Profil Hasan Nasbi, Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan

Hasan Nasbi dilantik Jokowi

Intinya Sih...

  • Presiden Jokowi menunjuk Hasan Nasbi sebagai Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan.
  • Kantor Komunikasi Kepresidenan dibentuk untuk efektivitas penyelengaraan komunikasi dan informasi strategis presiden.
  • Hasan Nasbi, pria kelahiran Bukittinggi tahun 1979, memiliki pengalaman di media dan memiliki hubungan dekat dengan Jokowi.

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menunjuk Hasan Nasbi sebagai Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan. Hasantelah dilantik di Istana Negara pagi ini, Senin (19/8/2024).

Ini merupakan lembaga baru yang dibentuk seiring diterbitkannya Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2024 tentang Kantor Komunikasi Kepresidenan. Pembentukan lembaga ini bertujuan untuk mewujudkan efektivitas penyelengaraan komunikasi dan informasi strategis presiden.

Susunan organisasi Kantor Komunikasi Kepresidenan berisi kepala, deputi bidang materi komunikasi dan informasi, deputi bidang diseminasi dan media informasi, deputi bidang koordinasi informasi dan evaluasi komunikasi, dan juru bicara presiden.

Hasan pun dipercaya Jokowi untuk memimpin lembaga ini. Lantas, siapakah Hasan?

1. Founder Cyrus Network

Profil Hasan Nasbi, Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenanlogo Cyrus Network

Hasan merupakan pria kelahiran Bukittinggi tahun 1979. Dia merupakan founder dari salah satu lembaga survei yang ikut andil dalam Pemilu 2024, yakni Cyrus Network.

Hasbi merupakan alumni Universitas Indonesia. Kala itu, dia mengenyam pendidikan di Fakultas Ilmu Politik. Hasan juga pernah menulis buku yang berjudul "Filosofi Negara Menurut Tan Malaka.

Baca Juga: Pollster Cyrus Network: Bansos Tak Pengaruhi Kemenangan Prabowo

2. Mantan jurnalis

Profil Hasan Nasbi, Kepala Kantor Komunikasi KepresidenanHasan Nasbi

Hasan memang memiliki pengalaman di media. Pria 45 tahun tersebut pernah berprofesi sebagai jurnalis di salah satu media ternama Tanah Air meski dalam kurun waktu yang singkat.

Selain sempat menjadi jurnlais, Hasan juga sempat bekerja di Pusat Kajian Politik Universitas Indonesia pada 2006 hingga 2008 lalu.

Baca Juga: Pendiri Survei Cyrus Network Akui Masuk TKN Prabowo-Gibran

3. Dekat dengan Jokowi dan berperan dalam kemenangan Prabowo-Gibran

Profil Hasan Nasbi, Kepala Kantor Komunikasi KepresidenanPresiden Jokowi melakukan reshuffle kabinet menjelang akhir masa jabatannya, termasuk menggantikan Menteri ESDM Arifin Tasrif dengan Bahlil Lahadalia

Hasan memang dekat dengan Jokowi karena ikut andil dalam pemenangan dua periode, pada Pilpres 2014 dan 2019.

Tak hanya itu, Hasan juga berperan dalam kemenangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming dalam Pilpres 2024. Hal itu karena Hasan menjadi Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran.

Baca Juga: Profil Dadan Hindayana, Kepala Badan Gizi yang Dilantik Jokowi

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari
  • Mohamad Aria

Berita Terkini Lainnya