431 layanan di seluruh Indonesia, dan 151 layanan paspor di luar negeri, paspor menjadi yang paling terakhir pulih karena setiap unit harus diatur ulang satu per satu.

Proses tersebut mencakup berbagai kantor imigrasi seperti di Jakarta Selatan dan Jakarta Utara, serta di luar negeri seperti di Berlin dan Kuala Lumpur.

Selain itu, mal pelayanan publik yang bekerja sama dengan pemerintah daerah (Pemda), seperti immigration lounge di Pondok Indah, juga turut disesuaikan. Jumlah layanan paspor yang besar menjadi tantangan utama dalam proses pemulihan.

“Jadi secara total itu memang paling banyak itu paspor,” tutur Silmy.

Baca Juga: Menkominfo: Server PDNS 2 Bukan Diretas Negara Lain, Alhamdulillah

2. Masih memungkinkan terdapat gangguan minor

Layanan Imigrasi Pulih 100 Persen, dari Visa hingga PasporLayanan pembuatan paspor di Imigrasi Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Silmy menyampaikan layanan keimigrasian telah pulih sepenuhnya. Setelah dilakukan pengecekan kemarin dan sehari sebelumnya, dia memastikan, sistem telah berhasil dipulihkan 100 persen.

Meskipun demikian, menurut SIlmy, masih mungkin terdapat gangguan minor yang membutuhkan stabilisasi. Namun secara keseluruhan, layanan sudah kembali normal.

“Tentu kita pasti masih ada satu-dua yang mungkin ada gangguan sedikit-sedikit, menunggu kestabilan tetapi sudah recover,” ujarnya.

Baca Juga: Pemerintah Bakal Bentuk Unit Khusus Pasca-PDNS 2 Tumbang

3. PDNS 2 terganggu sejak 20 Juni

Layanan Imigrasi Pulih 100 Persen, dari Visa hingga PasporPusat Data Nasional. (ANTARA FOTO)

Sebelumnya, Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 mengalami gangguan sejak Kamis, 20 Juni 2024. Gangguan disebabkan serangan siber berjenis ransomware yang memengaruhi beberapa layanan publik, termasuk layanan imigrasi.

Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mengidentifikasi serangan tersebut dilakukan dengan ransomware bernama Brain Cipher Ransomware, pengembangan terbaru dari Ransomware Lockbit 3.0.

Serangan tersebut dimulai dengan upaya penonaktifan fitur keamanan Windows Defender pada 17 Juni 2024, yang memungkinkan aktivitas malicious pada 20 Juni 2024. Aktivitas tersebut termasuk instalasi file malicious, penghapusan filesystem penting, dan penonaktifan layanan yang sedang berjalan.

BSSN, bersama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Cyber Crime Polri, dan KSO Telkom-Sigma-Lintasarta, sedang melakukan investigasi menyeluruh, serta melacak pelaku peretasan.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya