Apresiasi Lomba Kampung Bersih Jakarta, Ini Pesan Heru Budi

Berharap masyarakat termotivasi untuk merawat lingkungan

Jakarta, IDN Times - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, memberikan piala penghargaan kepada pemenang Lomba Kampung Bersih se-Jakarta Timur, saat berlangsungnya Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Jalan Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur, pada Minggu, 25 Juni 2023.

Menurutnya, Lomba Kampung Bersih dapat dijadikan sebagai wadah dalam memotivasi warga Jakarta merawat lingkungan menjadi lebih baik. Para pemenang diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi kampung lainnya dalam meningkatkan semangat menjaga kebersihan lingkungan, terutama di rumah masing-masing.

"Semoga yang menang bisa menjadi inspirasi dan memberikan motivasi bagi RW yang lain untuk menjaga kebersihan lingkungan dari sampah supaya Jakarta semakin bersih. Intinya, kita usahakan warga bertanggung jawab terhadap kebersihan depan halaman rumah masing-masing," kata Heru Budi Hartono dikutip dari laman resmi Pemprov DKI Jakarta, Senin (26/6/2023).

1. Heru apresiasi Lomba Kampung Bersih di Jakarta

Apresiasi Lomba Kampung Bersih Jakarta, Ini Pesan Heru BudiMonumen Nasional (IDN Times/Lia Hutasoit)

Heru mengapresiasi dan berterima kasih kepada penyelenggara Lomba Kampung Bersih di Jakarta. Sebab, kegiatan sinergi antara Pemprov DKI, BUMN, dan pihak swasta itu telah menjadi pionir dalam menjamin keberlangsungan lingkungan Jakarta di masa yang akan datang.

"Terima kasih kepada pihak penyelenggara yang telah bersinergi menginisiasi kegiatan ini dalam hal kebersihan lingkungan. Hal ini lebih bagus lagi jika dilakukan serentak setiap wilayah," beber Heru.

Dia mengajak warga agar lebih peduli dalam menjaga kebersihan lingkungan yang diawali dari rumah masing-masing, sehingga dapat menularkan ke lingkungan.

“RW yang menang bisa menjadi inspirasi bagi RW lain dalam aksi-aksi menjaga lingkungan supaya Jakarta bersih. Intinya pertama kita usahakan dari depan rumah masing-masing, paling enggak bertanggung jawab untuk melakukan kebersihan di depan halaman rumah masing-masing” ujar dia menyebutkan.

Baca Juga: RW di Jakarta Selatan, Tolong Jaga Kebersihan dan Keamanan!

2. Daftar pemenang Lomba Kampung Bersih Jakarta

Apresiasi Lomba Kampung Bersih Jakarta, Ini Pesan Heru BudiIlustrasi jalan raya (IDN Times/Ayu Afria)

Pada Lomba Kampung Bersih tersebut, ada 10 pemenang yang terbagi dalam tiga kategori, yaitu sebagai berikut:

Kategori Mula:

  • Kel. Baru (RW 9) dengan nilai 563
  • Kel. Susunan (RW 7) dengan nilai 553
  • Kel. Kayu Putih (RW 4) dengan nilai 524

Kategori Menengah:

  • Kel. Cipinang Melayu (RW 12) dengan nilai 581
  • Kel. Batu Ampar (RW 5) dengan nilai 555
  • Kel. Balimester (RW 5) dengan nilai 535

Kategori Madya:

  • Kel. Utan Kayu Selatan (RW 6) dengan nilai 595
  • Kel. Penggilingan (RW 9) dengan nilai 574
  • Kel. Bambu Apus (RW 4) dengan nilai 557
  • Kel. Pondok Bambu (RW 1) dengan nilai 552

3. Lingkungan merupakan aspek penting

Apresiasi Lomba Kampung Bersih Jakarta, Ini Pesan Heru BudiDok.IDN Times/Istimewa

Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar berharap, lomba tersebut dapat memberikan manfaat positif untuk lingkungan. Jakarta Timur sendiri menjadi wilayah pertama dalam Lomba Kampung Bersih Jakarta, kerja sama Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur bersama Warta Kota.

“Setelah adanya juara-juara diapresiasi tadi kita harapkan RW lain akan bangkit, akan mau berbuat untuk lingkungannya, karena lingkungan itu paling penting, tempat hidup kita setiap hari, tempat kita berinteraksi, tempat kita berinspirasi dan sebagainya. Jadi kalau lingkungan kita sehat bersih, Insyaallah warganya akan sehat dan bersih,” tambahnya.

Baca Juga: Kenang Perjalanan Panjang Jakarta, Heru: Siapa Masih Ingat Oplet?

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya