Korlantas Optimalkan Arus Balik Lebaran di Jalur Contraflow Japek

Tambah safety car hingga perketat pembatas jalan

Intinya Sih...

  • Polri optimalkan arus balik di jalur contraflow Japek arah Jabodetabek.
  • Korlantas tambah armada safety car dan kendaraan darurat untuk pengawalan dan mitigasi cepat.
  •  

Jakarta, IDN Times - Polri menegaskan bakal mengoptimalkan arus balik di jalur contraflow pada Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) arah Jabodetabek. Ada sejumlah komponen yang disiapkan untuk mengurai volume lalu lintas (lalin) saat arus balik.

Rekayasa lalin contraflow juga diberlakukan sebagai langkah untuk mengawal arus balik kendaraan. Korlantas juga menambah jumlah safety car atau kendaraan pengawalan guna memantau batas kecepatan.

"Penambahan armada safety car atau kendaraan pengawalan untuk memantau batas kecepatapan di jalur contraflow," kata Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan kepada wartawan, Sabtu (13/4/2024).

Baca Juga: Oneway Arus Balik Berlaku hingga Cipali, Contraflow Sampe Tol Japek

1. Kendaraan darurat ditambah

Korlantas Optimalkan Arus Balik Lebaran di Jalur Contraflow JapekAmbulans dan mobil pos kesehatan siaga depan gedung DPR (IDN Times/Irsan Rufai Hamdalah)

Aan Suhanan menambahkan, Korlantas akan memperbanyak armada kendaraan darurat. Jumlah mobil derek hingga ambulans ditambah agar tindakan mitigasi bisa lebih cepat.

"Akan lebih banyak kendaraan dalurat atau pendukung seperti mobil derek, ambulans dan sebagainya guna memastikan tindakan mitigasi lebih cepat," ujar Aan.

Baca Juga: Arus Balik, Jasa Marga Berlakukan Contraflow Hari Ini

2. Perketat pembatas jalan

Korlantas Optimalkan Arus Balik Lebaran di Jalur Contraflow Japekilustrasi contraflow di tol mudik Lebaran 2024. (Dok. Kemenhub)

Korlantas juga meningkatkan infrastruktur jalan, seperti traffic cone dan barrier. Ini mengingat skema contraflow pada arus mudik sempat memakan 12 korban jiwa di KM 58 Jalan Tol Japek, Senin (8/4/2024).

"Memperketat pembatasan jalan dengan menambah kombinasi cone dan barrier pada sepanjang jalur," ucap Kakorlantas.

3. Tingkatkan penerangan jalan

Korlantas Optimalkan Arus Balik Lebaran di Jalur Contraflow JapekSuasana di Jalan Tol Cikampek-Jakarta, Minggu (7/4/2024). (IDN Times/Fadhliansyah)

Terakhir, Korlantas juga meningkatkan penerangan jalan dan menambah lampu pembatas di jalur contraflow. Dengan begitu, visibilitas pengendara di malam hari bisa lebih maksimal.

"Untuk membantu visibilitas pengendara lebih baik, juga akan mengaplikasikan lampu tambahan sebagai pembatas baik di jalur contraflow maupun reguler," ujarnya.

Topik:

  • Jujuk Ernawati

Berita Terkini Lainnya