Alasan Jokowi Pakai Baju Adat Betawi: Ucapan Terima Kasih buat Jakarta

Jokowi pakai baju Bangsawan Ujung Serong khas Betawi

Jakarta, IDN Times - Deputi II Kepala Staf Kepresidenan Abetnego Tarigan mengungkapkan alasan Presiden Joko “Jokowi” Widodo memilih pakaian adat Betawi di pidato kenegaraan terakhirnya. Hal ini merupakan ucapan terima kasih kepada Kota Jakarta yang telah menjadi ibu kota negara.

“Presiden memaknai pakaian adat betawi sebagai simbol terima kasih untuk Kota Jakarta yang sudah resmi menjadi Ibu Kota sejak tahun 1966,” kata Abetnego dalam keterangan tertulis, Jumat (16/8/2024).

Jokowi mengenakan pakaian Bangsawan Ujung Serong khas Betawi saat menghadiri Sidang Tahunan MPR RI serta Sidang Bersama DPR RI dan DPD di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta.

Abetnego menjelaskan pilihan pakaian adat tersebut mencerminkan nilai-nilai kesopanan, ketaatan terhadap agama, kekuatan, dan kebijaksanaan. Nilai-nilai itu, menurutnya, disimbolkan melalui warna dan motif yang tegas serta berani, yang sangat dihormati dalam budaya Betawi.

“Betawi merepresentasikan wajah Indonesia, jauh sebelum Indonesia merdeka, mengenai akulturasi yang kuat dari berbagai suku bangsa di Indonesia,” ujarnya.

Dia menjelaskan baju adat Betawi yang dikenakan memiliki filosofi sebagai lambang perjuangan bersama selama 10 tahun terakhir dalam menghadapi berbagai tantangan bangsa untuk memajukan Indonesia.

“Seperti halnya pakaian ini yang telah bertahan melintasi zaman, bangsa Indonesia juga telah menunjukkan ketangguhan dan kegigihan dalam membangun negeri dengan cerminan nilai-nilai luhur,” tambah Abetnego.

Baca Juga: Jokowi Pamer Pembangunan Infrastruktur Selama 10 Tahun

Baca Juga: Jokowi Resmi Serahkan Tongkat Kepemimpinan RI ke Prabowo

Baca Juga: Jokowi: Senyum, Sapa dan Doa Rakyat Indonesia Sumber Kekuatan Saya

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya