Momen JK Hadiri Pemakaman Mantan Presiden Finlandia Martti Ahtisaari

Ahtisaari sosok penting perjanjian Helsinki RI dan GAM

Jakarta, IDN Times - Mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, ikut mengantarkan Mantan Presiden Finlandia, Martti Ahtisaari, ke tempat peristirahatan terakhirnya di Helsinki, Jumat (10/11/2023) siang waktu setempat. JK datang ke pemakaman Ahtisaari bersama istri tercintanya, Mufidah Jusuf Kalla.

JK juga bertolak ke Helsinki bersama dua tokoh Indonesia lainnya. Mereka adalah mantan Ketua Tim Juru Runding RI Hamid Awaluddin dan mantan pemimpin Gerakan Aceh Merdeka (GAM) Malik Mahmud.

Baca Juga: Jusuf Kalla: Presiden dan Wakilnya Harus Punya Kualitas yang Sama

1. Martti Ahtisaari tokoh perdamaian dunia

Momen JK Hadiri Pemakaman Mantan Presiden Finlandia Martti AhtisaariMantan Presiden Finlandia, Martti Ahtisaari. (Foto/Antara).

Mereka hadir karena Martti Ahtisaari punya ikatan emosional dengan Indonesia. Pria yang wafat pada usia 86 tahun pada 16 Oktober 2023 itu, menjadi sosok penting terwujudnya perdamaian di Aceh.

Malik dan Hamid menandatangani perjanjian damai antara Indonesia dan GAM di Helsinki pada 2005. Nah, Ahtisaari bertindak sebagai mediator dalam perundingan tersebut.

Ahtisaari memang menjadi sosok penting dalam perantara perdamaian global. Dia pun dianeugerahi hadiah Nobel Perdamaian pada 2008.

Prestasi Ahtisaari tak hanya membantu mendamaikan konflik di Aceh. Sebelumnya, ia pernah menjadi sosok penting dalam kemerdekaan Namibia dan penyelesaian konflik di Kosovo.

"Dia adalah orang Finlandia yang hebat, penerima hadiah Nobel Perdamaian. Dia memberi cap pada sejarah Finlandia dan sejarah internasional," kata Presiden Finlandia, Sauli Niinistoe, dalam pidatonya.

2. Dihadiri lebih dari 800 pejabat

Momen JK Hadiri Pemakaman Mantan Presiden Finlandia Martti AhtisaariPrososi pemakaman Presiden Finlandia, Martti Ahtisaari. (Dok. Istimewa).

Dalam keterangannya, pemakaman tokoh perdamaian dunia itu dihadiri lebih dari 800 pejabat dunia, termasuk Presiden Kosovo Vjosa Osmani, Presiden Namibi Hage Geingob dan mantan Presiden Tanzania Jakaya Kikwete.

Ratusan orang berbaris di sepanjang rute dari katedral melalui pusat kota Helsinki hingga pemakaman Hietaniemi, tempat Ahtisaari dimakamkan.

Baca Juga: Jusuf Kalla Minta Umat Islam Laksanakan Qunut Nazilah Demi Palestina

3. Martti Ahtisaari wafat pada usia 86 tahun

Momen JK Hadiri Pemakaman Mantan Presiden Finlandia Martti AhtisaariProsesi pemakaman mantan Presiden Finlandia, Martti Ahtisaari. (Dok. Istimewa).

Martti Ahtisaari tutup usia pada 16 Oktober 2023. Dia wafat pada usia 86 tahun, setelah berjuang melawan penyakit Alzheimer stadium lanjut. Ahtisaari menderita penyakit tersebut sejak 2021.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya