Gantikan Risma, Jokowi Lantik Gus Ipul sebagai Menteri Sosial

Jokowi memimpin sumpah jabatan

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo resmi melantik Saifullah Yusuf (Gus Ipul) sebagai Menteri Sosial (Mensos) menggantikan Tri Rismaharini. 

Pelantikan tersebut berlangsung di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu (11/9/2024). Dalam upacara tersebut, Jokowi memimpin sumpah jabatan terkait penunjukan Gus Ipul sebagai menteri baru.

"Saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab,” kata Jokowi mendiktekan sumpaj jabatan.

Gus Ipul menggantikan Risma karena dia maju sebagai calon Gubernur Jawa Timur dalam Pilkada Serentak 2024. Risma mengajukan pengunduran diri kepada Jokowi setelah menyelesaikan proses pendaftaran sebagai bakal calon gubernur. 

Jokowi merestui keputusan Risma untuk mundur dari kabinet agar bisa fokus pada kampanyenya di Pilkada. Jokowi telah menandatangani surat pengunduran dirinya dan menunjuk Saifullah Yusuf sebagai pengganti definitif setelah menunjuk Muhadjir Effendy sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Sosial selama transisi.

Secara bersamaan Jokowi juga melantik Irjen Pol. Eddy Hartono sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Eddy, yang pernah memimpin Densus 88, menggantikan Komjen Pol. Rycko Amelza Dahniel sebagai Kepala BNPT.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya