Wapres Ma'ruf Amin Dorong Kerja Sama Keamanan Indonesia-China

Bahas kerja sama keamanan kedua negara

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma'ruf Amin, menerima kunjungan kehormatan Menteri Keamanan Publik Republik Rakyat China (RRC) di Istana Wapres, Jakarta Pusat, Rabu (1/11/2023). Pertemuan ini membahas kerja sama keamanan Indonesia-China.

Ma'ruf Amin menekankan pentingnya peningkatan kerja sama dalam bidang penegakan hukum dan keamanan antara Indonesia dan China. Sektor ini bisa mendukung penguatan hubungan bilateral kedua negara.

"Dua sektor tersebut tentu bernilai strategis dalam peningkatan kualitas kerja sama bilateral," kata Ma'ruf Amin dalam pernyataan resminya, Rabu (1/11/2023).

1. Indonesia dan China berhubungan baik

Wapres Ma'ruf Amin Dorong Kerja Sama Keamanan Indonesia-ChinaWapres RI, Ma'ruf Amin menerima kunjungan kehormatan Menteri Keamanan Publik Republik Rakyat China, Rabu (1/11/2023). (Dok. Setwapres).

Karena urgensi tersebut, Wapres menyambut baik dan mendukung rencana penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Polri dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dengan Kementerian Keamanan China.

"Indonesia dan Tiongkok telah menjalin Kemitraan Strategis Komprehensif selama satu dekade. Kerja sama penegakan hukum dan keamanan pasti akan memberikan kontribusi besar bagi penguatan kerja sama bilateral di bidang-bidang lainnya," ujar Ma'ruf Amin.

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin Minta Pemilu 2024 Jujur dan Adil

2. Sudah bertemu Menko Polhukam

Wapres Ma'ruf Amin Dorong Kerja Sama Keamanan Indonesia-ChinaMenteri Koordinator bidang politik, hukum dan keamanan, Mahfud MD (www.instagram.com/@mahfudmd)

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Keamanan China, Wang Xiaohong juga bertemu Menko Polhukam Mahfud MD. Selanjutnya, Wang Xaohong akan bertemu Kapolri dan Kepala BNPT.

"Pagi tadi saya telah bertemu dengan Menko Polhukam Mahfud MD dan nanti sore saya juga akan bertemu dengan Kapolri dan Kepala BNPT untuk melaksanakan konsensus yang telah dicapai kedua kepala negara," kata Xiaohong.

3. Indonesia dan China mau bersinergi bangun poros maritim dunia

Wapres Ma'ruf Amin Dorong Kerja Sama Keamanan Indonesia-ChinaIlustrasi bendera yang berada di pinggir pantai (IDN Times/Sunariyah)

Xiaohong menyebut, Indonesia dan China bisa bersinergi dalam upaya membangun poros maritim dunia secara bersama-sama. Proyek ini juga demi kemajuan dan kemakmuran masyarakat kedua negara.

"Kita harus menjadi penggerak utama dalam proyek kerja sama ini demi kemajuan dan kemakmuran masyarakat kedua negara," kata Xiaohon.

Baca Juga: Laut China Selatan Memanas Gegara Tabrakan Kapal China-Filipina

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya